Zetizen.com - Usai mengalahkan Kashima Antlers di final Piala Dunia Antar Klub pada Minggu (18/12) lalu, skuad Real Madrid telah kembali ke Spanyol dan dan menikmati liburan Natal. Nah, di antara skuad itu, pemain yang tersenyum paling lebar adalah Cristiano Ronaldo. Gimana nggak, trofi Piala Dunia Antar Klub pun makin melengkapi kesuksesan megabintang sepak bola itu di tahun 2016 ini. Lantas, apa aja ya pencapaian Ronaldo yang bikin karirnya bersinar selama tahun 2016 ini?

 

Mengalahkan Atletico Madrid di Liga Champions 2016

Kebahagiaan Ronaldo di Liga Champions 2016. Credit: Denver Post

 

Performa Real Madrid memang kurang bagus di liga domestik selama musim 2015-2016 lalu. Harus berganti pelatih di tengah-tengah musim karena performa yang jeblok, trofi Liga Spanyol pun jatuh ke sang rival, Barcelona.

Tetapi siapa sangka, Real Madrid berhasil melenggang dan memenangi kejuaraan lebih besar, yaitu Liga Champions! Lewat drama adu penalti, Real Madrid sukses menakukkan rival sekotanya, Atletico Madrid dengan skor 5-3. Istimewanya, Ronaldo-lah yang mencetak penalti penentu kemengan El Real. Trofi ini pun jadi trofi Liga Champions ketiga dalam karier Cristiano Ronaldo.

 

Portugal Bukan Underdog Lagi di Euro

Congrats, CR7! Credit: Crowdswall

 

Membela Portugal di Euro 2016, Ronaldo dipertemukan kembali dengan bintang Prancis, Antoine Griezmann yang juga merupakan pemain Atletico Madrid yang berlaga di final Liga Champions sebulan sebelumnya. Lagi-lagi, Ronaldo berhasil membuktikan keunggulannya atas bintang Prancis itu.

Sebenarnya, Portugal berstatus underdog selama ajang Euro. Di fase grup, mereka terseok-seok. Namun, keberuntungan selalu menaungi hingga laga final. Di final, lagi-lagi keberuntungan berpihak. Meski Ronaldo harus ditarik keluar karena cedera di babak pertama, gol tunggal Eder di babak extra time menentukan kemenangan 1-0 Portugal atas tuan rumah Prancis.

Ronaldo selaku kapten pun berhak mengangkat trofi tinggi-tinggi, tepat di depan mata puluhan ribu pendukung tuan rumah!

 

Jadi Pemain Sepak Bola Terbaik Eropa

Piala ke-4 Ronaldo dari Ballon D'Or. Credit: Mirror

 

Bagi seorang pesepakbola, nggak ada prestasi individu yang lebih tinggi dibandingkan Ballon D’Or, alias award pemain terbaik Eropa. Terlebih, sukses meraih Ballon D’Or menandakan keunggulan Ronaldo atas rival abadinya, siapa lagi kalau bukan Lionel Messi.

Nama Ronaldo dan Messi silih berganti memenangi Ballon D’or sejak 2008. Nah Ballon D’Or tahun 2016 ini menjadi koleksi ke-4 Ronaldo (2008, 2013, 2014, 2016). Menyamai Messi yang juga punya 4 koleksi. Hmm, bener-bener rival yang ketat ya..

 

Piala Dunia Antar Klub

Credit: Sportal

 

Dengan gelar Liga Champions, maka Real Madrid berhak mewakili Eropa dalam turnamen Piala Dunia Antar Klub. Dari tahun ke tahun, perwakilan Eropa emang langganan jadi juara di ajang ini. Maklum, sebab kualitas liga-liga Eropa beda level dengan liga-liga dari benua lain, bahkan Amerika Selatan sekali pun.

Tahun ini, di luar dugaan, lawan Madrid di final adalah Kashima Antlers asal Asia. Lebih mengejutkan lagi, Kashima bahkan sempat unggul 2-1 atas Madrid saat half time! Dengan pengalaman dan mental juaranya, Madrid berhasil membalikkan keadaan menjadi 4-2. Ronaldo lah yang memimpin serangan Madrid dengan memboyong 3 gol sekaligus dan menjadikannya top scorer turnamen.

Trofi Piala Dunia Antar Klub pun meresmikan pentupan tahun yang amat berkesan Ronaldo.

“Memenangi Ballon D’Or dan Piala Dunia Antar Klub dalam rentang satu minggu, it’s been a dream year. Cara yang sempurna untuk menutup tahun ini.” katanya ketika penyerahan gelar top scorer sebagaimana dilansir Independent.

 

Pacar Baru

Ronaldo kepergok dinner bareng Georgina, Rabu (21/12). Credit: Mirror

 

Ronaldo menang banyak, deh, tahun ini! Nggak cuma karier sepak bolanya yang bersinar, urusan lovelife Ronaldo juga lagi lancar jaya! Usai hubungannya dengan model Irina Shayk kandas tahun lalu, Ronaldo akhirnya menemukan pelabuhan hati yang baru, yakni Georgina Rodriguez yang juga seorang model. Wah, kayaknya nggak kalah kece dari Irina Shayk ya? So, lengkap deh kesuksesan Ronaldo selama tahun 2016 ini. Congrats Cristiano!

 

 Edited by Mesha Mediani

Share
Create Your Own Article!