Are You a Zetizen?
Show Menu

Buat Resolusi Tahun Baru Menjadi Nyata dengan Tips Berikut

Mesha Mediani Mesha Mediani 28 Dec 2016
Buat Resolusi Tahun Baru Menjadi Nyata dengan Tips Berikut

Zetizen.com - Nggak terasa, 2017 sudah di depan mata! Banyak orang pun langsung semangat membuat resolusi tahun baru untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Saat ini, mungkin kamu salah satunya, ya, guys? Nah, supaya resolusi nggak sekadar dicatat, jadikan resolusimu benar-benar nyata, yuk! Lakukan tips berikut dalam menyusun resolusi sehingga tujuan hidupmu bisa tercapai!

 

Tempel di bulletin board berbagai resolusimu bikin kamu semangat terus mencapainya. Credit: Pinterest

 

Motivasi dari Dalam Diri

Motivasi dalam melakukan resolusi harus datang dari diri sendiri, bukan orang lain, guys. Sebelum memulai, cari tahu alasan ‘mengapa’ kamu ingin melakukan resolusi itu. Misalkan, tahun 2017 nanti kamu beresolusi untuk rajin mengikuti kelas zumba dance di gym, lakukanlah itu demi kebaikan diri, yakni investasi kesehatan di masa depan. Nah, seandainya kamu membuat resolusi untuk rajin zumba dance hanya karena ikut-ikutan tren, suatu saat kamu pasti akan malas menjalani resolusi itu lagi.

 

Berpikir Realistis

Berpikirlah realistis untuk setiap tujuan yang ingin dicapai. Artinya, perhitungkan resolusi yang ingin kamu lakukan sesuai kemampuan yang dimiliki. Misalkan, kamu beresolusi untuk fasih berbahasa Mandarin dalam satu tahun. Nah, kamu harus perkirakan apakah kamu memiliki waktu yang cukup untuk berlatih intensif, atau nggak? Terlebih, jika kamu belum mempunyai latar belakang pendidikan bahasa Mandarin sebelumnya, kamu butuh waktu lebih banyak untuk mempelajarinya.

Dengan menciptakan resolusi yang realistis untuk dilakukan, kamu akan selalu menemukan cara untuk mengatasi tiap hambatan yang ada.

 

Tentukan secara Spesifik

Tahun 2017, resolusimu ingin menjadi juara kelas? Atau menjadi anak yang lebih baik pada orang tua? Well, resolusi yang bagus! Namun, resolusi tersebut terlalu umum. Kamu harus menentukan cara spesifik untuk mencapai tujuan itu.

Contohnya, untuk menjadi juara kelas, kamu harus rajin mengulang materi pelajaran di rumah. Karena itu, jadikan kegiatan belajar setiap malam menjadi agenda yang harus dilakukan! Lalu, kamu juga bisa mulai berkomitmen untuk mengikuti les privat secara rutin. Dengan menentukan secara spesifik resolusi yang akan kamu lakukan, tujuanmu pasti akan tercapai, guys!

 

Buat Resolusi Bersama Teman

Berusaha untuk melakukan cara mencapai resolusi cukup sulit dilakukan sendiri, Guys. Dengan membuat resolusi bersama sahabat, kalian dapat saling memotivasi agar semangat nggak luntur! Misalkan, buat resolusi bersama sahabat untuk rajin jogging keliling kompleks sebanyak 3 kali dalam seminggu. Saat kamu malas, sahabat pasti senantiasa menyemangatimu, begitupun sebaliknya! Dengan begitu, tujuan untuk hidup lebih sehat akan lebih mudah tercapai, kan?

 

So, what are your new year resolutions? Share di kolom comments, ya!

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article