Are You a Zetizen?
Show Menu

Rahasia di Balik Cara Penentuan Trend Fashion

Diana Hasna Diana Hasna 02 Jan 2017
Rahasia di Balik Cara Penentuan Trend Fashion

 

Zetizen.com trend menjadi hal penting di dunia fashion, terutama bagi desainer dan fashion enthusiast lain. Tapi, kamu pernah kepikiran nggak sih bagaimana sebuah trend bisa muncul setiap tahun? Siapa yang memutuskan suatu hal bisa menjadi trend? Ternyata, hal itu didiskusikan di sebuah forum dan beberapa kegiatan lain. Yuk, disimak!

 

Forum ini bisa diakses secara online. Tapi, yang bisa bergabung hanyalah desainer dan orang-orang yang berkecimpung di industri fashion. Dalam forum ini, mereka melakukan trend forecasting atau prediksi trend. Sebab, trend forecasting dipengaruhi banyak hal. Mulai dari kesenian, street style dari berbagai belahan dunia, sejarah, hingga media. Baca selengkapnya di sini.

Trend forecasting memang ada pekerjaannya sendiri. Ada orang-orang selain desainer dari seluruh dunia yang bertugas memprediksi dan menentukan koleksi desain yang akan diluncurkan desainer ke pasar,” ujar Harumi Davita, salah satu desainer asal Indonesia.

Harumi menunjukan koleksi desainnya yang sesuai trend (Foto: Faizal Zetizen)

 

Selain nggak bisa diakses sembarang orang, nggak semua anggota forum bisa ikut berunding. Yap, kebanyakan hanya bisa bisa mengakses hasil diskusi, melihat trend apa yang akan diusung untuk musim berikutnya. Nah, yang punya all access adalah desainer-desainer ternama seperti Marc Jacobs, Michael Kors, dan fashion enthusiast expert lain.

“Jadi, trend fashion setiap musim itu sebenarnya sebuah kesepakatan bersama yang diciptakan supaya semua jalan searah. Jadi, desainer nggak harus meraba-raba apa yang mau dibikin,”

tambah Harumi yang juga desainer di balik local brand BobaBabe.

 

Berbagai seminar trend forecasting juga dilakukan untuk melihat tren di suatu negara. “Di Indonesia sering ada workshop tentang trend forecasting. Apalagi kalau mau ada event fashion runway kayak Jakarta fashion Week. Jadi, para desainer lokal diberi kesempatan untuk membaca dan menganalisis trend sebelum memasuki tahap pengembangan atau merancang suatu koleksi,” jelas Harumi.

 

Ajang fashion runway seperti New York fashion Week, London fashion Week, dan lain-lain juga menjadi sarana untuk menarik perhatian pengamat mode seluruh dunia yang ingin mengetahui trend terbaru. Nah, hasil kesepakatan forum trend forecasting dan pengamatan fashion enthusiast di ajang fashion week akan disampaikan ke masyarakat luas melalui media.

 

Psstt... Nggak cuma di industri fashion aja loh. Di industri makanan sampai furnitur rumah juga ada yang namanya trend forecasting dan forum yang merundingkannya.

Salah satu forum online trend forecasting

Edited by Ratri Anugrah

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article