Are You a Zetizen?
Show Menu

Review Komik “Sherlock: A Study in Pink” + Pemenang Giveaway

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 18 Jan 2017
Review Komik “Sherlock: A Study in Pink” + Pemenang Giveaway

SHERLOCK: A STUDY IN PINK
Naskah: Steven Moffat, Mark Gatiss
Ilustrasi: Jay | Penerbit: Kadokawa

Zetizen.com – Kehadiran serial TV Sherlock season 4 ternyata membangkitkan semangat sherlockian, sebutan penggemar Sherlock Holmes. Nggak cuma semangat menonton, tapi juga mengkoleksi apapun berbau dunia sang detektif. Oleh karena itu, kehadiran Sherlock di dunia komik juga disambut baik. Seseru apa sih baca komik Sherlock karya Mark Gatiss dan Steven Moffat ini?

 

Pecinta serial TV Sherlock BBC pasti nggak asing dengan nama Gatiss dan Moffat. Yap, mereka berdua adalah penulis cerita dan skrip serial TV yang dibintangi Benedict Cumberbatch dan Martin Freeman itu. Gatiss dan Moffat menjadi pengarang komik Sherlock: A Study in Pink karena komik ini memang diangkat dari serial TV yang tayang sejak 2010 itu. Cerita bahkan dialognya pun nggak beda jauh. Jadi, kita nggak bisa protes tentang alur dan penokohan dalam komik.

 

Meski diangkat dari serial TV buatan Inggris, komik ini dibuat oleh Jepang. Ray sebagai ilustrator dan Titan Comics sebagai penerbit. Oleh karena itu, penyuka manga Jepang bergenre detektif dan misteri pasti bakal tertarik baca ini. Bayangkan saja betapa serunya melihat Sherlock dan Watson menjelma menjadi tokoh komik hitam-putih. It's a different experience for sure. Selain itu, kamu juga nggak perlu kaget karena komik ini tetap dibaca dari kanan ke kiri. Bagi pecinta komik Amerika, kamu harus membiasakan diri sebentar ya.

 

Peringatan cara membaca versi Amerika (Foto: Titan Comics)

 

Sebenarnya, kisah Sherlock Holmes sebagai karya Sir Arthur Conan Doyle sudah ada sejak 1887. Meski begitu, bagi orang yang tertarik tapi nggak tahan membaca novel, keberadaan komik ini sangat membantu. Apalagi, komik Sherlock ini adalah manga pertama yang diterbitkan dalam bahasa Inggris.

Sangat menarik melihat sesuatu yang khas Inggris diinterpretasikan dalam manga Jepang. Ceritanya masih dinamis dan penuh aksi. Tapi, dibandingkan komik khas Amerika, there's often a quietness and reflectiveness about manga.” - Andrew James, editor Titan Comics (The Guardian)

Dalam komik ini, kisah Sherlock dibagi menjadi enam bagian. Sherlock menjadikan John Watson, seorang pensiunan militer, sebagai room mates. Mereka berdua pun terlibat dalam sebuah kasus pembunuhan seorang wanita berpakaian merah muda. Dengan kemasan komik, tentu kisah A Study in Pink terasa lebih ringan. Bagi yang sering kesulitan mengikuti penjelasan Sherlock di serial TV-nya, kamu bisa membaca dengan seksama di sini. Tenang, punchline komedi yang crispy dan menjengkelkan ala Sherlock digambarkan dengan baik kok.

 

Sampai saat ini, Titan Comics sudah menerbitkan dua judul komik, yaitu Sherlock: A Study in Pink dan Sherlock: The Blind Banker yang baru saja terbit. Sedangkan di Indonesia, m&c baru menerbitkan komik pertama. Semoga komik selanjutnya segera terbit ya! Overall, komik ini direkomendasikan banget bagi kamu pecinta Sherlock untuk dikoleksi. komik ini juga wajib dibaca bagi kamu yang suka Detective Conan dan cerita detektif-detektif lain. Nah, inilah 5 orang yang berhak mendapat komik Sherlock: A Study in Pink persembahan dari m&c:

 

  1. Qaulan Sadida, SMA Muhammadiyah 2 Surabaya
  2. Bela Mulia, SMA Negeri 1 Balikpapan
  3. Richard Janwar Masoara, SMK Negeri 1 Sorong
  4. Sirli Kartika Putri, Universitas Sriwijaya
  5. Amalia Khoirunisa, SMA Negeri 1 Surakarta

Selamat buat pemenang! Silahkan konfirmasi kemenanganmu ke Dewi Zetizen - 082257486039.

 

Editor: Ratri Anugrah

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article