Zetizen.com - Penasaran kan? Makanya kita dengerin yuk cerita dari salah satu Zetizen asal Aceh, Wardatul Ula yang kini tengah menempuh studi S1 di Jurusan Theology, Gaziantep University, Turki. Keep scrolling!

Kok bisa sih pendidikan di Turki gratis?

Ya pemerintah sangat menomersatukan SDM rakyatnya. Mereka mewajibkan pendidikan 12 tahun, terdiri dari 4 tahun sekolah dasar, 4 tahun menengah pertama, dan 4 tahun menengah atas. Itu semua gratis tanpa harus membayar sepeserpun. Dilanjutkan dengan bangku perkuliahan di tingkat strata 1 yang masih tidak perlu membayar, hanya dibebankan membeli buku panduan sesuai kurikulum yang ditetapkan oleh tiap universitas.

Apa cabang ilmu terbaik di Turki?

Ada beberapa jurusan yang jadi unggulan di Turki. Diantaranya mencakup jurusan arsitektur, material, komputer, elektronik dan beberapa jurusan teknik lainnya. Universitas terbaik untuk jurusan ini adalah METÜ di Ankara dan ITÜ di Istanbul. Selain teknik, beberapa jurusan seperti kedokteran, sejarah, ilmu sosial maupun ilahiyat juga sangat bagus di Turki.

Gimana sih, caranya dapat beasiswa ke Turki ?

Banyak jalur kok. Paling diminati dan diburu adalah beasiswa langsung dari pemerintah Turki YTB (Yabanci Türkiye Burslari) yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa asing untuk melanjutkan pendidikan dari strata 1 sampai doktoral. Selain itu beasiswa dari departemen pendidikan di Turki TÜBITAK. Organisasi milik pemerintah Turki tersebut berkecimpung dalam dunia penelitian sains & teknologi, namun beasiswa ini hanya dikhususkan kepada tingkatan master dan doktoral. Belum lagi beasiswa dari lembaga swasta di Turki. Ada pula universitas-universitas di Turki yang langsung membuka peluang beasiswa bagi pelajar asing.

 NOTES:

Beasiswa biasanya dibuka di pertengahan hingga akhir semester genap. Pada musim semi untuk negara Turki, berkisar antara bulan Februari hingga Mei. Terus perbanyak link, baik itu jaringan komunikasi maupun kerjasama, dan juga selalu update informasinya.

Pantau terus web resmi penyedia beasiswa seperti web YTB yang dapat diakses melalui http://www.turkiyeburslari.gov.tr/

dan Tubitak melalui  http://www.tubitak.gov.tr/en/scholarship/.

 

Gimana sih pengalaman Ula bisa kuliah di Turki? 

Kuliah diluar negeri ? Emmm yang paling penting itu tekad, kemauan keras dan tidak mudah putus asa. Keberanian meninggalkan zona nyaman juga menjadi modal utama. Banyak tantangan luar biasa yang bisa dengan mudah menggoyahkan tekad utama kamu. Hal awal yang biasa dihadapi oleh mahasiswa asing adalah culture shock bahasa, makanan, geografis, dan kebiasaan berbeda. Tapi seiring waktu kita bisa kok beradaptasi.

Jika sudah mampu melewati tahapan awal tersebut berarti kamu sudah bisa dikatakan lulus karantina untuk bisa melanjutkan tekad awal menggali ilmu di tempat berbeda.

“Singa yang tak meninggalkan sarang takkan memangsa, dan panah yang tak terlepas dari busurnya takkan mengena” – Imam Syafii

Maka berhijrahlah untuk melihat alam dan menggali ilmu-ilmuNya.

 

naskah: Ariful (Harian Rakyat Aceh)

edit: dri

Share
Create Your Own Article!