Are You a Zetizen?
Show Menu

Tatsuki Machida, Ice Skater Profesional Jepang yang Menginspirasi Anime Yuri!!! on Ice  

Fahri Syadia Fahri Syadia 26 Jan 2017
Tatsuki Machida, Ice Skater Profesional Jepang yang Menginspirasi Anime Yuri!!! on Ice   

 

Zetizen.com - Kesuksesan anime Yuri!!! on Ice (YOI) sepanjang tahun 2016 kemarin rasanya sulit diragukan. Penghargaan anime terbaik mulai dari versi Anime-Now dan Anime News Network sukses diboyongnya. Sequelnya pun segera disiapkan. Meski memang merupakan anime, tahukah kamu kalau Yuri, tokoh utama dalam YOI itu ternyata terinspirasi atlet ice skating sungguhan yaitu tatsuki machida loh! Wah, gimana sih kisah machida ini bisa menginspirasi anime yang sukses besar?

 

Kesamaan Konflik yang Dialami Yuri dan Tatsuki

Yuri Katsuki, main role Yuri on Ice (YOI) diceritakan sebagai ice skater muda berbakat yang sukses mencapai level internasional. Dia berhasil menembus kejuaraan Grand Prix di Sochi Rusia. Namun, sayangnya ia justru gagal dan Yuri pun turun ke level nasional. Ironisnya, di level nasional ini pun ia kembali gagal. Jatuh bangun seorang Yuri itu lah yang diceritakan dalam YOI.

Foto: Tokyo Girl Updates

 

Nah, kalau ditelaah, perjuangn Yuri itu ternyata mirip banget dengan kejadian yang dialami tatsuki Machida, ice skater muda asal Jepang. tatsuki sempat menjadi perwakilan jepang untuk Grand Prix di Sochi, Rusia tahun 2014. Namun, ia justru mendapat peringkat buncit di kejuaraan tersebut hingga harus turun ke level nasional.

Mental tatsuki rupanya sedang jeblok. Di level nasional pun ia terseok-seok, terutama karena harus mengimbangi antara karier olahraganya dan kuliah. Sebab, orang tua tatsuki rupanya mendesaknya untuk segera menyelesaikan kuliah. Nah, konflik keluarga serupa juga diceritakan dalam YOI.

Melihat perjuangan seorang atlet berbakat harus berkutat sama beratnya persaingan di lapangan, serta desakan dari keluarga yang meragukan pilihan kariernya, wajar aja kalau kisah hidup tatsuki ini menarik buat diangkat jadi film/anime.

 

 

Keberhasilan di World Championship

Menariknya, setelah mengalami banyak momen mengecewakan, Tatsuki ternyata sukses bangkit dan berhasil menyingkirkan krisis percaya diri dan tekanan dari keluarga. Dalam jangka waktu kurang dari setahun, Ia berhasil balik ke performa terbaik dan berangkat ke World Championship yang diselenggarakan di Saitama, Jepang.

Kiprah di World Championship itu akhirnya tercatat sebagai prestasi terbaik yang pernah ditorehkan tatsuki Machida. Yup, di World Championship itu tatsuki berhasil meraih runner-up, alias peringkat kedua dan mendapat medali perak! Ia hanya tertinggal 0,33 poin dari kompatriot sekaligus kawannya, Yuzuru Hanyu yang juga sama-sama dari Jepang.

Nah melihat kedua skater berbakat asal jepang tersebut, rasanya nggak salah sebagian penggemar menyebut tokoh yuri katsuki adalah perpaduan dari prestasi Yuzuru Hanyu dan tatsuki Machida. Yuzuru dari segi prestasinya, serta tatsuki dari segi nilai juangnya.

Tatsuki machida (kiri) dan Yazuru Hanyu yang juga menginspirasi jalan cerita Yuri!!! on Ice. Foto: Pinterest

Tatsuki Umumkan Pensiun Muda

Tapi gimana pun juga, dunia nyata tetap tidak bisa sesempurna drama. Beda dengan YOI, karier tatsuki machida nggak bisa dibilang berakhir happy ending. Sebab, ia tiba-tiba memutuskan pensiun pada tahun 2015 lalu di usia baru 24 tahun. Alasannya, ia memilih fokus di dunia pendidikan.

Sejumlah orang pun mengkritik cara machida pensiun itu ‘sangat tidak Jepang’ karena nggak berpamitan terlebih dahulu dengan rekan-rekannya. Namun sebaliknya, pengamat kayak Tokyo Girls Update mengindikasikan bahwa pensiunnya machida lah yang menginspirasi dibuatnya anime Yuri!!! on Ice.

Terlepas dari kontroversi itu, tatsuki machida jelas merupakan nama yang layak dimasukkan dalam Hall of Fame. Selain runner up World Championship, ia juga pernah memenangi Grand Prix China, America, dan Rostelecom, serta torehan juara Asian Trophy.

Makanya, prestasi dan perjuangannya dalam menggeluti dunia ice skating sungguh menginspirasi banyak orang, termasuk Mitsurou Kubo sang pencipta Yuri!!! on Ice.

 

Source: Japan Times, Inside Skating, Tokyo Girls Update | Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article