Are You a Zetizen?
Show Menu

4 Jenis Makanan dan Minuman yang Sehat Dikonsumsi Untuk Diet

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 22 Feb 2017
4 Jenis Makanan dan Minuman yang Sehat Dikonsumsi Untuk Diet

Zetizen.com – Banyak orang yang menyangka kalau satu-satunya menu makanan untuk diet hanya sayuran. Padahal, selain sayuran, banyak juga makanan dan minuman yang mengandung bahan berkhasiat buat meningkatkan metabolisme dan membuat pembakaran lemak jadi lebih efisien.

 

Green Tea

foto: Truweight

Selain punya rasa khas yang bikin banyak orang ketagihan, green tea juga punya manfaat menyehatkan buat tubuh. Jenis teh satu ini mampu meningkatkan proses metabolisme ke kadar yang optimal. Studi dari the American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa dengan mengkonsumsi green tea secara rutin, metabolisme tubuhmu bisa meningkat sampai 4% dalam 24 jam. Nah, jika dikonversikan, tiga sampai lima cangkir green tea udah sanggup membakar lebih dari 70 kalori per hari yang setara dengan pemanasan selama 20 menit.

 

Kopi

source: pexels

Kabar gembira buat para pecinta kopi. Karena kopi ternyata juga terbikti mampu meningkatkan metabolisme tubuh kamu dengan kandungan caffeine yang ada di dalamnya. Menurut Kristen Trukova, dari Clinical Oncology Dietician, mengkonsumsi caffein hingga batas wajar harian sebesar 100mg dalam sehari bisa membakar 75 sampai 110 kalori. Namun, selain mengonsumsi caffeine, kamu bisa mengoptimalkan pembakaran kalori ini dengan berolahraga. Menurut Turkova, dengan berolahraga, pembakaran kalori yang ada juga akan lebih meningkat.

 

Ikan

foto: superiorgrocers

Selain bisa bikin otak kamu makin encer, ikan juga mampu meningkatkan metabolisme kamu loh. Hal ini dikarenakan kandungan omega-3 yang ada di dalam ikan ini. FYI nih, Omega-3 mampu menjaga gula darah dan juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh kamu. Disarankan untuk menonsumsi masakan ikan minimal tiga kali seminggu. Biar efektif, pengolahan ikan pun harus sewajarnya dan jangan terlalu lama. Sebab, nutrisi dan kandungan didalamnya bisa hilang.

 

Sayur-Sayuran

foto: sunfestmarket

Dan yang udah pasti, sayur-sayuran juga merupakan makanan yang baik dikonsumsi saat diet. Sayur-sayuran mampu meregulasi dan mengoptimalkan metabolisme tubuhmu, terutama yang mengandung kalsium seperti kacang-kacangan, bayam, brokoli, dan sawi daging (pok coy). Nah dengan kalsium yang masuk dalam tubuh, maka lebih dari 350 kalori akan terbakar. Imbangi juga nih dengan makanan yang banyak mengandung vitamin c seperti jeruk, tomat, dan berbagai jenis cabe.

 

Ohiya, biar nggak cuma makan makanan sehat, imbangi juga dietmu dengan workout rutin satu ini biar makin cepet kurus.Happy dieting, Guys!

 

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article