Are You a Zetizen?
Show Menu

Olahraga Hockey di Indonesia Jarang Diketahui Tapi Banyak Prestasi

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 02 Feb 2017
Olahraga Hockey di Indonesia Jarang Diketahui Tapi Banyak Prestasi

Zetizen.com – Saat mendengar kata hockey, pasti pikiranmu tertuju ke lapangan es yang dipakai olahraga yang memakai stik dan bola berbentuk lingkaran. Padahal, ada dua jenis hockey, yaitu field hockey dan ice hockey. Nah, field hockey sebenarnya ada di Indonesia meski nggak seramai basket dan sepak bola. Bagaimana sih field hockey di indonesia?

Di Jakarta, ada sebuah tim field hockey bernama ISCI field hockey Indonesia. Klub ini punya tim cewek dan cowok. Sudah terbentuk selama 25 tahun, ISCI terus melahirkan bibit-bibit muda pemain hockey yang bermain di kancah nasional maupun internasional. Kalau kamu ingin mencoba main field hockey, langsung datang aja ke Gelora Bung Karno. Dengan membayar Rp 100 ribu tiap minggu, kamu bisa bermain dengan para profesional. Tenang, kamu bisa pinjam peralatannya dan bakal diajari basic bermainnya kok.

Selain ISCI, di Surabaya juga ada tim hockey yang rajin berkompetisi di dalam kota maupun luar kota. Namanya Dharmawangsa Hockey club yang memiliki kandang di Lapangan Hockey Dharmawangsa (depan RSUD dr. Soetomo). Lapangan ini sudah ada sejak 1977 lho. Di daerahmu ada tim hockey atau lapangan yang bisa didatangi teman-teman Zetizen nggak? Kalau ada, please let us know di kolom komentar ya!

Indonesia juga punya tim pada sektor ice hockey lho. Salah satunya adalah Batavia Demon yang cukup eksis. Apalagi, tahun lalu Batavia Demon berhasil mengumandangkan lagu Indonesia Raya di atas podium setelah menjadi juara Lion City Cup 2016.

Nah, untuk menyaring bibit-bibit baru pemain field hockey, berbagai universitas dan SMA juga punya tim hockey sendiri. Misalnya, di Jawa Barat ada SMA Negeri 2 Garut, SMA Negeri 11 Garut, dan SMA BBS Bogor. Sedangkan di surabaya ada SMA Negeri 15 Surabaya, SMA Negeri 16 Surabaya, dan SMA Karitas 3 Surabaya.

Untuk masalah kompetisi, olahraga hockey di Indonesia nggak kalah dengan olahraga lain. Buktinya, pada PON Remaja 2016 yang diselenggarakan di Jawa Barat kemarin, ada enam provinsi yang ikut kompetisi hockey. Mau tahu tentang hockey lebih jauh? Baca halaman Zetizen Jawa Pos edisi 3 Februari 2017 ya!

RELATED ARTICLES

Please read the following article