Are You a Zetizen?
Show Menu

Kibrahasa Sabet Juara Umum Bendera V, Event Paskibra SMAN 1 Surabaya

Zetizen Zetizen 07 Feb 2017
Kibrahasa Sabet Juara Umum Bendera V, Event Paskibra SMAN 1 Surabaya

Surabaya, Zetizen.com - Puncak acara Bendera (Bentuk Derap Langkah Paskibra) V, event khusus ekskul Paskibra SMAN 1 Surabaya, berlangsung sukses Minggu kemarin (5/2). Sebanyak 35 peserta mengikuti lomba pengibaran bendera dan kreativitas PBB tingkat SMA se-Jawa Timur itu. Tahun ini, panitia menggaet peserta SMP dan SMA selama dua hari sekaligus. Meski beda tingkat, penilaian harus samarata.

Menurut Fajar Ramadhani, juri Bendera, performance kreativitas PBB tingkat SMP nggak kalah menarik. Sebab, mereka punya koreografi unik dan menggunakan beragam properti. Meski begitu, peserta tingkat SMA nggak kalah bagus. Mereka menjalankan pengibaran bendera dengan serius dan berlatih sampai malam untuk memberikan penampilan terbaik. Misalnya, SMAN 9 Surabaya yang mendapatkan kategori pengibaran terbaik. ”Kami udah mempersiapkan yang terbaik dan mengharapkan kemenangan untuk lomba ini,” ucap Reza Narda, penjuru sekaligus pembawa bendera Pasmanix, nama tim Paskibra SMAN 9 Surabaya.

Di antara sekian banyak penghargaan yang ada, juara umum merupakan penghargaan yang paling ditunggu. Sebab, peraih juara umum akan meraih trofi khusus yang dirancang SMAN 1 Surabaya. Pemenang lomba-lomba Paskibra pada umumnya hanya menerima piala bergilir dari Pangdam V/Brawijaya. ”Tahun ini kami sengaja membuat piala khusus yang benar-benar melambangkan juara paskibra. Dan itu berbeda dengan perlombaan paskib lainnya,” ungkap Donny Kristiyanto, pelatih tim Paskibra SMAN 1 Surabaya. Nah, pada Bendera V, tim Paskibra SMA Hang Tuah 1 Surabaya atau Kibrahasa-lah yang berhasil menyabet juara umum. Mereka memenangkan tiga kategori sekaligus, yaitu Best PBB, Best Formasi, dan Kreativitas PBB.

Kibrahasa dari SMA Hang Tuah 1 Surabaya menjadi juara umum (Foto: Aini Zetizen)

Selama acara berlangsung, banyak games menarik dengan hadiah balot dibagikan. Nama gamesnya adalah Find the Right Shoe. Peserta diambil dari perwakilan anggota paskib yang berpartisipasi. Setiap peserta wajib mengumpulkan sepatu sebelah kanan sebanyak-banyaknya. Bahkan, ada penonton yang rela melemparkan sepatunya dari lantai 2 untuk mendukung timnya. Finally, dengan perolehan 25 sepatu, SMA Wachid Hasyim berhasil mendapatkan reward tambahan balot dari Zetizen.

Kegiatan Bendera V bertujuan mengembangkan bakat dan kedisiplinan para siswa di bidang baris-berbaris. Selain itu, siswa didorong untuk saling kompak dan lebih kreatif di koreografi yang ditampilkan. ”Saya dan pihak sekolah sangat mendukung acara positif seperti ini. Apalagi, acara Bendera ini secara nggak langsung menumbuhkan rasa nasionalisme anak-anak muda,” kata Johanes Mardijono, kepala SMAN 1 Surabaya. Salam paskibra!

Penulis: Frida Kirana | Editor: Grace Aria

RELATED ARTICLES

Please read the following article