Are You a Zetizen?
Show Menu

Ini Alasan Kamu Sering Lapar Tengah Malam

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 18 Feb 2017
Ini Alasan Kamu Sering Lapar Tengah Malam

Zetizen.com – Malam makin larut bukannya makin ngantuk, kamu justru makin lapar. Hayoo, rasanya, lapar tengah malam itu udah bukan hal asing buat kamu yang sering bangun hingga tengah malam. Nah, sebenarnya apa sih yang bikin rasa lapar itu muncul malam-malam?

 

foto: drenchfit

 

Efek Tubuh yang Kurang Istirahat

Well, menurut Steven Shea, PhD, director dari Center for Research on Occupational and Environmental Toxicology at Oregon Health & Science University, umumnya, orang yang suka kelaparan diatas jam 9-10 malam adalah orang yang suka begadang. Hal itu muncul dikarenakan tubuh yang seharusnya mulai beristirahat, malah dipaksa beraktivitas. Hasilnya, tubuhmu bakal minta 'jatah' lebih buat menggantikan tenaga yang nggak didapat dari istirahat. Selain itu, konsumsi caffeine di malam hari juga makin mengundang rasa lapar loh.

Selain begadang, pola makan di pagi dan siang hari juga jadi penyebab kamu sering lapar di malam hari. Secara naluriah, tubuh akan selalu lapar di jam 12-2 siang. Nah jika di jam ini kamu justru nggak makan dan memilih men-double porsi makanmu di malam hari, maka dapat dipastikan diatas jam 9 malam kamu akan kelaparan.

 

Makanan sehat (foto: pinterest)

 

Pola dan Menu Makan Sehat sebagai Solusi

Nah, buat menanggulanginya, kamu bisa nih mencoba pola makan yang sehat. Caranya, cobalah sarapan dengan makanan yang sedikit karbohidrat namun banyak mengandung vitamin, mineral, dan protein. Contohnya, kamu bisa membuat sandwich berisi sosis, keju, sayur dan telur.

Nah di siang harinya, perbanyak makan karbohidrat dan sayur untuk mendukung aktifitas seharianmu. Dan dimalam hari, usahakan makan malam sebelum pukul 7 malam. Kalau merasa sedikit lapar, kamu bisa makan buah yang banyak mengandung serat seperti pepaya. Hal ini disarankan karena pencernaan akan aktif-aktifnya mengolah makanan yang masik di jam 9 malam.

Nah dengan cara itu, lama-kelamaan, rasa lapar yang sering muncul di malam hari bakal berkurang. But, kalau kamu masih penasaran tentang berbagai makanan yang biasanya dicari orang ditengah malam, langsung aja cek halaman Zetizen koran Jawa Pos edisi Sabtu, (18/2) besok.

 

Source: Livestrong, huffingtonpost

Editor: Bogiva

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article