Are You a Zetizen?
Show Menu

25 Tahun Perjalanan Super Robot Wars di berbagai Konsol

Fahri Syadia Fahri Syadia 22 Feb 2017
25 Tahun Perjalanan Super Robot Wars di berbagai Konsol

Zetizen.com - Nggak kerasa 25 tahun sudah serial video-game Super Robot Taisen (Super Robot Wars di versi Amerika) menghibur para gamers. Sejak era console Game Boy Advance 2D sampai Playstation 4 dengan resolusi HD, pasukan gundam itu udah tampil di nggak kurang dari 40 seri. So, apa aja sih momen-momen penting selama 25 tahun perjalanan game produksi Bandai Namco Entertainment ini? Simak nih timeline-nya.

 

Foto: Gamehubs

 

Era Klasik 2D (1991-1996)

Super Robot wars pertama kali dirilis tahun 1991 dan diadopsi beberapa console kayak Gameboy Colour dan Nintendo Entertainment. Nah FYI, gameplay-nya saat itu masih berbentuk 2D dengan birds eye view alias kamera dari atas menyerupai papan catur. Makanya permainan super robot wars pada saat itu lebih fokus kepada adu taktik bagaimana caranya agar bisa menjatuhkan tower musuh dibanding permainan animasi yang memukau kayak sekarang. Seiring berjalannya waktu, gameplay Super Robot Wars pun mulai mengadopsi fitur duel.

Meski saat sederhana, game ini ternyata sukses besar. Super Robot Wars bahkan sampai dibuatkan setidaknya 6 sequel pada generasi ini. Saking populernya, game ini akhirnya diadaptasi ke versi Inggris dan hingga saat ini, dibuatkan berbagai versi remake nya.

 

Foto: Youtube

 Era Sony Playstation dan Sega (1996-2002)

Rilisnya Sony Playstation pada tahun 1995 membukakan jalan bagi serial Super Robot Wars untuk menjajal arena baru. Hasilnya, berbagai seri super robot wars segera meramaikan console ini. game pertama yang dirilis untuk PS1 berjudul super robot Taisen Shin, yang dalam versi bahasa Inggrisnya menjadi super robot wars Neo.

Bedanya dengan generasi Gameboy, tampilan Super Robot di PS1 ini udah berbentuk featured full size graphic dengan angle kamera dari sisi samping. Tampila ini mirip game-game seri Metalslug. Versi Sega, console yang juga ngetren di masa itu, juga segera menyusul. Dari segi storyline, era ini masih mengadopsi kisah asli anime-anime gundam dan tokoh-tokoh asli yang diciptakan sama Banpresto, produser super robot wars sebelum diakuisisi sama Bandai Namco Entertainnment.

 

Foto: Online Station

Era 3D (2002-2012)

Memasuki zaman milenium, game 3D mulai menjamur dengan adanya console Sony Playstation 2, Playstation Portable (PSP), dan XBOX 360. Dengan judul Super Robot wars MX, seri super robot Wars pun terus menyusul ke era baru. Di era ini juga Banpresto mengenalkan salah satu seri paling memorable-nya, yaitu Super Robot Wars: Original Generations (OG) yang rilis tahun 2007.

Pada seri ini, jalan cerita dan kekayaan fitur mendapat perkembangan siginifikan. Terdapat berbagai tokoh baru, mulai dari berbagai jenis Mecha, Trooper, hingga tokoh-tokoh pendukung. Pendalaman karakter masing-masing pun menjadi lebih detail. Dari segi grafis seri ini juga dapat perkembangan lewat tampilannya yang jadi 3D dan angle kamera yang lebih bervariasi.

 

Foto: Mecha Damashii

Era HD (2012-..)

Mungkin versi ini lah yang paling dikenal sama teman-teman generasi Z sekarang. Super Robot Wars mulai menjamah ke console-console tercanggih, seperti Sony Playstation 3, PS Vita, dan yang terbaru Playsation 4. Beberapa seri yang paling sukses diantaranya Super Robot wars Z (2014), Super Robot wars OG: The Moon Dwellers (2016), dan tentu saja yang baru akan rilis, Super Robot wars V (2017).

Pada generasi HD ini detail permainan super robot wars udah bener-bener tinggi. Mulai dari jalan cerita, tokoh yang makin bervariasi, dan bahkan ada pula extended version-nya! Penasaran sama canggihnya seri Super Robot Wars nanti? WellSuper Robot wars V yang bakal rilis global tanggal 23 Februari nanti.  

 

Source: Histropedia, super robot wars Wikia

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article