Are You a Zetizen?
Show Menu

5 Kuliner Khas Bulukumba yang Wajib Kamu Coba

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 01 Mar 2017
5 Kuliner Khas Bulukumba yang Wajib Kamu Coba

Zetizen.com – Menikmati indahnya bulukumba bakal makin lengkap kalau kamu juga menikmati nikmat makanan khasnya. Yes, bulukumba punya banyak kuliner khas yang super enak. Nih beberapa menu recommended buat kamu coba!

 

foto:blogspot

Coto Kuda

Pernah tau Coto Makassar? Rasanya yang gurih dengan daging dan jeroan sapi yang selalu bikin nagih ini emang jadi andalan kota Makassar. Namun, kalau kamu ke Bulukumba, mungkin kamu akan lebih banyak menemukan coto kuda daripada Coto Makassar. Makanan yang memang cuman ada di bulukumba ini punya tekstur daging kuda yang lebih keras dari sapi. Tapi jangan salah, coto kuda ini justru terkenal lebih gurih dan lebih 'nendang' dari Coto Makassar.

 

 

foto: kawangtravel

Kue Uhu-Uhu

Kalau yang satu ini cocok banget buat kamu yang sedang melakukan aktifitas dan butuh camilan. uhu-uhu merupakan adonan tepung yang dibentuk jaring-jaring lalu dilumuri gula merah setelah digoreng. Rasanya yang manis dan renyah inilah yang menjadi ciri khas dari kue ini. cocok banget kan buat refrensi oleh-oleh dari bulukumba?

 

Barobo

Kamu yang tinggal di Jawa mungkin udah akrab dengan bubur dari beras. Namun di Bulukumba, bubur berbahan Jagung lah yang banyak dibuat. Punya nama Barobo, bubur ini  merupakan makanan khas orang bulukumba yang harganya sangat terjangkau. Hanya berkisar 13-20 rb per porsi tergantung lauk yang dipesan. Yes, lauknya emang bisa kamu pilih. Sebab, bubur ini bakal makin enak dimakan bareng lauk ikan asin, kacang, dan berbagai sayuran lain. 

 

Bolu Peca

Nggak cuma kue uhu, bolu peca juga cocok kamu jadikan oleh-oleh kuliner khas Bulukmuba. Punya bentuk dan tekstur mirip bolu kebanyakan, keistimewaan bolu peca ada pada toppingnya. Yes, bolu ini dilumuri campuran gula merah dan vanili cair yang dibiarkan mengering sebagai topping. Rasanya? Wah, super enak!

 

Udah lihat makanan khasnya, sekarang giliran kamu buat menyimak indahnya alam dan wisata Bulukumba. Buat yang penasaran, langsung aja cek halaman Zetizen koran Jawa Pos edisi Rabu (1/3) besok!

 

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article