Are You a Zetizen?
Show Menu

[Zetizen Vote #1dayescape] Team Bolang - Kuy, Intip Beragam Spot Keren di Kenjeran!

Zetizen Zetizen 04 Mar 2017
[Zetizen Vote #1dayescape] Team Bolang - Kuy, Intip Beragam Spot Keren di Kenjeran!

Zetizen.com - Sabtu (25/02) siang kemarin, dalam rangka 1 st Anniversary-nya, Zetizen mengadakan city tour yang diikuti pelajar SMP dan SMA asal Surabaya dan sekitarnya. Di #1DayEscape-nya Zetizen kali ini, kita bukan cuman jalan-jalan terus motret ala anak-anak kekinian aja lho. Tapi kita diharuskan membuat project yang hasil karyanya akan di feature di sosmed, website, juga koran Zetizen Jawa Pos. Keren nggak? Hehe.

KENJERAN PARK! Jadi pelampiasan kami untuk one day escape from reality, #EHSALFOK! One day fun trip escape Zetizen bermaksud mengajak kita semua untuk travelling dengan menonjolkan sisi unik dan artsy di Surabaya. Ternyata banyak lho spot-spot keren di Surabaya yang mungkin belum pernah kamu eksplore lebih jauh. Mau tahu spot-spotnya? Makanya baca nih sampai akhir, hehe.

PAGODA TIAN TI

Walau sudah lama menjadi salah satu ikon di kenjeran park, bangunan duplikat dari Beijing ini tak pernah luput dari sasaran anak muda untuk berfoto ria. Selain hunting foto, tak pelak kawasan ini menjadi sasaran empuk bagi anak muda untuk hunting gebetan #eaaa. Pagoda Tian Ti pun kabarnya berukuran lebih besar dan lebih tinggi ketimbang di Beijing, walau begitu ikon inipun mirip 99,99999%  dalam sisi aksesori, ukiran, ornamen, fisik gedung, dan warna kuil. Jika, temple of Heaven, Pagoda kuno dari Beijing itu disakralkan dan tidak semua pengunjung bisa dengan bebas dan leluasa memasuki pagoda suci. Di Pagoda Tian Ti kita bisa bebas eksplore sepuasnya. Jadi, buat apa jauh-jauh ke beijing untuk foto di Temple of Heaven?

KLENTENG SANGGAR AGUNG

Perpaduan 3 budaya (Jawa, Bali, dan Tionghoa) sangat terasa saat memasuki area klenteng. Meski merupakan tempat peribadatan bagi umat Tridarma (Budha, Tao, dan Khong Hu Cu) siapapun boleh memasuki klenteng ini baik untuk beribadah ataupun untuk berwisata di Patung Dewi Kwan Im.

Dengan ditemani harumnya wewangian dari dupa, akhirnya sampai juga di halaman belakang klenteng yang berhadapan dengan laut. Tampak dengan gagah sepasang naga surgawi, empat maharaja langit pelindung empat penjuru dunia, dua penjaga Shan Nan dan Tong nu, serta diatas sendiri adalah Dewi Kwan Im.

Waktu terbaik untuk datang kesini adalah saat hari raya tahun baru Imlek. Karena pada hari tersebut, Klenteng Sanggar Agung akan lebih meriah dari hari-hari biasanya. Ribuan umat Khonghucu menggelar sembahyang, tabur bunga, atraksi barongsai dan pertunjukkan musik.

PATUNG BUDHA
Lagi-lagi bangunan luar negeri jadi inspirasi ikon-ikon di Kenjeran Park. Four Faced Buddha sendiri terinspirasi dari Patung Tao Maha Phrom di Altar Erawan, Bangkok, Thailand. Bahkan agar kemiripannya tidak sekedar mirip, saat dibangun dulu bahan-bahan patungnya didatangkan langsung dari negeri gajah putih.

Instagramable! Satu kata yang menggambarkan area patung buddha. Selain suasananya yang asri, disekitar tahta sang buddha juga terdapat  4 buah patung gajah putih, ruang meditasi, dan patung dewa ganesha berkepala Gajah. Berkunjung ria disini sifatnya bebas asal sopan. Kita bisa bebas cekrak-cekrek sana sini, tapi tetap harus berlaku santun. Karena terkadang di sekitar patung ada umat buddha sedang beribadah. Melihat keindahan Patung Buddha Catur Muka Asta Hasta, buat apa jauh-jauh ke Thailand? Kenjeran Park tak kalah keren juga lho.

ATLANTIS LAND
Walau belum resmi dibuka untuk umum. Zetizen berserta perserta #1dayescape menjadikan pelataran Atlantis sebagai titik kumpul kegiatan kemarin. Karena selain tempatnya hanya tinggal lurus sedikit dari pintu masuk, Atlantis sudah menunjukkan kemegahan dan kemewahannya untuk menjadi Theme Park kelas dunia yang dikonsep mirip Universal Studios Singapore (USS) dan Disneyland.

Benar-benar mirip Istana! Di titik utama tempat kami berkumpul,  sungguh kental nuansa kerajaan bawah laut yang sesungguhnya. Dengan dinding depan bangunan utamanya berwarna biru laut bergaris-garis ombak putih. Dan bagian atap ada ikon istana menjulang tinggi berwarna coklat. Siapa sih yang ngga kerasan berada di Atlantis?

Yey, 4 Ikon Kenjeran Park diatas kayaknya udah menggambarkan serunya kenjeran sekarang kan? Sebenarnya masih banyak lagi spot-spot di Kenpark seperti Arena Pacuan Kuda, Waterpark, Sirkuit, Motel, Istal, Futsal Center dan Food Center. Wajib banget buat kamu membawa segala kebutuhan, apalagi anak hitz kekinian dan photographer. Biar hasil makin memuaskan, bawa juga equipment pendukung seperti lensa, action cam, dan lain lain. Hati-hati juga ya yang bawa Drone, bisa-bisa sinyal dronenya hilang, terus kebawa deh sama angin laut, hehe. Oh ya, Jangan lupa bawa topi supaya ngga kepanasan dan enjoy your fun trip guys.

Jadi Escapist ngga melulu harus ke luar kota atau bahkan keluar neger. Coba eksplore negerimu sendiri terutama kotamu dulu. Masih banyak lho hidden place yang bisa kamu capture.

 by: Awali Taufiqi_SMAN 16 Surabaya

Novi Kurniawan_SMA Ipiems Surabaya_Kepala Sang Brahma

ANGGOTA TEAM BOLANG

MUH. YUSUF AWALI - SMAN 16 SURABAYA (WRITER)

LINTANG SHABRINA - SMAN 13 SURABAYA (WRITER)

NOVI KURNIAWAN    SMA - IPIEMS SURABAYA     (PHOTOGRAPHER)

KEVIN OEI JAYA - SMA ST. LOUIS 1 SURABAYA (PHOTOGRAPHER)

KEVIN DEVANDA - SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO (VIDEOGRAPHER)

 

FORMAT VOTING:

Login di Zetizen.com - Comment di kolom bawah ini

dengan format

I VOTE FOR BOLANG

RELATED ARTICLES

Please read the following article