Zetizen.com – Seiring pergantian zaman, peminat tari tradisional makin sedikit. Sanggar tari tradisional pun jadi makin susah dicari. Meski begitu, masih ada loh beberapa orang yang mempertahankan sanggar tari tradisional di era modern. Ini beberapa sanggar-sanggar tari indonesia yang terkenal, masih berdiri, dan masih bisa kamu ikuti.

 

Sanggar Tari Natya Lakshita (Jogjakarta)

foto: Kemendikbud

Nama Didi Nini Thowok tentu tidak akan asing lagi di dunia tari tradisional. Selain kemampuannya menari, dirinya juga membuat sanggar tari di jogja yang bernama Sanggar Tari Natya Lakshita sejak tahun 1980 lalu. Dari sana terlahir banyak sekali penari-penari tradisional yang bahkan, saking mahirnya, mereka juga membuat sanggar sendiri. Meski sekarang para peserta dilatih oleh asistennya karena faktor usia, namun peminat sanggar ini nggak turun loh. jika dulu lokasinya berada di Jalan Godean Km 2,8. Lapak Jogjakarta, sekarang Sanggar Tari Natya Lakshita berada di sebelah rumah Didik Nini Thowok, tepatnya di Perumahan Jatimulyo, Kricak, Kota jogjakarta.

 

Gedung Cak Durasim (Surabaya)

foto: blogspot

Selain menjadi gedung pentas seni di Surabaya, Cak Durasim juga mewadahi beberapa sanggar tari yang tidak memiliki tempat berlatih untuk menari. terletak di Jl. Genteng Kali No.85, Genteng, Kota Surabaya, lokasi ini jadi salah satu tempat yang nyaman buat berlatih tari loh.  total ada lebih dari 10 sanggar tari yang melangsungkan latihan setiap sore. Selain bisa menemukan tarian asli jawa timur seperti Remo, kamu juga bisa menemukan beberapa tari tradisional kota lain seperti Jaipong, Kecak, dll.

 

Sanggar Indra Kusuma (Bekasi )

foto: sanggar-indrakusuma

Berdiri sejak 1974, Sanggar tari Indra Kusuma menjadi salah satu sanggar tari yang cukup terkenal di Jakarta. Selain sering mendapatkan penghargaan dan prestasi, sanggar tari ini juga memiliki beberapa variasi tari tradisional yag diajarkan. Diantaranya Tari Sunda, Jawa, Bali , dan tentunya Betawi. Sanggar ini sendiri memiliki dua lokasi. Yaitu Jl. Jatiwaringin Raya No. 260 Pondok Gede, Bekasi dan Jl. Pulau Saparua Raya No. 265 - 267 Perumnas III Bekasi Timur.

 

Sanggar Sri Indera Ratu (Medan)

 

Sanggar Sri Indera Ratu merupakan salah satu Sanggar tari yang berusia tua di Sumatra Utara. Pendirinya, Dra. Hj. Tengku Sita Syarisa telah meninggal pada 2003 lalu. Namun semangat meneruskan dan melestarikan tari tradisional tersebut tak pernah luntur hingga sekarang. Di sana, kamu bisa berlatih tarian khas Sumatra. Diantaranya tarian Batak, Melayu, Aceh, Nias, dan masih banyak lagi. Jika kamu tertarik, kamu bisa mengunjungi sanggar ini di Jalan Sultan Ma'moen Al Rasyid No.66 (Istana Maimun) Medan.

 

Nah, ngomong-ngomong soal tari tradisional, yuk simak ulasan lengkap soal budaya khas Indonesia yang sekarang mulai jarang ditemukan ini. Simak selengkapnya di halaman Zetizen koran Jawa Pos edisi Rabu (8/3) besok.

Editor: Bogiva

 

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!