foto: dailymail.co.uk

Zetizen.com - Sebentar lagi, kunjungan Raja Salman di Indonesia akan segera berakhir. Sebagai seorang raja, Raja Salman memang seorang tokoh yang langka. Namun, negara yang masih mengakui struktur kerajaan bukan hanya Arab Saudi. Salah satu kerajaan besar yang masih eksis hingga saat ini adalah Kerajaan Ingris Raya, yang kedudukan tertingginya dipegang Ratu Elizabeth II. 

Sebagai pemegang warisan kerajaan, tentunya royal family alias keluarga kerajaan Inggris punya tata krama yang dipegang teguh. Salah satunya adalah dengan menjaga ucapan dari kata-kata yang kurang pas. Nah, berdasar pengakuan dari pakar antropologi sosial dan penulis 'Watching The English', Kate Fox, ada tujuh kata yang nggak pernah terucap dari mulut Ratu Elizabeth, Pangeran Charles, Pangeran William, juga Kate Middleton. Mau tau apa aja kata itu?

 

Pardon


Dalam bahasa Inggris, 'Pardon' termasuk dalam kata yang sopan untuk mengutarakan 'maaf' atau lebih pas-nya 'permisi'. Tapi 'pardon' nggak pernah diucapkan anggota keluarga kerajaan. Kate mengutarakan, mereka lebih suka mengucapkan, 'sorry', atau 'sorry, what?'.





Toilet

Para bangsawan nggak akan pernah ngomong 'I want to go to the toilet'. Sebagai keluarga bangsawan sejati dari Inggris mereka nggak akan mengucapkan karena kata toilet berasal dari Perancis. Mereka mengucapkannya 'loo' yang artinya kamar kecil.

 

Perfume


Tau nggak sih ternyata keluarga kerajaan juga nggak pernah bilang parfume lho. Mereka lebih suka menggunakan kata 'scent'.  Jadi ketika Pangeran William mengucapkan, 'I like your scent' kepada Kate Middleton itu berarti adalah pujian untuk sang istri. 



 

Tea


Menurut Kate Fox, orang Inggris kebiasaan memakai kata 'tea' yang familiar dengan jamuan sore seperti 'tea break'. Tapi bagi kalangan bangsawan Inggris, kata tersebut membingungkan kalau dijadikan sebagai kata pengganti jamuan. Mereka lebih memilih 'dinner' atau 'supper'.

 

Lounge


Siapa sih yang nggak tau kalau Istana Buckingham yang begitu mewah pasti punya banyak kamar dan ruang, tapi di sana nggak ada istilah 'lounge' atau 'living room'. Mereka biasa menyebutnya dengan 'drawing room' atau 'sitting room'.





Posh


Kata posh biasanya diucapkan saat memuji orang yang sedang berpenampilan mewah, fashionable atau elegan. Tapi lagi-lagi kata itu nggak akan terucap dari mulut anggota kerajaan. Mereka mengganti posh dengan kata 'smart'.

 

Dad

Di Inggris kebanyakan orang memanggil orang tua mereka dengan sebutan mom (ibu) dan dad (dad). Namun ternyata Prince William menyebut Kate Middleton dengan sebutan 'Mummy'.

 

Nah, itulah 7 kata yang nggak pernah diucapkan keluarga kerajaan Inggris. Hayoo, sebelum baca artikel ini, kamu sadar nggak tuh kalau mereka nggak pernah memakai kata-kata tersebut?

Source: cosmopolitan.co.uk, mirror.co.uk

Editor: Bogiva

Share
Create Your Own Article!