Are You a Zetizen?
Show Menu

5 Tips Dasar Belajar In-line Skate

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 15 Mar 2017
5 Tips Dasar Belajar In-line Skate

Zetizen.com – Pernah populer di era 90-an, in-line skate kembali jadi tren belakangan ini. Meski kelihatan mudah, sebenarnya banyak hal dasar yang perlu banget kamu perhatikan waktu belajar memainkan in-line skate supaya aman. Apa aja itu? Simak nih yang berikut.

 

Safety Gear Wajib Ada

Foto: wikihow

Sama-sama mengandalkan keseimbangan tubuh, in-line skate punya safety gear yang mirip dengan permainan skateboard. Umumnya, piranti wajib yang umum digunakan adalah helm, kneepad, dan elbow pad. Ketiga perangkat itu berfungsi melindungai bagian-bagian tubuh yang paling rentan terluka saat kamu jatuh. Jadi supaya belajar main in-line skate mu nggak terhambat gara-gara luka waktu jatuh, pastikan kamu selalu pakai saftey gear tersebut.

 

Latihan Berdiri

Sebelum mulai meluncur di jalanan, langkah pertama adalah berlatih kuda-kuda saat berdiri. Posisi ideal saat berdiri adalah badan membungkuk dengan lutut yang menekuk 90 derajat. Coba berlatih diatas permukaan yang datar dan empuk seperti karpet. Jika sudah lancar, barulah berdiri di lantai. Oiya, usahakan dekat dengan tembok ya supaya ketika terjatuh bisa langsung berpegangan.

 

Mulai dengan Langkah Kecil

Kesalahan paling sering dilakukan pemula inline skate adalah saat belajar melangkah. Kebanyakan orang langsung berusaha mengambil langkah panjang. Padahal, hal ini justru membuat kamu mudah terjatuh. Cobalah melangkah dengan langkah kecil untuk mencari titik nyaman langkahmu. Jika sudah dapat, baru tingkatkan kecepatan dengan tempo langkah lebih cepat. Oiya, akan lebih mudah lagi kalau tiap langkahmu membentuk V dengan cara kaki yang akan melangkah diletakkan di garis tengah antara bagian tubuh kanan dan kirimu secara bergantian.

 

Belajar Keseimbangan dan Teknik Rem

Foto: vimeo

Hal yang terakhir ini menjadi hal yang sangat penting. Keseimbangan ketika kamu meluncur menjadi satu hal yang cukup fatal jika diabaikan. Usahakan tetap di posisi kuda kuda dengan lutut yang membentuk sudut 90 derajat. Nah, untuk mengerem, sebisa mungkin jangan menabrakkan diri ke tembok ya. Belajarlah secara perlahan menemukan trik mengeremmu. Mulai dari menyudutkan roda ke dalam, menaikkan salah satu kaki agar brake pad bergesekan dengan tanah, hingga memberikan tekanan yang lebih kuat kebawah untuk mengurangi kecepatan secara perlahan. 

 

Mulai Berlatih Berbelok

Setelah kamu bisa berdiri, melangkah dan mengerem, teknik terakhir yang harus kamu latih adalah bagaiman menjaga momentum lajumu saat menikung atau berganti arah. Nggak mau kan kalau kamu sampai harus jatuh gara-gara nggak ngerti cara berbelok dan menghindari hambatan? Nah, untuk memulainya, kamu bisa memanfaatkan kombinasi posisi badan di tahap sebelumnya, dengan sedikit melebarkan dan menyerongkan arah kakimu. Hal ini dimaksudkan supaya saat menikung, kamu nggak kehilangan keseimbangan karena sudut yang menyempit. Meski begitu, jika sudah terbiasa, berbelok dengan sudut sempit sebenarnya lebih efisien dan cepat dilakukan.

 

Jika dilakukan dengan benar dan teratur, tips diatas bisa bikin kamu menguasai teknik awal bermain Inline skate dengan cepat. Yang penting, kamu harus mau berlatih dan nggak gegabah dalam bermain ya! 

Nah, untuk bahasan soal Inline skate yang lebih lengkap, langsung aja cek halaman Zetizen koran Jawa Pos edisi Rabu (15/3).

 

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article