The Avengers (foto: denofgeek.us)

Zetizen.com - Gara-gara cerita The Avengers dalam adaptasi filmnya sedikit berbeda dari komik, banyak orang akhirnya salah mengira tentang asal-usul dan jajaran sebenarnya pendiri grup pembasmi kejahatan super ini. Dari sekian banyak pahlawan super dari Marvel Universe yang akhirnya bergabung dalam The Avengers, kelompok ini sebenarnya diawali oleh lima tokoh utama, yakni Iron Man, Thor, Ant Man, Wasp, dan Hulk.

Karena ternyata The Avengers sukses memikat hati para penggemar, jadilah Marvel mengembangkan anggotanya dengan menambahkan berbagai superhero baru yang membuat perjalanan The Avengers makin berwarna. Nah, siapa saja jajaran superhero setelah Avenger generasi pertama? Yuk kita bahas mulai dari founding father nya!

 

Lima Pendiri Avenger (Founding Father)

Sebelum membahas jagoan generasi kedua dan seterusnya, yuk kita bahas 5 tokoh pendiri (founding father) The Avengers yang masih banyak belum diketahui.

Iron Man sebagai founding father (foto: forbes.com)

1. Iron Man

Tony Stark, biliuner yang juga seorang jenius ini adalah sosok dibalik pahlawan super Iron Man. Ialah orang pertama yang menggagas kemunculan The Avengers dalam dunia Marvel. Lewat perusahaannya, Stark Entreprise, ia menciptakan berbagai teknologi perang canggih yang selanjutnya ia sematkan kedalam kostum Iron Man. Sebelum menjadi Iron Man, Tony Stark pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif S.H.I.E.L.D. dan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (Secretary of Defense). Namun, sense of justice-nya yang tinggi akhirnya membuatnya turun langsung membasi kejahatan. Meski sebenarnya punya niat yang baik, Stark ini termasuk orang yang punya pembawaan menyebalkan. Cara ngomongnya yang sering sarkastik dan nggak 'disaring' bikin dirinya sering banget bertengkar dengan superhero lainnya.

 

 

Thor (foto: scrdn.com)

2. Thor

Thor merupakan satu-satunya dewa yang termasuk dalam founding father The Avengers. Seperti yang tercatat dalam mitologi Norse kalsik, Thor merupakan seorang dewa petir yang berasal dari Asgard, negeri para dewa. Meski merupakan seorang dewa, sikapnya yang angkuh dan sombong membuat raja dewa Odin marah dan menurunkannya ke bumi. namun hukuman itu malah membuat Thor jatuh cinta dengan bumi. iapun bertekad melindungi bumi dari pihak-pihak jahat, termasuk adiknya sendiri, Loki. Thor memiliki senjata palu raksasa bernama Mjolnir. Yang hanya bisa diangkat dan dikendalikan sendiri olehnya.

 

Ant-Man (foto: wired.com)

3. Ant-Man

Nggak banyak yang tau bahwa Hank Pym alias si Ant-Man merupakan pendiri Avenger. Bersama istrinya Janet Van Dyne. Ilmuwan jenius ini berhasil membuat baju yang memiliki kekuatan untuk mengecilkan tubuh seukuran semut. Tapi Hank Pym nggak lama beraksi menjadi superhero. Ia lebih memilih untuk menyimpan kostumnya dan memberikannya kepada Scott Lang. Dan ia digantikan oleh Scott Lang sebagai Ant-Man.

 

Wasp (foto: comicbook.com)

4. Wasp

Janet Van Dyne alias Wasp merupakan istri dari Ant-Man. Mereka sama-sama punya kemampuan untuk mengecilkan tubuh. Tapi bedanya, Wasp juga bisa terbang. Pasangan suami istri ini merupakan pendiri dari Avengers. Namun Wasp dikisahkan terjebak dalam ukuran atom kecil dan tidak bisa kembali normal sehinga ia harus menghilang. Hal ini membuat Hank Pym sangat sedih lalu memutuskan berhenti dan menyimpan kostumnya. Ia memilih untuk nggak melanjutkan aksinya sebagai superhero, dan peran Ant-Man digantikan oleh Scott Lang yang dipilih oleh Hank Pym sendiri.

 

Hulk (foto: screencrush.com)

5. Hulk

Dr. Robert Bruce Banner atau yang akrab disapa Bruce Banner awalnya merupakan ilmuwan yang meneliti bom gamma. Namun saat penelitian sedang berlangsung, terjadi kecelakaan. Bom gamma meledak dan menyebabkan Bruce Banner terkena radiasi gamma yang menjadikannya monster humanoid saat tak dapat mengontrol emosi. Walau hidupnya menjadi berantakan, kemampuan itu membuat dirinya menjadi pahlawan super dan ikut mendirikan Avengers.

 

Nah, setelah Avengers berdiri, banyak kejadian yang akhirnya menyebabkan anggota 'geng' super satu ini bertambah. Berikut ini adalah pahlawan super generasi dua dan seterusnya yang ikut memperkuat jajaran Avengers.

 

Captain America (foto: scrdn.com)

1. Captain America

Banyak yang mengira bahwa superhero patriotik ini merupakan salah satu dari founding father. Faktanya, Captain America atau Steve Rogers malah termasuk superhero yang agak belakangan bergabung dengan Avengers. Steve awalnya adalah seorang prajurit Amerika berbadan kecil dan kurus. Ia dijadikan uji coba pemberian serum untuk membuatnya menjadi manusia super oleh Howard Stark (Ayah Tony Stark). ercobaan yang Pdilakukan Howard berhasil membuat Steve berbadan kekar dan gagah. Sayangnya, saat ia beraksi melawan Red Skull, Captain America mengalami kecelakaan yang membuatnya terkubur dalam es selama 60 tahun. Ia lalu ditemukan oleh Nick Furry dan bergabung dalam S.H.I.E.L.D. serta bergabung sebagai anggota Avenger. Saat ini posisinya sebagai pemimpin dalam The Avengers.

 

Black Widow (foto: nocookie.net)

2. Black Widow

Natasha Romanoff awalanya merupakan mata-mata Rusia yang yang direkrut oleh KGB untuk mengumpulkan berbagai macam informasi. Namun ia dikhianati oleh KGB dan akhirnya berhenti. Setelah bertemu Nick Furry, ia pun bergabung dengan S.H.I.E.L.D dan berkenalan dengan Captain America dan bergabung dengan The Avenger sebagai Black Widow. Black Widow memiliki kemampuan bela diri yang luar biasa. Ia juga memiliki gelang yang dapat mengeluarkan sengatan listrik hingga 30.000 volt. Selain itu kemampuannya memainkan berbagai senjata membuat para penggemar serial Marvel terpukau.

 

Hawkeye (foto: scrdn.com)

3. Hawkeye

Sebagai Hawkeye, Clint Barton tidak memiliki kemampuan super seperti pahlawan super lainnya. Clint hanyalah seorang manusia biasa yang jago bela diri dan memanah. Saat ia bergabung dalam Avenger, Clint dilatih oleh Steve untuk mengembangkan bakat bela dirinya. Akhirnya, sekarang Hawkeye memiliki kemampuan memanah yang luar biasa. Hawkeye mengembangkan panahnya dengan tali, bom asap, dan granat.

 

Falcon (foto: sideshowtoy.com)

4. Falcon

Samuel Wilson lahir di Harlem, New York. Sejak kecil, ia sangat menyukai burung dan memelihara banyak burung. Waktu akhirnya ia bergabung dengan angkatan udara AS, ia diberikan kendali atas peralatan eksperimental canggih miliki militer AS, yaitu sayap mekanik yang membuat pasukan angkatan udara dapat terbang di udara seperti burung. Namun penggunaannya sempat dihentikan karena memakan banyak korban. Falcon akhirnya mendapatkan sayapnya kembali setelah mendapat bantuan Captain America yang juga mengajaknya bergabung dalam The Avenger.

 

Spider-Man di Civil War (foto: vox-cdn.com)

5. Spider-Man

Kemunculan Spiderman sebagai anggota Avengers di film Captain America: Civil Wars emang mengejutkan. Sebab, meskipun sama-sama pahlawan super yang berasal dari Marvel, Spidey memang lebih terkenal dengan aksi solonya. Dalam Civil War, Spider-Man berada dalam kubu Iron Man karena Tony lah yang mengajak Spidey untuk bergabung dalam The Avenger. Dengan bantuan Tony Stark juga, spidey mendapat berbagai pengetahuan baru seputar alat jaring laba-laba dan teknologi senjata lainnya. Hal itu membuat mereka berdua sangat cocok.

 

The Vision (foto: superherostuff.com)

6. The Vision

Vision merupakan robot ciptaan Tony Stark yang pembuatannya dibantu oleh Bruce Banner. Ia diciptakan dengan batu yang berasal dari dunia Thor. Dalam film, ia diceritakan membantu para Avenger melawan Ultron. berkat suntikan tenaga dari batu yang ada di kepalanya, Vision punya kekuatan super yang luar biasa. The Vision adalah satu-satunya anggota The Avenger yang bisa mengangkat palu Mjolnir milik Thor. Wajar jika banyak yang berspekulasi kalau tokoh satu ini punya kekuatan yang mirip dengan para dewa.

 

Scarlet Witch (foto: ytimg.com)

7. Scarlet Witch

Scarlet Witch atau Wanda Maximoff adalah anggota Avengers yang dikagumi sejak pertama kali kemunculannya. Hal ini karena Wanda mempunyai kekuatan unik dan sangat variatif dalam penggunaannya. Wanda mampu memanipulasi keadaan serta kejadian yang terjadi di sekitarnya, termasuk melakukan telekinesis. Dengan kekuatan yang cenderung magis ini, Ia bisa dengan mudah menghipnotis dan menguasai pikiran orang lain. Wajar kalau Scarlet Witch akhirnya dianggap sebagai salah satu anggota Avengers paling berbahaya.

 

Quicksilver (foto: postimg.org)

8. Quicksilver

Pietro Maximoff merupakan saudara dari Wanda Maximoff. Awalnya, mereka berdua adalah mutan yang berada dalam kubu Ultron untuk membunuh para Avenger karena dendamnya pada Tony Stark. Namun, setelah mengalami berbagai kejadian, mereka justru berpindah kubu dan bergabung dengan the Avengers. Quicksilver sendiri memiliki kekuatan berlari cepat melebihi kecepatan suara. Dengan kecepatan itu dia juga memiliki kemampuan berlari diatas air dan membuat angin topan.

 

Nah, menarik kan? Well, buat kamu yang suka sama karakter superhero besutan Marvel, kayaknya kamu wajib banget nonton serial Iron Fist yang baru-baru ini mulai ditayangkan. Simak ulasan lengkapnya di halaman Zetizen ediisi Minggu (18/3)

 

Editor: Bogiva

Share
Create Your Own Article!