Rekomendasi Tryout Online
Tryout Online (Foto: PRN Healthcare)

Zetizen.com – Kalau kamu biasanya cuma ikut tryout offline yang diselenggarakan lembaga bimbingan belajar atau universitas, coba tryout online juga deh! Selain cepat, murah, dan gampang diakses, tryout online dianggap cukup efektif lho. Biar nggak bingung, simak beberapa rekomendasi website penyedia tryout online terbaik berikut ini.

Tryout.id

Halaman Depan TryOut.Id

Website ini menyediakan beragam jenis tryout. Mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK, sampai SBMPTN, SIMAK UI dan USM ITB. Bahkan, tryout untuk TOEFL, tes CPNS, tes Sekolah Kedinasan, dan tes Perbankan/BUMN juga ada. Lengkap kan? Selain kumpulan soalnya lengkap, loading website ini tergolong cepat. Selain itu, ada bagian pembahasan soal yang bikin kamu paham jawaban mana yang benar. Sayangnya, ada beberapa tipe soal yang nggak update seperti soal UN Bahasa Indonesia SMA yang cuma menyediakan soal tahun 2005-2009 aja.

Langkah Mengakses:

  • Buka www.tryout.id dari HP/PC.
  • Klik Registrasi, lalu isi data diri.
  • Setelah berhasil, klik Member Login dan isikan e-mail dan password yang digunakan untuk registrasi.
  • Kamu akan diarahkan langsung ke bagian Member. Cari dan klik Kelompok Soal dan pilih jenis ujian yang kamu mau.
  • Isi soal-soal yang diberikan dan hasilnya akan muncul setelah kamu selesai mengerjakan.

Tryout UN Online

Halaman Depan Try Out UN Online

Website Tryout UN Online ini menyediakan deretan soal-soal mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, sampai SMK. Asyiknya, kita nggak perlu ribet registrasi. Cukup klik soal yang kamu mau, maka soal itu akan langsung terbuka di depanmu. Website ini juga menyediakan pembahasan soal serta arsip materi pelajaran yang bisa dibaca dan dipelajari. Asyiknya, soal-soal di sini bisa di-download (dengan format .apk). Tapi, kesabaranmu akan diuji karena ada banyak iklan yang mengganggu plus loading website yang agak lama. Soal yang tersedia pun cuma 15 butir per kategori.

Langkah Mengakses:

  • Buka www.tryoutunonline.com.
  • Pilih jenis soal yang kamu mau.
  • Isi soal-soalnya dan hasil akan muncul setelah selesai dikerjakan.

Hival

Halaman Depan Hival

Beda dengan dua website sebelumnya, penyedia tryout online ini terlihat lebih youth dan fun! Desainnya yang ceria sekaligus simpel bikin mata kita betah melihat lama-lama. Oh ya, soal-soal tryout di sini khusus untuk jenjang SD, SMP, dan SMA aja ya. Untuk versi tanpa registrasi, ada sembilan contoh soal untuk tiap jenjang. Kalau kamu mau versi lengkap, mending langsung daftar aja. Tanpa dipungut biaya kok! Asyiknya pakai situs ini adalah proses loading website yang tergolong cepat, ada timer untuk memonitor waktu pengerjaan kita, serta nilai yang langsung muncul setelah kita selesai mengerjakan soal. Tapi, kekurangannya adalah kumpulan soal beberapa mata pelajaran perlu di-update.

Langkah Mengakses:

  • Buka www.cbt.hasama.co.id dan klik Daftar.
  • Pilih Daftar Murid. Lalu, isi data diri dengan benar.
  • Setelah menjadi member Hival, kita akan diarahkan ke Dashboard. Kalau ingin langsung mulai, klik Lihat Bank Soal. Di sini ada berbagai mata pelajar yang bisa dicoba. Misalnya, mata pelajaran dasar (Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris), dan PKN, Seni Budaya, Sejarah, serta Agama. Lengkap!
  • Kalau ingin mengerjakan tryout online, klik Lihat Kumpulan Set Soal.

Try Out SBMPTN 2017

Halaman Depan Try Out SBMPTN 2017

Dari namanya aja sudah jelas kalau website ini khusus tryout online SBMPTN 2017. Ada beberapa tipe tryout yang disediakan, yaitu tryout Saintek, Soshum, dan Campuran. Tapi, untuk mengakses soal-soal tryout itu, kita harus membayar mulai dari Rp 50 ribu-Rp 130 ribu. Semakin besar nilai uang yang kita bayarkan, semakin komplit pula paket tryout online yang kita dapatkan. Nggak perlu khawatir situs ini abal-abal karena ada puluhan testimoni positif dari pelajar-pelajar yang sudah mengikuti tryout SBMPTN online dari website ini. Setelah membayar dan mendapat konfirmasi, kamu bisa langsung mengerjakan tryout online-nya.

Langkah Mengakses:

  1. Buka www.tryoutsbmptn2017.com.
  2. Scroll ke bawah dan isi Form Order SBMPTN Online. Setelah itu, klik Submit.
  3. Website akan ter-direct langsung ke bagian Cara Melakukan Pembayaran.
  4. Ikuti langkah-langkah yang disediakan dan lakukan pembayaran.
  5. Setelah itu, lakukan konfirmasi via sms sesuai format.
  6. Tunggu verifikasi dari admin untuk mendapat link dan password.
  7. Setelah itu, kamu bisa langsung mengerjakan tryout sesuai jadwal.

Tryout Pancabudi

Halaman Depan Tryout Pancabudi

Lembaga perguruan tinggi seolah nggak mau kalah dalam menyediakan tryout online. Yap, salah satunya seperti yang dilakukan Universitas Pembangunan Panca Budi Medan ini. Mereka menyediakan tryout untuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan Umum (ada juga soal-soal khusus SBMPTN). Kunjungi saja websitenya. Ada 40 sampai 75 soal tiap kategori. Cukup banyak kok buat mengasah kemampuanmu! Tertarik? Ikuti langkah-langkah berikut ya!

Langkah Mengakses:

  • Buka laman www.tryout.pancabudi.ac.id.
  • Klik Daftar dan isi data diri dengan benar.
  • Setelah mendaftar, kamu akan diberi Username dan Password. Gunakan untuk Log In.
  • Pilih soal tryout yang kamu inginkan dan selamat mengerjakan!

Oh ya, menurutmu, apa kekurangan tryout offline selama ini? Share di komentar ya.

Baca juga di halaman Zetizen besok (21/3):

  • Realita tryout yang diwajibkan sekolah. Apakah benar-benar pengaruh?
  • Keuntungan dari mengikuti tryout.
  • Kelemahan dari tryout online.

| Editor: Ratri Anugrah

Share
Create Your Own Article!