Cosplay Harley Quinn dan Joker (Foto: gamespot)

Zetizen.com – Waktu melihat cosplayer mirip karakter aslinya, kita yang bukan cosplayer handal pasti berpikir kalau membuat kostum itu susah banget. Padahal, ternyata ada kok cara membuat kostum cosplay yang mudah dan murah. Nih, ada beberapa rekomendasi DIY kostum cosplay yang bisa kamu buat sendiri. Selamat mencoba!

Membuat Darah

Dalam beberapa kostum cosplay, ada beberapa detail yang nggak boleh dilewatkan. Misalnya, darah. Sebenarnya, membuat efek darah gampang banget lho. Kamu cuma butuh pewarna makanan, tepung maizena, dan air. Untuk perbandingannya, yaitu satu 1 (pewarna) : 1/2 (tepung maizena) : 2 (air). Kalau masih kental, kamu bisa menambahkan air lagi.

(Foto: King Pinga)

Membuat Pedang

Beberapa karakter dari anime sampai superhero Amerika ada yang butuh pedang. Untuk membuatnya, kamu cuma butuh pipa PVC buat pegangan pedang, kardus buat lapisan luarnya, dan yang foam buat mengatur ketebalan. Setelah itu, buatlah sketsa dan rakitlah dengan lem tembak atau lem plastik. Buat pedang kecil, lebih baik gunakan kardus tipis seperti kardus pizza atau sereal. Buat pedang lebih besar, gunakan kardus mie atau cardboard supaya pedangnya nggak letoy. Bakal lebih mantep kalau finisihing-nya pakai cat ya!

(Foto: deviantart)

Membuat Helm

Sama seperti membuat pedang, membuat helm cuma butuh kardus aja kok. Tapi, buat beberapa karakter seperti tokusatsu atau superhero Amerika, biasanya foam digunakan untuk membuat kerangka. Setelah itu, kerangka dilapisi cardboard atau kardus tipis untuk membentuk helm yang diinginkan.

(Foto: YouTube)

Membuat Rambut

Meski beberapa orang memanfaatkan rambut aslinya saat cosplay, ada juga yang memakai wig. Hal ini lebih aman buat rambutmu lho! Kalau kamu cuma suka cosplay satu karakter, beli aja satu wig sesuai karakter itu. Tapi, kalau suka ganti-ganti karakter, belilah tiga jenis wig. Yaitu, pendek, panjang sebahu, dan panjang sepinggang. Beli aja yang warna hitam. Lalu, beli cat rambut spray yang gampang dicuci. Dengan begini kamu lebih hemat!

(Foto: Pinterest)

Punya karya DIY menarik? Let us know! Siapa tahu DIY ala kamu layak masuk Zetizen.com

| Editor: Ratri Anugrah

 

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!