Zetizen.com – Selain punya motor, tentu seorang crosser dituntut harus siap dengan segala medan di tiap pertandingannya. That's why, beberapa dari mereka sering melakukan latihan untuk memantapkan skill dan setting motornya. Nah, buat kamu yang butuh referensi spot latihan, berikut 4 spot latihan motorcross yang bisa kamu coba di Indonesia. Let's find out!

Sirkuit Kelud, Kediri

foto: instagram

Berlokasi di Kediri, sirkuit yang satu ini memiliki spot yang sangat asik dan gokil dibuat latihan. Pasalnya, sirkuit ini terbentuk alami dari abu vulkanik gunung kelud. Selain itu, sirkuit dengan tanjakan dan tikungan sepanjang 2km ini juga menawarkan pemandangan yang sangat bagus. Dijamin, bakal bikin kamu makin ketagihan main disini, deh. By the way, sirkuit ini juga udah bertaraf nasional, loh!

Sirkuit Limo, Cinere

foto: Blogspot

Dengan waktu tempuh 1,5 jam dari Jakarta, spot latihan yang terletak di Cinere, Depok ini selalu ramai di akhir pekan. Soalnya, kamu bisa datang ke Track limo lebih cepat jika dibanding harus ke Puncak, Bogor. Nah, track yang satu ini memiliki spot yang sering membuat para crosser harus ekstra hati-hati. Sebab, banyak cekungan track sebelum belokan yang sangat kecil hingga footstep bisa terserempet. Bahkan terkadang crosser yang udah profesional pun kesulitan. So, tetap harus hati-hati, ya!

Sirkuit Tambakrejo, Sleman

foto: Blogspot

Selain terkenal dengan seni dan budayanya, Jogjakarta juga sangat berperan dalam melahirkan atlet motorcross. Nah, lokasi andalan para crosser adalah Sirkuit Tambakrejo atau yang lebih dikenal dengan Pajero (penak jobo jero). Sirkuit ini tepatnya berada di Sleman, Jogjakarta. Dengan lahan seluas 5 hektar, para crosser dimanjakan dengan sirkuit berlahan tanah liat. Tantangan akan makin terasa jika track basah akibat hujan. FYI, sirkuit ini menjadi tempat diselenggarakannya Kejuaraan Nasional Motocross 2017 pada 11 Maret lalu, loh!

Dirt Bike Track, Bali

foto: Pegipegi

Bosan latihan dengan track yang gitu-gitu aja? Dirt Bike Bali mengajak kamu latihan motocross dengan cara unik. Dengan konsep tour, kamu diajak berkeliling di beberapa spot pilihan kamu. Diantaranya ada Batur Volcano Ride, Nusa Dua Enduro Tours, Rain Forest Day Ride, Pekutatan Enduro Tours, dan Bali Enduro Half Ride. Kamu diharuskan membayar Rp 500 ribu untuk per arenanya. Oiya, buat yang nggak punya motor, disini juga disediakan pinjaman motocross kok

 
Mau tau lebih banyak mengenai motocross dan step gimana caranya menjadi motor crosser? Jangan lupa baca halaman Zetizen Jawa Pos besok (28/3), ya!

 

Editor: Fanny Kurniasari

Share
Create Your Own Article!