Are You a Zetizen?
Show Menu

Jadi Cosplay Maker sejak SMA, Karya Yuda Dijual Sampai Luar Negeri

Zetizen Zetizen 28 Mar 2017
Jadi Cosplay Maker sejak SMA, Karya Yuda Dijual Sampai Luar Negeri

Zetizen.comCosplay bukan sekadar kostum imut nan cantik atau kostum monster menyeramkan. Ada juga cosplay armor dengan tingkat kerumitan tinggi seperti cosplay Kamen Rider sampai Bumble Bee. Jenis cosplay itulah yang digeluti Yuda Indra Putra sebagai desainer cosplay. Dia mulai tertarik dengan dunia cosplay sejak kecil. Bahkan, saat SMA, Yuda sering membuat berbagai kostum rumit.

"Awalnya tertarik karena dari kecil suka budaya Jepang, terutama dari tayangan TV. Aku paling suka sama Kamen Rider. Waktu kecil, aku selalu ngebayangin gimana kalau aku yang berubah? Pas SMP, aku mulai kenal dunia cosplay dimana orang-orang pakai kostum dan menjadi karakter yang mereka suka," cerita mahasiswa jurusan ilmu komputer di Universitas Lampung ini.

Yuda dengan kostum Bima Satria Garuda

 

Yuda melanjutkan, kostum full set pertama yang dia buat yaitu Kamen Rider OOO (Oz) saat dia kelas X. Cowok yang masih berusia 20 tahun ini mengaku kalau jadi cosplay maker itu sebenarnya cukup sulit. Tapi, berkat kerja kerasnya, dia berhasil dan membuka jasa pembuatan kostum cosplay. Nggak tanggung-tanggung, pembelinya ada yang dari luar negeri!

"Ya nggak langsung bisa. Banyak gagalnya juga karena minim pengetahuan. Tapi, setelah banyak mencoba, alhamdulillah bisa. Aku manfaatin buat buka usaha. Namanya Yuda Rider Costume Shop yang khusus untuk cosplay armor, lebih tepatnya Kamen Rider. Pembelinya juga ada yang dari Malaysia. Dia beli kostum Kamen Rider Decade," katanya.

Bahan dasar pembuatan kostum yang sering digunakan Yuda adalah eva foam, kulit sintetis, dan kain. Dia mendapatkannya di toko kulit dan tekstil. Bahan lainnya yaitu cat dan pernak-pernik sesuai kebutuhan. Sedangkan waktu pengerjaan satu buah kostum bisa memakan waktu 2–4 minggu, tergantung tingkat kerumitan. Sayangnya, kesibukan kuliah membuat Yuda nggak bisa menghasilkan kostum dalam jumlah besar. ”Aku kan ngejalaninnya sendiri. Aku juga harus membagi waktu sama kuliah. Jadi, sebulan aku cuma menerima 2–3 pesanan aja. Kalau untuk harga, tergantung kerumitan,” jelasnya.

 

Proses pembuatan kostum Kamen Rider Kaixa

 

Dalam membuat kostum, Yuda juga punya idola yang selalu menginspirasinya. Mereka adalah Mas Amin dan Ying Tze. Keduanya dinilai sangat apik dalam merancang kostum cosplay. Selama menjadi cosplay maker, Yuda sudah menghasilkan berbagai macam kostum. Misalnya, serial Kamen Rider (Kamen Rider Kuuga, Agito, Ryuki, Faiz, Kabuto, Oz, Decade, Joker, Zangetsu dan lainnya) dan serial anime seperti Shingeki No Kyojin 3dmg serta Mask Kaneki Ken dari Tokyo Ghoul. Wow!

 

| Penulis: Sandia Reka (Zetizen Lampung)

RELATED ARTICLES

Please read the following article