Zetizen.com - Pasti kamu udah nggak asing dengan novel Dear Nathan, kan? Yap, novel romance best seller ini sudah memiliki pembaca lebih dari 20 juta orang di aplikasi wattpad. Bahkan, novel ini udah dibuat filmnya juga, loh. But, siapa yang sangka. Kesuksesan novel ini ternyata diraih seorang remaja perempuan yang bahkan belum genap berusia 20 tahun! Awesome!

Erisca Febriani (Credit: Yusuf Khadafi/Zetizen Lampung)

Yap, dialah Erisca Febriani. Gadis cantik asal Lampung ini namanya semakin dikenal dalam dunia sastra tanah air. Erisca, sapaan akrabnya, sempat berbagi kisahnya pada Zetizen Lampung. Dia bercerita mengenai kisah dalam novelnya yang fenomenal. "Dear Nathan ini kisah anak SMA yang 70% ceritanya nyata di sekolah aku. Kisahnya seputar Salma, seorang gadis kaku dan belum pernah pacaran. Dia ketemu dengan Nathan, seorang siswa berandalan yang langsung mengalami love at the first sight sama Salma,” ujar gadis kelahiran 25 Maret 1998. Selain drama anak sekolahan, ada juga konflik persahabatan dan konflik keluarga. Makanya, banyak pembaca dari kalangan remaja yang merasa dekat dengan kisah dalam novel ini.

Erisca mulai menulis secara profesional saat duduk di bangku kelas 2 SMP. "Tulisan awal yang aku buat aku share ke temen-temen sekolah. Ternyata responnya bagus dan mereka kasih motivasi untuk terus nulis,” ujarnya. Sebelum dikenal melalui aplikasi wattpad, Erisca menggunakan jejaring sosial Facebook untuk menyalurkan tulisannya. Ketika sudah lulus SMA, dia baru mulai menulis melalui wattpad. "Nah, waktu itu respon dari pembaca bagus banget sampai ada yang nayaranin untuk diterbitin,” lanjutnya.

 

Erisca saat berkunjung dan ngobrol santai dengan tim Zetizen Lampung (Credit: Yusuf Kadhafi/Zetizen Lampung)

 

Akhirnya Erisca memulai mencoba menerbitkan novelnya. Untuk jalur awal, dia mencoba self-publishing. Alih-alih terbit, Erisca justru ditipu. Namun, pada penerbit ketiga akhirnya dia berhasil mencetak novel pertamanya. Novelnya yang menjadi best seller pun mulai dilirik beberapa production house untuk diangkat ke layar lebar.  Di film Dear Nathan, Erisca terlibat langsung dalam pembuat skenario dan juga casting pemilihan tokohnya. Penulis yang mengidolakan Jane Austin ini mengaku, bangga dengan pencapaian yang bisa diraihnya di usia muda. "Di saat anak-anak lain seusia aku menghabiskan waktu buat senang-senang, aku sudah punya sesuatu yang berguna buatku ke depan. Ibaratnya aku udah punya bekal yang bakal aku kembangin terus," ujar alumni SMA Muhammadiyah 2 Bandarlampung ini.

 

Foto: Wattpad

Next project, Erisca akan membuat kumpulan cerpen bergambar dan melanjutkan sekuel dari Dear Nathan. Kesibukannya menjadi penulis ternyata nggak mengganggu prestasi akademiknya, loh. Bahkan Erisca berhasil masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur undangan. Tepatnya di Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Wih! Erisca juga berpesan kepada penulis pemula untuk nggak ragu menerbitkan karyanya.

"Untuk penulis pemula, jangan takut sebelum mencoba. Kalau takut untuk mengirim ke penerbit, bisa dimulai di sosial media. Menulis sendiri bukan bakat, tapi kerja keras yang diasah bertahun-tahun. Jangan takut untuk memulai sesuatu, menulis itu hak siapa saja," pungkasnya.

 

Written bySandia (Tim Zetizen Lampung)

Editted by: Fanny Kurniasari

 

Share
Create Your Own Article!