Zetizen.com – Forbes baru saja membuat gebrakan baru dengan merilis daftar Top 10 Beauty Influencer. Biasanya, majalah bisnis dan finansial ini ya hanya mencakup dunia bisnis aja. Tapi, tahun ini Forbes merilis Top Influencer Global List yang meliputi berbagai bidang. Mulai dari olahraga, komedi, gaming, travel, sampai beauty.

‘‘Bertahun-tahun kami sudah membuat peringkat untuk ‘artis tradisional’. Tapi tahun ini, kami memutuskan untuk mengapresiasi mereka yang berhasil meraih popularitas bahkan kekayaan lewat media sosial dan platform online lain,’’ ujar Clare O’Connor, salah seorang staff writer Forbes.

Inilah 10 Beauty Influencer paling berpengaruh versi Majalah Forbes:

#1 Zoe Sugg

Zoe Sugg Top 10 Beauty Influencer 2017 Versi Forbes
Foto : Aitinesia

Fashion and beauty YouTuber asal Inggris ini memulai karir online-nya sejak Februari 2009. Awalnya, dia terjun sebagai beauty blogger. Nggak sampai setahun, blog milik Zoe berhasil memiliki ribuan followers dan lebih dari 540 juta visitors.

Akhirnya, dia melebarkan sayap ke YouTuber. Lewat akun Zoella, cewek berusia 27 tahun ini berhasil mendapat lebih dari 11,6 juta subscribers. Kontennya fokus pada fashion dan beauty haul. Zoe juga menulis novel berjudul Girl Online yang berhasil memecahkan rekor penjualan dalam minggu pertama lho!

#2 Michelle Phan

Michelle Phan Top 10 Beauty Influencer Forbes 2017
Foto : thinkwithgoogle

Memulai karir online sejak 2005, Michelle dikenal sebagai makeup demonstratror sukses di YouTube. Lewat akunnya yang bernama Ricebunny, Michelle identik dengan konten makeup tutorial yang keren. Namanya semakin viral sejak BuzzFeed memfitur beberapa tutorial yang dia buat pada 2009 dan 2010. Alhasil, dia berhasil memiliki lebih dari 8 juta subscribers.

Nggak cuma itu, Michelle juga melebarkan sayap sebagai enterpreneur. Dia merupakan co-founder sebuah produk kosmetik bernama Ipsy. Tercatat keuntungan produk itu mencapai USD 500 juta pada 2015. Benar-benar contoh kesuksesan yang dirintis dari ranah online ya!

#3 Huda Kattan

Huda Kattan Top 10 Beauty Influencer Forbes 2017
Foto : carmencitta

Huda merupakan beauty blogger sekaligus enterpreneur asal Dubai. Memulai karir blogging pada 2010, awalnya Huda seorang pekerja di bidang finance yang nggak menikmati pekerjaannya. Oleh karena itu, dia terjun ke dunia beauty blogger.

Bersama dua saudaranya, Huda mulai membuat konten blog berisi ‘‘pengawasan’’ terhadap beberapa brand makeup, termasuk brand milik Kim Kadarshian. Blogger yang sering dibandingkan-bandingkan dengan Kim K ini juga punya makeup line bernama Huda Beauty. Produk ini sudah dijual di Sephora.

#4 Nikkie de Jager

Nikkie de Jagger Top 10 Beauty Influencer Forbes 2017
Foto : nikkietutorials

Nikkie merupakan makeup artist asal Belanda yang sukses banget di ranah online. Akun Instagram-nya (@nikkietutorials) aja punya followers lebih dari 7,2 juta. Hal ini nggak lepas dari video makeup tutorial yang mulai diunggah sejak 2008.

Pada Maret 2017, Nikkie berkolaborasi dengan professional line Ofra dan ikut menginovasi produk liquid lipstick dan mendesain highlighter palette. Psst… Nikkie juga seorang YouTuber sukses lho. Dia dikenal dengan glowy makeup-nya dan sudah punya subscribers lebih dari 6,6 juta.

#5 Shannon Harris

Shannon Harris Top 10 Beauty Influencer Forbes 2017
Foto : shaaanxoblogs

Berasal dari negeri Kiwi, New Zealand, Shannon layak disebut sebagai digital star. Dikenal dengan nama Shaaanxo, Shannon memulai karir vlogging sejak 2009. Awalnya, aktivitas ini cuma buat mengisi waktu luang. Dia pun menjadi para beauty YouTubers Amerika sebagai inspirasi.

Sukses sebagai vlogger, Shannon terjun ke bisnis kosmetik. Dia punya beauty brand bernama xoBeauty yang menjual produk bulu mata sampai brush. Nggak tanggung-tanggung, Shannon juga bekerjasama dengan perusahaan besar seperti Clinique dan Smashbox Cosmetic!

#6 Jeffree Star

Jeffree Star Top 10 Beauty Influencer Forbes 2017
Foto : Youtube

Nggak seperti kebanyakan online influencer yang baru sukses di medsos (Instagram atau YouTube), Jeffree justru sudah terkenal secara online sejak era MySpace! Hal ini dimulai saat dia melihat banyak orang meniru makeup yang dia pakai.

Di masa yang lebih modern, Jeffree sukses sebagai beauty YouTuber. Saat ini, dia punya lebih dari 4 juta subscribers dan banyak berkolaborasi dengan influencer lain seperti Manny Gutierrez. Jeffree juga punya cosmetic line yang dikenal dengan liquid lipstick yang cruelty-free lho!

#7 Kandee Johnson

Kandee Johnson Top 10 Beauty Influencer Forbes 2017
Foto : prettyuglylittleliar

Kandee masuk dalam Top 10 Influencer List karena pengaruhnya yang besar di dunia makeup artist. Uniknya, Kandee memulai karir vlogging bukan dengan cara fancy. Sebaliknya, dia justru pertama kali membuat video menggunakan kamera lawas milik kakeknya.

Dari situ, kesuksesannya semakin nggak terbendung. Dia membuat sebuah program seminar kecantikan bernama Glaminars yang dia upload di channel YouTube-nya. Produk nail polish buatan Kandee yang bernama Sinful Colors juga jadi salah satu brand super populer yang dijual dimana-mana.

#8 Manny Gutierrez

Manny Gutierrez Top 10 Beauty Influencer Forbes 2017
Foto : Huffingtonpost

Pernah berkolaborasi dengan Jeffree Star, Manny juga masuk dalam Top 10 Beauty Influencers versi majalah Forbes. Manny merupakan salah satu contoh nyata kalau industri kecantikan nggak memandang gender.

Uniknya, dulu Manny adalah siswa kedokteran. Tapi, dia lebih memilih untuk memanfaatkan media sosial buat memperkenalkan makeup ala pria. Dengan username MannyMUA, dia berhasil mendapatkan 3,5 juta followers di Instagram. Saking uniknya sebagai MUA cowok, Manny pun jadi ambasador Maybelline. Hebat!

#9 Christen Dominique

Christen Dominique Top 10 Beauty Influencer Forbes 2017
Foto : Youtube

Kesibukan nggak menghalangi niat Christen untuk berkiprah di dunia digital. Sebagai seorang ibu yang juga sekolah dan punya pekerjaan tetap, dia merintis karir vlogging di YouTube sejak 2009. Di sela-sela kesibukannya, dia menuruti permintaan teman-temannya untuk membuat video makeup agar bisa ditiru.

Nggak disangka, hal itu membuahkan kesuksesan. Dengan lebih dari 4 juta viewers, saat ini Christen banyak bekerjasama dengan brand-brand kosmetik ternama. Termasuk L’Oreal, Sephora, sampai Urban Decay. 

#10 Wayne Goss

Wayne Goss Top 10 Beauty Influencer Forbes 2017
Foto : Youtube

Another male beauty influencer. Wayne merupakan makeup artist yang populer di YouTube sejak 2009. Puncak kejayaannya dimulai pada 2012 saat dia membuat video tutorial How to Highlight and Contour Like Kim Kadarshian. Video ini berhasil ditonton sebanyak lebih dari 11 juta views dan membuat nama Wayne semakin populer. Nggak ketinggalan, Wayne juga bekerja sama dengan brand Beautylish yang membuat berbagai produk brushes sejak 2013.

Siapa beauty influencer favoritmu?

 

| Editor: Ratri Anugrah

Share
Create Your Own Article!