Are You a Zetizen?
Show Menu

Buat yang Suka Baca Buku, 4 Perpustakaan Jalanan Ini Bakal Bikin Kamu Lupa Waktu

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 25 Apr 2017
Buat yang Suka Baca Buku, 4 Perpustakaan Jalanan Ini Bakal Bikin Kamu Lupa Waktu

Zetizen.com – Ngerasa nggak sih, teknologi yang makin canggih bikin kamu, kita, dan banyak anak muda lain jadi makin malas baca buku? Belum lagi pengaruh-pengaruh buruk dari sinetron bertema aneh-aneh yang sekarang lagi banyak banget di TV. Ah, makin-makin deh tuh bikin banyak orang malas baca. Padahal, sama halnya dengan nonton film atau melihat-lihat gambar, membaca itu juga nggak kalah seru loh. Makin seru lagi, karena sekarang banyak banget perpustakaan jalanan dengan koleksi buku-buku keren yang bisa kamu akses dengan gratis! Kayak gini nih misalnya.

 

 

 

Pepustakaan Jalanan Akar Rumput

Pepustakaan Jalanan  Akar Rumput

Berada di sekitaran Tugu Jogja, Perpustakaan Jalanan besutan Akar RUmput menjadi sarana menambah ilmu di malam minggu. (Blogspot)

Digelar di tepi jalan Tugu Jogja tiap malam minggu, perpustakaan yang didalangi oleh komunitas Akar Rumput ini menjadi penebar virus membaca buku di malam hari. Diberi nama Akar Rumput, perpustakaan jalanan ini didirkan oleh mahasiswa Pasca Sarjana UGM yang ternyata sama-sama suka membaca buku.

Ide mendirikan perpustakaan ini muncul saat mereka memutuskan untuk beraksi positif. Iya, daripada cuma nongkrong di angkringan menghabiskan waktu, mendingan bikin hal yang berguna kan? Nah, dari situlah perjalanan Perpus jalanan Akar Rumput dimulai. Seiring waktu, perpustakaan ini pun makin terkenal karena bukunya bisa dipinjam siapa saja langsung ditempat dan tanpa biaya apapun. Saking terkenalnya, perpus jalanan Akra Rumput sekarang udah bekerja sama dengan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Yogyakarta untuk program perpustakaan jalanan. 

Meski namanya perpus jalanan, koleksi bukunya ternyata sangat lengkap. Cocok deh buat penggemar buku jenis apapun.

Perpustakaan Jalanan Solo

Perpustakaan Jalanan Solo

Perpustakaan Jalanan Solo menjadi pemanis para pengunjung Car Free Day di sepanjang jl.slamet riyadi (Blogspot)

Di kota-kota besar Indonesia, car free day emang jadi momen buat penduduk kota buat sejenak menikmati keadaan kota tanpa diganggu lalu lalang kendaraan. Nah, di kota Solo, keadaan fresh saat car free day ini diramaikan sebuah perpustakaan jalanan yang punya koleksi buku lumayan lengkap.

Denagn misi meningkatkan minat baca anak-anak Indonesia, khususnya Solo, anggota komunitas Perpustakaan Jalanan Solo menyediakan berbagai buku untuk dibaca secara gratis. Mulai dari novel, buku kesenian, sejarah, cerita pendek (cerpen), jurnal, cerita bergambar (cergam), hingga buku pelajaran sekolah, semua ada! Jadi nggak heran kalau pengunjung yang datang menikmati perpustakaan satu ini pun usianya beragam. Dari anak kecil sampai orang dewasa, semuanya sibuk menikmati buku kesukaan masing-masing.

Perpustakaan Jalanan Bandung

Perpustakaan Jalanan Bandung

meski sempat mendapatkan konflik dengan petugas keamanan, Perpustakaan Jalanan Bandung tak ingin berhenti untuk meningkatkan minat baca warga Bandun (Rappler)

Nggak cuma dikenal sebagai kota penghasil anak muda yang cantik dan ganteng-ganteng, Bandung ternyata juga sangat mendukung anak mudanya untuk memiliki kepedulian yang tinggi. Salah satunya, dengan membuat aksi positif kayak perpustakaan jalanan.

Terletak di Taman Cikapayang, Dago, perpustakaan ini punya ratusan koleksi yang boleh dinikmati siapapun yang mampir ke kios mereka. Nggak heran, kalau tiap perpustakaan ini buka di malam minggu, puluhan anak muda yang haus membaca pun datang dan menghabiskan waktu mereka disana. Saking populernya, mereka bahkan memiliki sebuah tagline yang sangat unik, yaitu ''Matikan TV dan Mulailah Membaca!''. Kerennya lagi, meski sempat terjadi konflik dengan aparat, Perpus ini tetap jalan kok. Bahkan peminatnya makin meningkat setelah ada kejadian tersebut. Saik, kan?

LISO Unair

Selain aktif menjalankan pertunjukan teatrikal dan seni yang penuh nuansa sejarah, Lingkaran Solidaritas Unair atau LISO juga aktif meminjamkan buku untuk para mahasiswa maupun pengunjung di pelataran Kampus B Universitas Airlangga. Buku yang mereka sajikan bukan hanya bacaan novel atau cerpen loh. Banyak buku langka yang bahkan dulunya pernah dilarang beredar di pasaran kayak Sederet buku karya Pramudya Ananta Toer juga tersedia. Selain itu, LISO juga sering mengikuti berbagai acara seni guna membuat taman baca mini di acara tersebut.

nah, itu dia beberapa perpus jalanan yang bakal asik banget kalau kamu kunjungin. Yuk membaca!

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article