Naya Slime
Ulang Tahun Naya Ke-10 (Foto: Instagram)

Lampung, Zetizen.com - Baru enam hari lalu, Almeyda Nayara Alzier berusia 10 tahun. Di umurnya yang masih sangat muda, prestasinya sangat membanggakan, bahkan melebihi orang dewasa! Salah satunya adalah dengan mendapatkan penghargaan Silver Play Button dari YouTubesebuah penghargaan bergengsi bagi para YouTuber. Penghargaan itu sukses diraih Naya (panggilan akrabnya) berkat usahanya sebagai pengusaha slime.

’’Jadi, waktu entrepreneur day di sekolah, semua siswa diwajibkan membawa barang apa saja yang bisa diperjual-belikan. Nah, teman-temanku banyak yang jual cokelat, makanan, dan alat tulis. Karena aku nggak mau jualan yang sama atau yang umum, jadi aku pilih jualan slime,” cerita Naya kepada Zetizen Radar Lampung.

Dari pengalaman di entrepreneur day itulah akhirnya gadis asal Lampung ini terjun ke dunia wirausaha. Setelah mantap berwirausaha, Naya pun memperluas area penjualannya. Kalau dulu cuma lewat entrepreneur day, sekarang produknya bisa dipesan online lewat Instagram @nayaslime18. Pembelinya datang dari berbagai penjuru Indonesia lho! ”Yang membeli hampir dari seluruh Indonesia. Bahkan sampai ke Papua, Makassar, Kalimantan. Pokoknya jauh-jauh,” lanjutnya.

Naya Slime
Produk Slime Naya (Foto: dok. Zetizen Lampung)

Uniknya, putri pasangan M. Alzier Dianis Thabranie dan Imelda Liana Sari ini termotivasi berwirausaha untuk membantu orang lain dengan hasilnya sendiri. Hasil penjualan slime dia pakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan sisanya ditabung. Lalu, 30 persen keuntungan tiap bulan disedekahkan kepada mereka yang kurang mampu dan lebih membutuhkan.

’’Aku suka kasihan dan sedih kalau lihat teman-temanku di luar sana yang nggak bisa sekolah, apalagi nggak punya baju layak pakai. Nah, itu jadi alasan terbesar aku untuk jualan. Aku ingin sedekah dengan uang aku sendiri. Jadi, aku jualan slime untuk bersedekah,” ujarnya.

Meskipun suka dunia slime dan dunia wirausaha, Naya nggak membatasi diri kalau ingin melebarkan sayap usaha di bidang lain. “Karena aku ingin jadi dokter yang juga amanah Datuk-ku, aku juga pengen jadi desainer karena aku suka menggambar dan mewarnai. Mama juga masukin aku ke tempat kursus  gambar dan mewarnai. Aku ngefans sama kak Dian Pelangi,” ungkapnya bersemangat.

Selain mendapat Silver Play Button dari YouTube, pada 2016 Naya juga mendapatkan penghargaan spesial dari Mom and Kids awards MNCTV untuk kategori anak hebat. “Setiap aku meet dan great di luar kota, pasti selalau ada yang bilang, 'Makasih Naya, kamu udah memotivasi dan menginspirasi aku.' Ungkapan itu bener-bener bikin bangga,” kenangnya.

Naya berpesan kepada anak-anak muda yang mau memulai berwirausaha buat nggak malu dan gengsi. “Harus berani memulai, nggak boleh malu dan gengsi. Terpenting jangan putus asa dan kalaupun gagal selalu coba lagi. Jangan pedulikan orang-orang yang  membuat kita down. Diemin aja,” pungkasnya.

| Ditulis oleh: Tim Zetizen Lampung

Share
Create Your Own Article!