Cara Unhack Sosial Media dengan Cara Sendiri
Foto : Medyamod

 

Zetizen.com – Sebagai media sosial yang paling banyak dipakai, Instagram rasanya udah jadi benchmark kekinian anak muda jaman sekarang. Iya, mulai dari yang cuma senang-senang, sampai yang cari uang, ada semua di Instagram. Keren kan? Sayangnya, popularitasnya yang begitu luas akhirnya bikin banyak hacker nggak bertanggung jawab yang sering mencoba membobol akun-akun milikmu. Dari akun-akun bernilai besar sampai akun user biasa pun bisa jadi sasarannya.

Gara-gara ini jugalah, jasa unhack akun pun bermunculan dimana-mana. Dengan membayar sejumlah uang, kamu bisa menyewa mereka buat mengembalikan akunmu. Meski begitu, kamu setidaknya tetap harus memberikan data-data akunmu ke si penerima jasa unhack itu. Nah, kalau kamu nggak mau datamu makin tersebar, sebenarnya bisa kok memperoleh kembali akses akunmu. Caranya, ikutin aja prosedur resmi dari Instagram berikut.

 

  • Akses Pusat Bantuan Instagram di Alamat help.instagram.com

 

Langkah Unhack Instagram 1
Tampak depan laman pusat bantuan Instagram 

 

  • Pilih Menu ‘Privacy dan Setting’ di Bagian Sebelah Kiri Layar

 

Langkah unhack Instagram 2
Menu Privacy and Safety Center ada di sebelah kiri halaman 

 

  • Pilih menu ‘Report Something’ --> 'Hacked Account' --> 'I Think My Instagram Account Has Been Hacked'

 

Langkah Unhack Instagram 3
Laporkan melalui menu 'Report Something'

 

Langkah Unhack Instagram 4
Menu hacked account ditujukan buat kalian yang punya keluhan masalah hacking 

 

Langkah Unhack Instagram 5
Ya, kamu merasa akunmu telah dihack!

 

  • Nantinya, akan ada dua pilihan. Kalau kamu masih bisa log in ke akun Instagrammu (belum benar-benar ke-hack), maka pilih menu ‘Secure The Account’. Tapi kalau kuma udah benar-benar nggak bisa mengakses akunmu, klik pilihan ‘Report It to Us’

 

Langkah Unhack Instagram 6
Kalau akunmu udah sama sekali nggak bisa diakses, pilih menu report ya!

 

  • Nah, selanjutnya tab/ halaman baru akan terbuka. Disini akan ada beberapa pertanyaan yang diberikan pihak Instagram. Isi dengan lengkap sesuai dengan kondisi akunmu ya.

 

Langkah Unhack Instagram 8
Isi semua pertanyaan dengan lengkap sesuai kondisi akunmu
  • Jika semua pertanyaan dan kolom sudah diisi, maka langsung pilih menu send/ kirim di bagian paling bawah. Laporanmu pun udah terkirim!

 

  • Ketika laporan udah terkirim, akunmu serta merta bakal langsung hilang dan nggak bisa ditemukan di kolom pencarian. Eits, tapi jangan panik dulu ya. Ini emang salah satu langkah pihak Instagram buat mengamankan akunmu kok.

 

Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Dihack
Jangan keburu panik kalau akunmu hilang! (Foto : Mashable)

 

  • Setelah laporan dikirim, maka rajin-rajinlah mengecek ke email yang udah kamu isikan di kolom-kolom pertanyaan sebelumnya.

 

Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Dihack
Rajin-rajin cek email buat mengetahui balasan dari pihak Instagram (Foto : openforward)

 

  • Jika kamu udah menemukan balasan dari pihak Instagram, maka ikuti langkah-langkah yang diberikan buat pengembalian akunmu ya. Biasanya pihak Instagram bakal memintamu buat menuliskan nama lengkap, username, bahkan memintamu buat berfoto sambil memegang tanda pengenal (KTP/ SIM/ dll) dan kertas bertuliskan nama serta username Meski terkesan ribet, ikuti aja sesuai instruksi yang diberikan ya. Hal ini karena Instagram pengen memverifikasi bahwa kamu adalah emang pemilik asli akun.

 

Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Dihack
Ikuti instruksi yang diberikan pihak Instagram, termasuk mengambil foto sejelas mungkin (Foto : businessinsider)

 

  • Setelah mengikuti instruksi, segera kirim balasanmu itu ke Instagram. Nanti, Instagram bakal membalas lagi dengan sebuah form yang harus kamu isi. Isi form ini selengkap-lengkapnya dan segera kirim balik ya!

 

  • The steps is all done! Jika udah melakukan semua langkah di atas, maka kamu tinggal bersabar menunggu proses pengembalian akunmu yang dilakukan oleh pihak Instagram. Biasanya sih, hal ini memerlukan waktu empat hari sampai satu minggu. Pokoknya kalau kamu udah bisa menemukan lagi akunmu di kolom pencarian, maka akunmu udah kembali deh. Congrats, dan perkuat password mu serta selalu hati-hati ya agar hal ini nggak terulang lagi!

 

Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Dihack
Selamat, akunmu bakal kembali! (Foto : Tenor)

 

Nah, itu tadi salah satu contoh langkah-langkah unhack by yourself yang bisa dilakukan di akun Instagram. Tapi tenang, buat akun-akun sosial media lain, caranya juga hampir serupa kok. Yep, yang harus kamu lakukan adalah dengan mengunjungi pusat bantuan dari masing-masing sosial media tersebut dan mengikuti langkah-langkah yang diberikan. Laman pusat bantuan buat beberapa akun sosial media lain bisa kamu akses disini ya. Selamat mencoba!

 

TWITTER   // FACEBOOK   // ASK.FM

 

Editor: Bogiva

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!