women in the street a crime
Be careful girls, kejahatan selalu mengintai kita dimanapun (foto: L'avenir)

 

Zetizen.com - Pernah nggak sih kamu merasa nggak aman saat berada di jalan? Apalagi kalau pulang sekolah atau kuliah malam hari sendiri. Ketakutan kita bertambah dengan maraknya berita mengenai kasus kejahatan yang menimpa cewek di jalan. So, sebenarnya penting bagi cewek untuk menguasai beberapa basic bela diri. Basic bela diri ini bisa dipakai untuk melindungi diri dan mengantisipasi kalau kamu tiba-tiba diserang orang penjahat. Apa aja sih basic bela diri yang perlu kamu kuasai? 

Sikut Leher atau Hidung

Gunakan sikumu untuk menyerangnya. (foto:Cravmaga)

Leher dan hidung adalah salah satu tempat vital yang bisa kamu serang. Sedangkan, sikumu adalah salah satu bagian terkeras. Jika kamu disergap dari belakang, pegang dan tahan lengan orang itu. Kemudian sikut leher atau hidungnya dengan sekuat tenaga. Dijamin, mereka teler! Saat itulah, gunakan kesempatan untuk lari sejauh mungkin. 


Tendang muka atau Rahang

Segera tendang mukanya! (foto:wanitaindonesia)

Kalau kamu memang nggak bisa menyikutnya, kamu masih ada pilihan lain. Tendang muka atau rahang dengan keras dan kuat. Jangan ragu untuk melakukannya saat kamu benar-benar yakin dia bermaksud jahat. Tapi, hal ini hanya bisa dilakukan saat dia berada tak terlalu dekat darimu. Gerakan ini memang akan susah jika kamu dalam kondisi panik. Jadi tenangkan diri dan tetap kumpulkan keberanian, ya girls!


Colok Mata

Jangan takut untuk colok matanya dengan ibu jarimu (foto:Entrenador)

Cara ini yang kemungkinan paling mudah dilakukan. Apalagi jika kamu diserang dari arah depan. Mata adalah organ vital. Menghilangkan penglihatannya sementara dapat menjadi salah satu cara agar kamu bisa melarikan diri. Gunakan jari-jarimu untuk menekan kedua bola matanya. Memang cukup sadis, sih. Tapi kamu perlu melindungi diri, kan? 


Tendang Lutut

Kamu bisa melarikan diri, deh. (foto:smokesomething)

Saat kamu terkunci dari belakang, bukan berarti kamu harus pasrah. Kamu masih bisa menyerang lututnya. Meleset sedikit, kamu masih bisa mengenai tulang keringnya. Dua bagian ini dapat cukup membuatnya kesakitan dan kehilangan keseimbangan berdiri. Alhasil, kamu terlepas dari pelukannya dan dapat melarikan diri.


Dorong Dagu

Dorong dagu sekuat tenaga. (foto:suggestkeyword)

Jika kamu diserang penjahat dari depan, selain menyasarkan pada mata kamu juga bisa mendorong dagunya. Lakukan ini sambil menarik salah satu tangannya ke arahmu, dengan tanganmu yang lain. Lakukan dengan kuat, dan dia akan merasakan kesakitan yang luar biasa. 


Serang Organ Vital

Menendang organ vital bisa membantumu. (foto:inovasee.com)

Bukan jadi pelajaran baru bahwa menyerang organ vital dapat membantumu kabur dari penjahat. Saat dia mulai melakukan kejahatan padamu, terutama kejahatan seksual, tendang saja organ vitalnya. Kalau bisa, lakukan sambil menjambaknya. Sudah pasti dia akan mengerang kesakitan setelahnya. 

Intinya, ketika dalam kondisi diserang jangan terlalu panik. Semua gerakan diatas bisa kamu lakukan, kok. Walaupun kamu nggak pernah ikut bela diri sama sekali. Yang kamu butuhin cukup tenangkan diri kamu dan keberanian untuk melawan. Tunjukan, kalo kita cewek kuat yang nggak mudah diremehkan. Be careful and strong girls!

Source: Independent, Kravmaga, Prevention

Editor: Fanny Kurniasari


Share
Create Your Own Article!