Zetizen.com – Siapa sih yang nggak pengin bisa menguasai bahasa asing dengan lancar? Apalagi kalau lebih dari satu atau dua bahasa asing bisa kamu kuasai sekaligus. Wah, rasanya udah kayak agen rahasia di film-film aja. Sayangnya, ternyata belajar bahasa itu perlu proses yang rumit dan panjang. Selain itu, kalau mau intensif pun, biaya untuk kursus bahasa asing biasanya cukup mahal. 

Well, nggak usah khawatir. Soalnya, kalau emang kamu niat dan benar-benar mau berusaha, banyak kok sumber belajar bahasa asing gratis dan lengkap yang bisa kamu coba. Misalnya lewat aplikasi-aplikasi yang punya banyak fitur keren kayak berikut ini nih.

 

Hello Talk

Kadang, hal paling penting yang nggak kamu temui di tempat kursus bahasa adalah lawan bicara yang sesuai. Nah, itulah yang bisa kamu cari lewat Hello Talk. Disini, kamu nggak diberikan mentor atau soal-soal tes bahasa asing. Kamu justru akan dipertemukan dengan teman yang bisa kamu hubungi setiap saat untuk belajar bahasa asing. Aplikasi ini berfungsi seperti aplikasi chatting kayak LINE atau WhatsApp. Kamu bisa bergabung dengan orang asing secara langsung untuk melakukan percakapan layaknya ngobrol bareng teman biasa. Meski partnermu menggunakan bahasa lain, kamu tetap bisa mengerti karena aplikasi ini bisa menerjemahkan langsung kata-kata yang disusun temanmu.

 

Duo Lingo

Waktu belajar bahasa asing, pola dan struktur kalimat adalah hal yang penting banget diperhatikan. Nggak mau kan sampai lawan bicaramu salah paham cuma gara-gara kamu salah susunan kata? Nah, kalau kamu mau mempelajari struktur bahasa asing, aplikasi ini bisa memberikan fasilitas tersebut. Interface nya mirip bermain game. Terdapat beberapa platform dalam aplikasi ini yang berbentuk level-level. Setiap level terdapat soal pilihan dengan gambar yang mempermudahmu untuk memahami lebih lanjut maknanya. Levelnya pun dimulai dari kata dasar, frasa sampai kalimat. Wiiih.. sebulan tekun memainkan aplikasi ini, kamu bisa paham bentuk kalimat bahasa asing nih.

 

50 Language

Buat yang pengen hafal bentuk kata per kata dalam berbagai bahasa, 50 Language bisa membantumu melatih ingatanmu. Aplikasi ini sendiri punya interface yang mirip dengan aplikasi sebelumnya. Bedanya, 50 Language tidak mengotakkan kata-kata berdasarkan level. 50 Language mengkatagorikan beberapa kata berdasarkan kebutuhanmu. Dari keluarga, hewan, olahraga, kegiatan wisata, sampai cinta. Dari tiap kategori itu akan muncul beberapa kata yang berhubungan dengan kegiatan tersebut. Selain itu ada juga rekaman suara untuk mengetahui cara penyebutannya.

 

 

Polyglot (Internet Polyglot)

Dari suatu website, internet polyglot membuat terobosan lain agar orang lain dapat mengakses konsep belajar dari websitenya. Malahan aplikasi yang dibuat menonjolkan hal lain yang lebih menarik. Salah satunya adanya ilustrasi yang mempermudahkanmu metode belajarnya. Terdapat berbagai pilihan lasson yang bisa kamu pilih seperti menebak arti dari kata bahasa asing, tebak gambar, sampai pilihan ganda.

 

Editor: Bogiva

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!