Are You a Zetizen?
Show Menu

Wow! 4 Orang Indonesia Ini Punya Patung Diri Mereka di Museum Madame Tussauds

Nourma Vidya Nourma Vidya 13 May 2017
Wow! 4 Orang Indonesia Ini Punya Patung Diri Mereka di Museum Madame Tussauds

Zetizen.com - Madame Tussauds. museum patung lilin berukuran real life ini emang terkenal banget dengan koleksi patung berukuran life size nya yang menampilkan tokoh-tokoh ternama dunia. Mulai dari tokoh ilmuwan kayak Isaac Newton, pemimpin dunia kayak Queen Elizabeth, George Washington, bahkan tokoh fiksi Obi-wan Kenobi pun ada.

Tapi, diluar nama-nama tadi, tahu nggak sih kalau ada juga loh beberapa sosok terkenal Indonesia yang diabadikan di madame Tussauds. Wow, siapa sajakah mereka?

Ir. Soekarno

Ir. Soekarno

Soekarno jadi tokoh pertama Indonesia yang patung lilinnya dipajang di Museum Madame Tussauds (Twitter)

Sosok presiden pertama Indonesia ini sekaligus jadi tokoh Indonesia pertama yang dibuatkan patung lilinnya oleh pengelola Museum Madame Tussauds. Penyebabnya, apalagi kalau bukan pencapaian luar biasa yang udah ditorehkan Bung Karno. Nggak cuma di Indonesia, kiprah Bung Karno sebagai pemimpin juga telah diakui dunia. Hal ini nggak lepas dari jasa besar Bung Karno sebagai salah satu inisiator Konferensi Asia Afrika, yang kemudian memunculkan gerakan netral yang kita kenal dengan sebutan Gerakan Non Blok (GNB).Maka nggak heran kalau pihak Madame Tussauds tertarik buat menciptakan patung lilin proklamator satu ini.

Membuat patung lilin Bung Karno ternyata nggak mudah loh. Tim dari Madame Tussauds hanya bisa berpaku pada data, karena sosok Bung Karno yang udah lama tiada. Alhasil, tim pun harus mencocokkan berbagai foto dan mencari keterangan dari keluarga Bung Karno agar bisa mendapat gambaran fisik sedetail mungkin. Hingga akhirnya dipilihlah pose Bung Karno ketika sedang menyampaikan pidato berjudul ‘To Build The World A New’ di sidang umum PBB tahun 1960, untuk dijadikan contoh pembuatan patung. Psst, peci yang digunakan oleh patung lilin Bung Karno dipesan khusus dari pengrajin yang sejak dulu jadi langganan Bung Karno loh. Begitu pun baju empat saku yang jadi trendmark Bung Karno, didesain dan dijahit dengan super detail oleh desainer Indonesia, Samuel Wattimena.

Where to Find Patung Lilin Bung Karno :

Museum Madame Tussauds Singapura, Museum Madame Tussauds Bangkok, Museum Madame Tussauds, Hongkong

Rudy Hartono

Rudy Hartono

Dengan prestasi menggunung seperti itu, pantas aja ya Rudy Hartono dibuatkan patung lilin? (Yonex)

Sebagai pebulutangkis andalan Indonesia, prestasi seorang Rudy Hartono emang udah nggak perlu diragukan lagi. Sepanjang karirnya, Rudy pernah mencatatkan prestasi spektakuler di ajang bulutangkis paling tua dan bergengsi dunia, All England. Nggak tanggung-tanggung, atlet tunggal putra Indonesia ini pernah merebut gelar bergengsi ini tujuh kali berturut-turut! Prestasi yang hingga saat ini belum terkalahkan ini sekaligus membuat Rudy Hartono menerima penghargaan bintang jasa Mahaputra dari pemerintah Republik Indonesia.

Nah, prestasi gemilang ini jugalah yang bikin pihak Museum Madame Tussauds tertarik untuk membuat patung lilin Rudy Hartono. Dalam figur patung lilinnya, sosok Rudy Hartono digambarkan tengah berada dalam pose siap menyerang sambil memegang raket Yonex B-9100. Raket ini juga udah mendapat tanda tangan spesial dari founder Yonex, Minoru Yoneyama dan Rudy Hartono sendiri. Mau tahu berapa biaya yang dihabiskan pihak Madame Tussauds untuk membuat patung Rudy Hartono? Nggak kurang dari 300 ribu USD, atau hampir 4 milyar rupiah!

Where to Find Patung Lilin Rudy Hartono :

Museum Madame Tussauds, Singapura

Anggun C. Sasmi

Anggun C. Sasmi

Siapa nggak bangga punya penyanyi cewek sekeren Anggun? (Twitter)

September 2016 lalu jadi hari ‘bersejarah’ untuk penyanyi internasional asli Indonesia, Anggun Citra Sasmi. Yap, di hari itulah, untuk pertama kalinya figur patung lilin Anggun dipajang di Museum Madame Tussauds. Nggak sembarangan, patung lilin Anggun dibuat karena adanya permintaan yang tinggi dari para penggemar di berbagai belahan dunia. Baik itu dari orang-orang Asia, hingga negara-negara Eropa seperti Prancis dan Italia. No wonder sih, karena sebagai penyanyi, Anggun udah punya banyak banget prestasi. Mulai memenangkan World Music Award, jadi goodwill ambassador PBB, sampai menempati Top 20 chart Billboard dengan lagu Snow On The Sahara-nya.

Patung lilin Anggun sendiri dibuat di studio Madame Tussauds yang ada di London, selama kurang lebih delapan bulan lamanya. Dengan pose sedang tersenyum lebar, figur patung lilin ini emang mirip banget sama sosok asli Anggun! ‘Kembaran’ Anggun ini jadi terlihat makin elegan dengan gaun haute-couture hitam yang didesain langsung oleh desainer kenamaan Paris, Jean-Paul Gaultier. Bangga nggak sih punya sosok penyanyi seperti Anggun? Yes, nama dan sosok Anggun berarti udah diakui dan disejajarkan dengan nama-nama penyanyi dunia lain, guys!

Where to Find Patung Lilin Anggun C. Sasmi :

Museum Madame Tussauds, Bangkok, Thailand

Joko Widodo

Joko Widodo

Presiden Jokowi juga punya patung lilin di Madame Tussauds dong (Twitter)

Ini nih, satu sosok terbaru yang menyusul ketiga tokoh lain untuk dibuatkan patung lilin di Museum Madame Tussauds. Dibuat sejak 2016 lalu, patung lilin Joko Widodo akhirnya resmi di-launching di awal Mei 2017 ini. Dipilihnya sosok Jokowi sebagai ‘atraksi’ teranyar di Madame Tussauds jelas bukan tanpa alasan. Selain karena posisinya sebagai presiden Indonesia saat ini, Jokowi ternyata juga dipilih karena dia mendapat vote tertinggi dari para pengunjung Museum Madame Tussauds yang menginginkan sosoknya dipajang di museum ini. Wow, ternyata banyak ya yang cinta bapak presiden kita satu ini!

Uniknya, patung lilin Jokowi dibuat super mirip dan representatif dari sosok aslinya loh. Di patung lilinnya, Jokowi digambarkan mengenakan kemeja putih polos dengan dua saku yang menjadi andalannya. Seolah belum cukup mirip, posturnya pun ‘Jokowi’ banget! Patung ini dibuat dengan pose sosok Jokowi yang sedang menggulung lengan kemejanya. Hihi. Dengan dibuatnya patung lilin Jokowi, dua pemimpin Indonesia secara nggak langsung udah dianggap capable dan diakui oleh dunia. Jokowi juga memanfaatkan dipajangnya patung sosoknya ini buat mempromosikan wisata Indonesia. Jokowi request agar backgorund patungnya selalu diganti-ganti dengan berbagai atraksi Indonesia. Sekarang Borobudur, bulan depan Raja Ampat. Sambil menyelam minum air, kan?

Where to Find Patung Lilin Jokowi :

Museum Madame Tussauds, Hong Kong

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article