Are You a Zetizen?
Show Menu

6 Hal yang Cuma Dipahami Mereka yang Travelling tanpa Travel Agent

Nourma Vidya Nourma Vidya 10 May 2017
6 Hal yang Cuma Dipahami Mereka yang Travelling tanpa Travel Agent

Zetizen.com – Waktu travelling, rasanya nggak ada orang yang pengin perjalanannya berantakan. Makanya, kehadiran travel agent yang bisa merencanakan perjalanan sampai ke detil jam dan tempat selalu laris manis. Tapi, pernah nggak sih kamu ngerasa kalau kadang, travelling yang benar-benar kamu rencanakan sendiri itu justru lebih seru dan memorable?

Iya, tanpa travel agent, berarti semua persiapan perjalanan benar-benar ada ditanganmu. Kalau sampai salah atau kurang persiapan, ya kamu jugalah yang bakal kebingungan. Mulai dari salah tempat, salah naik kendaraan, nyasar ke tempat asing, sampai kendala bahasa di negara lain. Uhh, rasanya cuma kamu yang sering travelling tanpa travel agent-lah yang akrab sama hal-hal berikut. 

Berangkat dengan Sejuta Angan

Berangkat dengan Sejuta Angan

Percaya deh, merencanakan liburan itu seru udah bikin kita happy duluan! (UNR)

Tanpa travel agent, berarti semua rencana perjalanan ada ditanganmu. Mulai dari tiket pulang pergi, penginapan, sampai transportasi ke berbagai tempat wisata harus kamu susun sendiri. Ribet? udah pasti. Tapi karena semuanya kamu susun berdasarkan prioritas dan ketertarikanmu, ribetnya persiapan ini rasanya enjoy aja tuh dijalanin.

Sambil mempersiapkan berbagai keperluan, kepalamu udah dipenuhi sejuta bayangan super indah tentang perjalananmu nantinya. Duh, rasanya pengin langsung berangkat aja!

Harus Mau Ber

Harus Mau Ber

Nggak bakal berani lagi deh menggampangkan persiapan (Ruthless)

Karena nggak ada travel agent yang bisa kamu minta tolong saat terjadi hal-hal diluar dugaan, kamu pun jadi lebih aware dan penuh persiapan. Iya, travelling tanpa travel agent berarti mempersiapkan sendiri kebutuhan untuk menghadapi berbagai kemungkinan.

Efeknya, kamu yang biasanya malas packing atau emang ceroboh bakal jadi 100x labih hati-hati terhadap segala hal. Dengan kata lain, kamu bakal benar-benar belajar bertanggung jawab terhadap dirimu sendiri.

Asyiknya Interaksi Sama Orang Setempat

Asyiknya Interaksi Sama Orang Setempat

Ketemu orang lokal selalu bikin excited! (Essentialtravel)

Karena nggak ada travel guide, mau nggak mau kamu harus berinteraksi dengan warga setempat untuk mendapatkan keperluanmu. Kalau jalan-jalanmu masih di dalam negeri sih, mungkin hal ini nggak bakal kerasa spesial. Tapi kalau kamu pergi ke tempat dengan bahasa yang hampir benar-benar asing? Wah ini dia yang ditunggu-tunggu.

Sambil deg-degan karena takut salah ngomong, kamu pun mencoba bicara pada penduduk sekitar. Dengan bahasa patah-patah, rasanya bingung banget menyampaikan maksudmu. Begitupun orang yang kamu tanya. Karena nggak ngerti maksudmu, diapun jadi ikutan bingung. Dan saat akhirnya kalian sama-sama mengerti dan disambut senyuman ramah oleh orang yang kamu ajak bicara, duh! Senangnya bukan main!

Cobain Naik Transportasi Umum

Cobain Naik Transportasi Umum

Nothing more fun than acts like a citizens, true? (Frangipani)

Yakin deh, nggak ada tempat lain yang bakal bikin kamu lebih ngerasa jadi bagian penduduk asli dibanding saat naik angkutan umum. Menentukan sendiri tujuanmu, membaca peta rute, sampai berdesak-desakan dengan penduduk lokal yang berangkat dan pulang kerja.

Wah, kamu yang suka banget berkenalan dengan orang baru, kesempatan emas ini rasanya cuma bisa kamu dapatkan kalau kamu nggak menggunakan travel agent waktu berpergian.

Your Time is Fully Yours

Your Time is Fully Yours

Bisa habiskan waktu sebebasmu (Quotesgram)

Mau bersantai seharian di pantai-pantai Bali? Ayok. Atau shopping spree seharian di Orchard Singapore? Siapa takut. Hmm, sepanjang siang mau tidur aja deh, nanti malam baru keluar cari nightlife yang seru di pusat kota Osaka? Yaudah, selamat tidur!

Kayak gitu deh kira-kira bebasnya liburan tanpa itinerary yang mengejar-ngejar kamu buat stay disini, lalu kesitu, kemudian kesana, dan makan disitu. 

Iya, travel agent mungkin bikin kamu mengunjungi semua tempat wisata dalam waktu sesingkat-singkatnya. Tapi cuma kamu yang travelling mandiri lah yang bisa ngerasain enaknya menikmati jalan-jalan sesuai jadwal, mood, dan keinginanmu sendiri.

Suka Duka Liburan Jadi Lebih Terasa

Suka Duka Liburan Jadi Lebih Terasa

Suka duka liburan nanti bisa jadi cerita yang nggak terlupakan (Shutterstock)

Meski emang travellingmu jadi lebih santai dan suka-suka kamu banget, nggak bisa dimungkiri kalau tanpa travel agent yang udah berpengalaman, resiko perjalananmu jadi kacau tambah besar. Mulai dari kemungkinan nyasar, harus panas-panasan, kehujanan, sampai berjalan kaki berkilo-kilo meter karena nggak nemu angkutan jadi hal yang mungkin banget terjadi.

Emang sih hal ini pasti bikin nggak mood dan rasanya pengin mengeluh nggak habis-habis. Tapi yakin, bisa ngelupain pengalaman yang mungkin bakal jadi pengalaman sekali-seumur hidup itu? 

Nah, kira-kira gitu deh suka duka travelling tanpa travel agent. Kamu yang pernah melakukannya, pengalaman nomor berapa nih yang paling berkesan? Atau mungkin kamu punya ceritamu sendiri? Share below!

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article