Zetizen.com - Aksi sensor nggak cuma terjadi di Indonesia. Banyak negara lain juga menggunakan badan sensor untuk mengawasi tayangan film atau TV serta mempertimbangkan kelayakannya. Layak menurut siapa sih? Memang ada alasan yang bisa diterima, tapi banyak juga alasan censorship yang nggak masuk akal. Contohnya  kayak yang sensor yang dilakukan pada beberapa show dan serial TV luar negeri berikut. (dhs/sam)

The 2003 Golden Globes Awards

Vokalis U2 Bono pernah nggak sengaja mengucapkan kata “kasar” dalam pidato kemenangan di Golden Globe Awards pada Januari 2003 silam. Bukannya bermaksud kasar, Bono hanya mengekspresikan kebahagiaannya. Akibat ulahnya, siaran dari acara penghargaan itu langsung kena sensor. Setelah insiden tersebut, pihak penyelenggara menetapkan aturan bagi siapapun akan dikenakan denda ratusan ribu dolar jika berbicara kasar ketika sedang on air.

Late Show With David Letterman

Disensor karena mengucapkan kata-kata kasar juga pernah dirasakan komedian David Letterman pada acara Late Night Talk Show. Parahnya dalam salah satu episode, acara yang sedang on air itu kena sensor 14 kali. Usut punya usut, saat itu Late Night Talk Show with David Letterman mengundang Madonna yang kerap mengumpat ketika menceritakan kehidupan pribadinya.

Family Guy

Serial TV “Family Guy” yang ditayangkan di channle Fox juga pernah harus berurusan dengan lembaga sensor nih karena penayangan di salah satu serinya. Tepatnya pada tahun 2009, Family Guy sempat membahas mengenai aborsi pada episodenya. Akibatnya, episode tersebut pun harus disensor karena bermasalah dalam hal bahasa. Sebelumnya, Family Guy juga sempat mengalami kejadian yang sama karena lagi-lagi bermasalah dalam penggunaan bahasa.

 

Winnie The Pooh

Kartun Winnie The Pooh yang super cute juga pernah kena censorship loh di Tuszyn, Polandia. Lembaga pemerintah yang menangani penyiaran di sana menganggap karakter Pooh pada kartun itu menggambarkan cara berpakaian yang nggak layak. Sebab, Pooh cuma memakai kaos merah tanpa celana. Err.. what?

Married with Children: I’ll See You in Court

Salah satu tayangan komedi asal Amerika Serikat itu pernah berurusan dengan lembaga sensor di sana. Soalnya, dalam salah satu episode, I’ll See You In Court, dianggap kontroversial. Episode itu menampilkan sex scene yang dianggap terlalu banyak dan vulgar.

 

Foto: Idolator, Sfexaminer, Playbuzz, Fanpop, Hollywood Reporter

Share
Create Your Own Article!