Are You a Zetizen?
Show Menu

Jenis-Jenis Virus Komputer Berbahaya Ini Harus Kamu Waspadai

Nourma Vidya Nourma Vidya 17 May 2017
Jenis-Jenis Virus Komputer Berbahaya Ini Harus Kamu Waspadai

(Foto : cyberwakeup)

 

Zetizen.com – Kalau virus alami bisa bikin kamu sakit, maka virus komputer juga sama berbahayanya. Sebuah komputer yang diserang virus komputer udah pasti nggak bisa bekerja normal. Malah, beberapa jenis virus komputer bisa membuat komputermu mati total bahkan merusak komponen hardware yang ada.

Nah makanya, di zaman serba internet kayak sekarang, kamu harus banget tahu macam-macam virus komputer yang bisa menyerang komputermu. Ini nih beberapa cara virus bisa menginfeksi komputermu.

 

Direct Action Virus

Direct action virus adalah salah satu jenis virus yang menginfeksi file komputer kita. Biasanya nih, direct action virus menempel pada jenis-jenis file tertentu. Biasanya sih yang berbasis file executable dengan ekstensi .exe, .com, .i.e, atau .vbs.

Sekali kamu membuka file yang udah terinfeksi, virus ini bakal langsung menyebar dengan menginfeksi file-file sejenis lainnya. Kalau udah begini, bakal banyak file penting komputermu yang jadi corrupt alias nggak bisa dibuka karena kode nya udah dijangkiti kode program virus ini.

 

Cara terbaik buat mencegah virus jenis ini adalah dengan nggak sembarangan membuka file yang kita terima. Namun kalau udah terlanjur, virus ini termasuk yang cukup mudah dikenali dan diberantas oleh Antivirus. Jadi sering-sering deh update antivirusmu.

 

 

Virus punya macam-macam jenis yang harus diwaspadai dan dikenali (Foto : lolwot)

Resident Virus

Mirip tapi nggak sama dengan direct action virus, resident virus juga termasuk salah satu jenis virus’umum’ yang menyerang file pada komputer. Bedanya, resident virus bisa memasang dirinya kedalam sistem komputer. Hal ini membuat resident virus jadi makin sulit diberantas meski sumber kedatangannya udah dihilangkan.

Komputer yang terinfeksi resident virus bisa mengalami kerusakan hard drives, hilangnya data, sampai mengganggu performa komputer secara keseluruhan.

Karena termasuk virus yang ‘umum’, virus jenis ini jelas dikenali oleh banyak program antivirus. That’s why, simply dengan menjalankan software antivirus bisa membantu mendeteksi dan memberantasnya. Kalau kamu tahu jenis resident virus mana yang menyerang, maka pemberantasan juga bisa dilakukan dengan mengakses computer registry dan menghapusnya secara manual. Cuma, kalau kamu salah menghapus, bisa-bisa akibatnya jadi makin fatal.

 

Macro Virus

Kalau jenis virus yang satu ini, kerjanya menyerang bagian tertentu dari sistem komputer. Macro virus 'hidup’ di dalam program lain. Nyebelinnya, justru program-program penting kayak office atau dokumen lah yang paling sering jadi sarang virus ini. Kalau udah parah, kamu bakal seirng menerima pesan keamanan palsu yang bisa mengacaukan workflow pekerjaanmu.

Karena ciri-cirinya yang jelas inilah, macro virus sebenarnya juga gampang dideteksi. Buat memberantasnya, juga bisa dilakukan secara manual atau dengan bantuan antivirus. Beberapa antivirus yang bisa dipakai misalnya Sophos dan Windows Defender. Sedangkan kalau mau melakukannya secara manual, bisa juga kok dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah tertentu. Buat lebih lengkapnya bisa kamu lihat disini.

 

Boot Virus

Ilustrasi boot virus (Foto : Youtube)

Boot virus banyak dibilang sebagai salah satu virus yang cukup berbahaya dan punya impact besar. Sebab, virus jenis ini langsung menyerang master boot record (MBR) dari hard disk. Bagian ini adalah bagian krusial dari sebuah disk, karena menyimpan informasi dan program yang bisa digunakan buat memulai (booting) komputer kita. Biasanya, komputer yang terinfeksi virus ini ditandai sama performanya yang jadi super lambat dan sering memunculkan perintah buat mengunduh program-program tertentu.

Buat menghindari virus jenis ini, maka pastikan aja kamu nggak sembarangan menyalakan komputer dengan floppy disk yang nggak dikenali. Karena, memberantas virus ini bisa dibilang nggak mudah bahkan kadang membutuhkan format sistem secara menyeluruh. Kalau kamu mau berumit-rumit ria, kamu bisa mencoba memberantasnya dengan melakukan cara ini.

 

Multipartite Virus

Kalau virus-virus lain biasanya ‘konsisten’ menyerang pada satu sektor tertentu (boot atau program files), maka multipartite virus malah bisa menyerang kedua-duanya. Karena kemampuannya menyerang dari berbagai sektor ini jugalah, multipartite virus dikategorikan sebagai virus yang cepat menyebar dan berbahaya. virus jenis ini bisa mengganggu performa komputer, merusak file penting, sampai bikin kamu nggak bisa mengakses berbagai program. Beberapa ciri komputer yang terinfeksi virus ini adalah kamu nggak bisa menemukan device manager, ukuran aplikasi dan file sering berubah-ubah sendiri, berkali-kali muncul pesan kalau virtual-memory komputermu penuh, dll.

Parahnya lagi, sekali terinfeksi virus jenis ini, komputer bakal susah dikembalikan ke kondisi awal. Kalau kamu mencoba memberantas lewat boot-sector, virus yang berada di program file masih terus berjalan dan bisa menginfeksi boot sector lagi. Begitupun sebaliknya, siklus ini bakal berjalan secara terus menerus. Makanya, yang terbaik buat mengatasi virus ini adalah dengan melakukan pencegahan. Beberapa cara pencegahan misalnya memastikan antivirusmu berkualitas, pastikan virus definitions dalam scanner mu selalu update, dan jangan gampang membuka atau mengunduh file yang tidak jelas.

 

Polymorphic Virus

Ini nih, satu jenis virus yang terbukti paling sulit dideteksi dan suka bikin program antivirus literally jadi super pusing! Bahkan nih, banyak perusahaan antivirus yang bilang butuh waktu berhari-hari bahkan berbulan-bulan buat mendeteksi satu aja polymorphic virus. Penyebabnya, adalah karena virus jenis ini selalu mengubah signature alias binary pattern mereka tiap kali menginfeksi file atau program lain. Padahal, antivirus umumnya cuma bisa mengenali satu jenis binary pattern aja. Repot kan?

Komputer yang terinfeksi virus jenis ini, biasanya ditandai sama sistem yang jadi lambat dan sering freeze, munculnya error menu yang aneh, sampai munculnya dialog boxes yang biasanya nggak ada. Kamu bisa memakai software antivirus buat memberantas virus jenis ini, meski mungkin butuh waktu yang cukup lama. Atau, kamu juga bisa melakukan system restore yang langkah-langkahnya bisa kamu lihat disini.

 

Ransomware Virus

Ini nih virus yang lagi bikin heboh dunia (Foto : Twitter)

Kalau ditanya virus mana yang paling sukses menghebohkan dunia beberapa hari belakangan, maka semuanya pasti kompak menjawab ransomware virus! Ya, salah satu varian virus ransomware yakni Wannacry, emang literally bikin banyak negara pusing karena menyerang sistem komputer berbagai perusahaan besar. Parahnya, virus jenis ini bisa bikin kita benar-benar kehilangan akses ke komputer kita. Seolah belum cukup, kita pun masih harus membayar untuk mendapatkan akses kembali pada komputer dan file penting yang kita punya. Dan meski kita membayarpun, sebenarnya nggaka da jaminan file-file kita bakal kembali.

Lalu apa sih ransomware virus itu? Darimana asal-usulnya serta gimana cara mengatasinya? Semuanya bisa kamu baca secara lengkap disini.

 

Source : Onlinecmag, Makeuseof

Editor : Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article