Festival Budaya Nusantara 2017 ini turut menampilkan 18 ragam Budaya Indonesia
Festival Budaya Nusantara 2017 menampilkan 18 ragam budaya Indonesia

 

Zetizen.com, Bogor - Program Keahlian Komunikasi, Program Diploma, Institut Pertanian Bogor mengadakan Festival Budaya Nusantara 2017 di Plaza Balaikota Bogor, kemarin (21/5). Diikuti lebih dari 300 mahasiswa, ada 18 ragam budaya Indonesia ditampilkan. Mulai dari budaya Toraja, Bali, Makassar, Sunda, Jawa Timur, sampai Aceh. Ada yang berupa tarian, upacara pernikahan, kesenian, kuliner, maupun stan budaya.

“Ini merupakan bagian kegiatan dari mata kuliah Komunikasi Antar Budaya (KAB) dalam Program Keahlian Komunikasi, Program Diploma IPB, yang diikuti oleh mahasiswa semester 2,” kata Willy Bachtiar, koordinator Festival Budaya Nusantara.

Memasuki tahun ke-10 ini, festival ini dilatarbelakangi banyaknya generasi muda Indonesia di era milenial yang lebih menggandrungi budaya negara lain dan melupakan kearifan lokal. Untuk itu, Festival Budaya Nusantara 2017 hadir untuk menjaga, mengenalkan kembali, dan melestarikan kebudayaan, serta nilai-nilai bangsa Indonesia.

“Lewat festival ini pula mahasiswa juga diajarkan untuk berkontribusi sebesar apa pun dalam melestarikan budaya Indonesia. Tentunya dengan mengangkat kearifan lokal masing-masing daerah melalui atribut dan penampilan yang ditampilkan dalam festival ini,” imbuh Willy.

Willy berharap Festival Budaya Nusantara ini juga bisa mengajak masyarakat mengenal berbagai macam ragam budaya di Indonesia secara dekat. Selain itu, festival ini diharapkan tetap menjadi agenda tahunan di Bogor.

Mulai dari tarian, kuliner, sampai adat pernikahan daerah turut di tampilkan dalam Festival Budaya Nusantara 2017
Mulai dari tarian, kuliner, sampai adat pernikahan daerah turut ditampilkan dalam Festival Budaya Nusantara 2017

 

| Penulis: I Kadek Wira Aditya

Share
Create Your Own Article!