Zetizen.com – Buat cewek berhijab, masalah rambut kayak lepek atau rontok nggak bisa dihindari. Tapi, jangan khawatir. Ada banyak cara buat bikin rambut tetap sehat dan on point meski seharian tertutup hijab. Yuk, cari tahu cara perawatannya biar kamu nggak bete dan stay gorgeous sama hijabmu!

Biasakan Sisir Rambut Sebelum Mandi

Jangan malas menyisir rambut (Foto: Lifestyletimes)

 

Salah satu habit yang nggak bisa ditinggalkan cewek berhijab adalah mengikat rambut. Nah, mengikat rambut seharian pasti bikin rambut kusut. Padahal, rambut kusut itu rawan lepek dan rontok. Oleh karena itu, rajin-rajinlah mengurai kekusutan tersebut setidaknya dua kali sehari tiap sebelum mandi. Oh ya, pakai wide-tooth-comb alias sisir bergerigi lebar ya!

Pakai Sampo dan Kondisioner yang Tepat

Keramas dengan sampo dan kondisioner (Foto: Stylecaster)

 

Rambut berhijab itu rentan berminyak dan lembab. Karena itu, memilih sampo dan kondisionernya nggak boleh sembarangan. Lebih baik pilih sampo dan kondisioner yang ringan alias nggak banyak mengandung bahan kimia. Sebab, sebenarnya rambutmu sudah terlindungi dari sinar UV. Sampo dan kondisioner yang ringan sudah cukup buat kulit kepalamu yang sensitif karena tertutup seharian.

 

Recommended products:

      

Hair Tonic Itu Penting!

Hair tonic + massage (Foto: Natural Health)

 

Selain keramas dengan sampo dan kondisioner, perawatan khusus juga harus diperhatikan. Salah satunya dengan rajin menggunakan hair tonic setelah keramas (2-3 hari sekali). Hair tonic ini penting buat memberi nutrisi pada rambut dan bikin akar rambut lebih kuat. Buat rambut yang pada dasarnya rawan rontok, memperkuat akar rambut ini jelas penting dilakukan.

 

Recommended Products:

      

Rawat Rambut dengan Hair Mask dan Vitamin

Lengkapi perawatan dengan hair mask atau vitamin (Foto: Pinterest)

 

Lagi-lagi perawatan khusus perlu diperhatikan cewek berhijab. Biar maksimal, rajinlah memakai hair mask dan vitamin. Kamu bisa pakai hair mask dan vitamin rambut paling nggak satu minggu sekali. Hal ini bermanfaat buat meningkatkan kualitas dan kesehatan rambut biar tetap shining dan gampang diatur. Meski berhijab, nggak mau kalah oke dong sama rambut cewek lain di luar sana?

 

Recommended Products:

      

Jangan Pakai Kerudung saat Rambut Basah

Mengeringkan rambut secara alami (Foto: YouTube)

 

Kamu sering nggak memaksakan pakai hijab dalam keadaan rambut basah karena buru-buru? Kalau iya, mending cepat-cepat diubah deh kebiasaan ini. Menutup rambut yang masih basah sama aja bikin rambut rentan rusak. Selain rontok, kebiasaan ini bisa jadi awal mula suburnya ketombe di kulit kepalamu. And of course, bau apek karena lembab bikin rambutmu makin nggak sehat!

Tapi, keseringan pakai hair-dryer juga nggak direkomendasikan. Udah bukan rahasia lagi kalau panas hair-dryer bikin rambut jadi super kering dan rawan patah. Kalaupun terpaksa banget, pastikan temperaturnya rendah ya. Paling baik sih membiarkan rambut kering secara alami. Makanya, pintar-pintarlah mengestimasi waktu keramas dan waktu pergimu.

Jangan Ikat Rambut Terlalu Kencang

Ikat rambut seperlunya aja (Foto: Stylecaster)

 

Mengikat rambut terlalu sering emang bikin rambut gampang rontok. Tapi, hal ini nggak bisa dihindari cewek berhijab yang harus make sure rambut tetap rapi. Eits, hal ini bisa diakali kok. Caranya adalah dengan nggak mengikat rambut terlalu kencang biar rambut bisa "bernapas". Tiap ada kesempatan nggak memakai hijab, lebih baik rambut digerai aja. Rambut pun butuh istirahat, Sis.

Pilih Bahan Hijab yang Pas

Rambut pun butuh bernapas! (Foto: Voilechic)

 

Penting banget nih memberi kesempatan rambut bernapas dengan memilih hijab yang terbuat dari kain berpori alias punya jalan keluar-masuk udara. Misalnya, bahan chiffon dan katun. Kalau terpaksa pakai hijab berbahan sintetis seperti nylon atau polyester, lebih baik rangkapi dengan underscarf. Sebab, gesekan langsung ke kulit kepala dengan bahan-bahan "nggak ramah" memicu kerusakan rambut.

 

Source: Aquilastyle, Fustany | Editor: Ratri Anugrah

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!