Are You a Zetizen?
Show Menu

Update iOS 11 Bisa Kirim Uang Lewat iPhone!

Nourma Vidya Nourma Vidya 06 Jun 2017
Update iOS 11 Bisa Kirim Uang Lewat iPhone!

 

Zetizen.com - Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2017 udah dimulai. Berlangsung mulai 5-9 Juni nanti, event ini masih jadi wadah perkenalan update-update terbaru Apple kepada para developers. Nah, salah satu yang paling dinanti-nanti, apalagi kalau bukan pengenalan sistem operasi terbaru Apple, iOS 11. And you are allowed to be excited, karena di hari pertama gelaran WWDC 2017 (5/6) kemarin, iOS 11 akhirnya resmi diperkenalkan! Widiih, bakal ada apa aja ya di iOS terbaru ini?

 

10 Fitur Terbaru iOS 11

 

App Store makin mudah dengan tampilan baru (Foto : Macworlds)

 

Design Baru App Store

iOS 11 bakal ‘menyulap’ tampilan App Store dengan design baru. App Store nantinya terbagi ke dalam empat tabs. Ada tab Today, Games, Apps, dan Updates. Tab Games dan App berisi berbagai games dan aplikasi yang bisa diunduh. Tab updates, berisi fitur-fitur terbaru di App Store. Nah, tab Today ini nih yang menarik. Tab ini bakal berisi daily updates dari App Store. Mulai dari aplikasi terbaru di hari itu, app of the day, sampai berbagai tips. Asyik, kan?

 

Control centre diupgrade jadi makin mudah (Foto : Macrumours)

 

Fitur 3D Touch di Control Centre

Control Centre yang ada di iPhone atau iPad mu bakal di-redesign di iOS 11. Semua fitur nantinya bakal diintegrasikan cukup dalam satu page. Oh ya, control centre juga bakal dilengkapi 3D touch. Sehingga, akses ke berbagai fitur dan setting juga bakal makin cepat. Super memudahkan!

 

App drawer di Message juga diperbarui (Foto : iDownload)

 

Message Makin Seru dengan App Drawer Baru

Yang hobi pasang-pasang stiker di message, pasti bakal happy nih. iOS 11 bakal memperbarui desain app drawer di fitur Message, sehingga pasang stiker atau aplikasi di pesan juga lebih seru dan gampang. Nggak cuma itu, iCloud juga bakal dilengkapi fitur Messages. Fitur ini bisa secara otomatis menyinkronasi semua percakapanmu di berbagai device. Iya, chatmu di semua perangkat iOS dan macOS bisa saling tersinkronasi alias terhubung!

 

Nggak perlu lagi susah-susah download m-banking apalagi ke ATM (Foto : iphonehacks)

 

Kirim Uang Lewat iPhone is Possible!

Di iOS 11, Apple Pay bisa literally dipakai mengirim uang dengan sistem person-to-person-payments. Iya, cukup lewat fitur iMessage, kita udah bisa saling berkirim uang! Pembayaran nantinya bakal dikonfirmasi dengan TouchID fingerprint sensor, sehingga dijamin super aman. Bisa juga menggunakan Apple payment yang lain atau lansung ditransfer ke akun bank kamu. Nggak perlu repot-repot download m-banking lagi deh.

 

Siri makin cerdas di iOS 11 (Foto : Macworld)

Siri yang Makin Cerdas

Fitur andalan Apple satu ini dijamin bakal makin cerdas di iOS 11. Dalam hal suara misalnya, Siri di iOS 11 punya suara cewek dan cowok yang jauh lebih natural. Siri juga dilengkapi dengan fitur translation baru. Yes, Siri bisa menerjemahkan bahasa Cina, Prancis, Jerman, Italia, sampai Spanyol! Tentunya translation ini akan bertambah dengan berjalannya waktu.

Belum cukup puas? Siri di iOS 11 juga bakal lebih perhatian dan paham keinginan kamu, loh. Contohnya nih kamu lagi baca-baca artikel tentang Iceland, maka Siri bisa langsung merekomendasikan segala hal yang berkaitan dengan Iceland di fitur lainnya. Misalnya berita tentang Iceland di News App, artikel tentang Iceland di Message, dll.

 

Nggak usah takut lagi nyasar di bandara atau mall (Foto : theverge)

 

Apple Map Punya Peta Indoor!

Pernah nggak sih kamu nyasar di dalam mall atau bandara karena nggak tahu arah? Fasilitas map di handphone pun nggak bisa diandalkan karena cuma punya peta outdoor. Nah, hal ini nggak bakal terjadi lagi kalau kamu udah meng-upgrade iOS 11. Yup, iOS 11 bakal dilengkapi peta indoor dari beberapa bandara internasional dan mall besar di US. Dijamin nggak bakal nyasar lagi di dalam bandara atau mall!

 

Nggak bakal lagi risih karena notification waktu menyetir! (Foto : Techradar)

 

Berkendara Lebih Aman Dengan Fitur Baru

Kalau kamu suka risih sama notification HP yang berbunyi waktu lagi nyetir, maka iOS 11 punya solusinya. Sistem operasi ini punya fitur Do Not Disturb While Driving, yang bakal membantumu nggak pecah konsentrasi. Kalau ada pesan yang masuk saat kamu nyetir, maka iOS 11 bakal secara otomatis mengirim pesan balik yang memberitahu si pengirim kalau kamu lagi nggak bisa diganggu karena menyetir. Your safety is surely guarantee!

 

Sekarang speaker di rumahmu bisa dikontrol lewat perangkat Apple (Foto : Theverge)

Upgrade Homekit dan Airplay 2

Kamu tentu tahu dong fitur keren Apple yang bisa dipakai ‘megontrol’ alat-alat elektronik di rumah alias Homekit? Nah, sekarang iOS 11 hadir dengan fitur Homekit yang dilengkapi kontrol terhadap speaker. Ini karena iOS 11 menggunakan Airplay 2, yang merupakan update version dari teknologi wireless Apple. So, kalau kamu punya speaker dengan brand yang bekerjasama dengan Apple, kamu bisa mengontrolnya lewat Homekit-mu!

 

Bisa tahu musik yang didengarkan temanmu (Foto : Macworld)

Sharing Musik di Apple Music

Di iOS 11, Apple Music bakal dilengkapi dengan fitur public profiles. That way, kamu pun bisa melihat musik-musik yang didengarkan temanmu di Apple Music mereka. Lumayan kan, buat cari referensi lagu? Apple Music juga bisa terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi musik lain seperti Shazam. Super seru!

 

Nggak bakal bosan dengan fitur Augmented Reality (Foto : Macrumours)

Dilengkapi Fitur Augmented Reality

Teknologi augmented reality (AR) emang lagi hypes. Misalnya aja Pokemon Go yang hits tahun lalu. Makanya, Apple nggak mau ketinggalan merilis fitur AR lewat ARKit. Dengan ARKit, para developers bisa menambahkan teknologi AR pada aplikasi buatan mereka. Tunggu aja ya aplikasi-aplikasi apa aja yang bakal memanfaatkan ARKit ini!

 

Daftar iPhone dan iPad yang Support iOS 11

Ini nih, list iPhone dan iPad yang bisa di-update ke iOS 11 :

iPad :

iPad Air 1, iPad Air 2, iPad Pro 9.7in, iPad Pro 12.9in, new iPad 2017, iPad mini 3, iPad mini 4, New iPad Pro 10.5in & 12.9in, iPod touch (sixth generation)

iPhone :

iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 7 Plus

 

Kapan iOS 11 Bakal Dirilis?

Setelah resmi diperkenalkan di gelaran WWDC 2017 pada 5 Juni, di hari yang sama pula iOS 11 akan langsung dirilis bagi developers. Selanjutnya, versi public beta bakal menyusul dirilis di akhir Juni nanti. Sementara versi final dari iOS 11 bakal dirilis di musim gugur 2017 (September). Can’t wait, eh?

 

Biar Makin Jelas Sama Fitur-Fitur Baru iOS 11, kamu bisa lihat video ini :

 

Source : Macworld, Wired

Editor   : Fanny Kurniasari

RELATED ARTICLES

Please read the following article