Are You a Zetizen?
Show Menu

Bystander Effect, Kebiasaan Bersikap Pasif yang Membahayakan Orang Lain

Bystander Effect, Kebiasaan Bersikap Pasif yang Membahayakan Orang Lain

 

Zetizen.com – Pernah nggak sih kamu mengabaikan seseorang yang butuh pertolongan, cuma karena kamu merasa bakal ada orang lain yang nolong dia?

Kalau iya, bisa jadi kamu udah mengalami langsung yang namanya bystander effect. Meski kedengarannya sepele, Kebiasaan ini bisa memicu dampak yang lebih besar. Bahkan, bisa aja menyebabkan hal-hal fatal berikut ini.

 

 

  

Pembunuhan di Minimarket

Pada 4 Agustus 2014, terjadi penembakan maut di sebuah minimarket. Anehnya, meski aksi itu dilakukan di depan umum, nggak ada satu orang pun yang terlihat menolong korban. 

Bahkan hingga ambulans datang 30 menit kemudian, korban yang kesakitan masih saja dibiarkan oleh orang sekitarnya. Alhasil, korban meninggal dalam perjalanan menuju ke rumah sakit karena terlalu kritis.

Dilansir dari Psychord, kejadian ini terjadi karena adanya difusi tanggung jawab pada orang-orang yang menyaksikan aksi penembakan. Dengan kata lain tiap orang merasa akan ada orang lain yang menolong korban. Dan karena semua orang berpikir begitu, akhirnya nggak ada yang benar-benar menolong korban.

 

 

 

Kejadian bunuh diri secara live

Selain contoh diatas, bystander effect ternyata bisa terjadi saat kita menemukan hal unik yang belum pernah terjadi. Misalnya kasus bunuh diri live di Facebook yang belum lama ini heboh.

Iya, secara nggak langsung itu termasuk bystander effect. Buktinya, meski banyak orang yang menonton hal itu, mereka seolah justru menanti kelanjutan aksi tersebut dan nggak berbuat apa-apa untuk menghentikannya.

Tidak ada yang menyangka kalau bapak-bapak tersebut melakukan bunuh diri secara live, sebab banyak yang merasa itu hanya suatu candaan. Padahal saat dicek oleh polisi, kejadian tersebut nyata, Nahloh!

 

Kasus Bullying di Depan Umum

Pernah nggak sih kamu justru menjauh saat melihat seseorang di-bully atau diganggu? Entah untuk menyelamatkan diri atau memang nggak mau menambah masalah lain, banyak orang secara nggak sadar melakukan ini.

Guess what, hal ini juga termasuk bystander effect. Hal ini udah dibuktikan lewat sebuah video social experiment. Seorang cewek di-bully tepat disekitar mall yang ramai, namun nggak ada satupun yang menolongnya.

 

 

 

Kejahatan Seksual

Di Chicago banyak terjadi kejahatan seksual yang dilakukan secara live di media sosial. Ironisnya, pihak polisi tetap nggak bisa menghentikan kejahatan itu tepat waktu.

Penyebabnya, meski banyak orang menyaksikan kejadian tersebut di media sosial, nggak ada satupun yang bergerak melaporkannya. Sedih kan?

 

Source : Youtube, NYTimes

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article