Are You a Zetizen?
Show Menu

Wajib Dicoba! 3 Makanan Tradisional Palembang Ini Rasanya Ngangenin Banget

Zetizen Sumsel Zetizen Sumsel 17 Jun 2017
Wajib Dicoba!  3 Makanan Tradisional Palembang Ini Rasanya Ngangenin Banget

Zetizen.com - Tepat hari ini, 17 Juni 2017 Kota palembang memperingati hari jadinya yang ke-1.334. Dan kali ini, banyak banget budaya palembang yang dikenalkan ke publik.

Iya, kota tertua di Indonesia ini ternyata kaya akan warisan budaya, khususnya di bidang kuliner. Bukan cuma pempek, palembang juga punya berbagai kue tradisional khas yang rasanya enaaak banget!

Ini tiga diantaranya. Udah pernah coba belum nih?

Kue Srikayo

Kue Srikayo

Kue Srikayo dengan Aroma Pandan (Instagram @okaulia)

Yang paling favorit, ada yang namanya Kue Srikayo. Kue dengan tekstur yang hampir mirip puding dengan komposisi telur, gula dan santan ini enaknya nggak ketolongan deh.

Sampai saat ini, Kue Srikayo masih mudah buat didapetin terutama karena kue ini sering disediakan di acara-acara besar. Selain terkenal karena rasanya, Kue Srikayo juga sering di katakan sebagai "makanan mertua".

Hal ini karena dalam budaya Palembang, Kue Srikayo sering diantar ke rumah mertua menggunakan rantang. Soalnya rasa manisnya dianggap mampu mencuri hati orang tua pasangan kamu. Yang punya gebetan orang Palembang, boleh deh dicoba!

Ohiya, untuk mengimbangi rasa manisnya, Kue Srikayo seringkali dipadukan dengan roti tawar dan juga ketan.

Kue Lapis Maksuba

Kue Lapis Maksuba

Kue Lapis Maksuba (Blogspot: Camelia-at-home.blogspot.co.id)

Bentar lagi Lebaran kan? Nah, biasanya Kue Lapis Maksuba bakal ada di hampir seluruh rumah orang Palembang. Meski bakal tersedia banyak yang bikin greget, kue ini dibuat selama 8 jam dan secara berlapis lapis.

Bahannya terdiri dari 28 telor bebek, mentega, dan gula. Dengan proses dan komposisi seperti itu, nggak heran kalau harga Maksuba termasuk cukup mahal per-loyangnya. Kue Maksuba di anggap sebagai kue kehormatan karena kue ini sering jadi hidangan ketika tamu datang.

Gulo Puan

Gulo Puan

Gulo Puan (Instagram @Dentist.Chef)

Kalian pecinta brown sugar? Wajib deh cobain Gulo Puan. Makanan satu ini dibuat dari campuran gula dan susu kerbau yang di panaskan secara terus menerus hingga kering di wajan selama 5 jam lebih.

Tekstur gulo puan ini lembut seperti karamel dan sedikit berpasir karena gula. Gulo puan biasanya dimakan bersama pisang goreng atau jadi olesan roti tawar.

Kalo di zaman dulu, Gulo Puan ini hanya dikonsumsi oleh para bangsawan Kesultanan Palembang. Sementara sekarang, Gulo Puan tergolong susah dicari karena proses pembuatannya yang susah dan bahan baku susu kerbau yang hanya dapat di temukan di beberapa kabupaten saja di Sumatera Selatan, terutama di daerah Pampangan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Nah, itu 3 makanan khas Palembang yang bakal jadi primadona di hari-hari besar kayak Lebaran. Mana nih yang paling pengin kamu coba?

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article