Are You a Zetizen?
Show Menu

6 Tips Biar Belanja di Sekitar Lebaran Nggak Bikin Kantong Jebol

Nourma Vidya Nourma Vidya 29 Jun 2017
6 Tips Biar Belanja di Sekitar Lebaran Nggak Bikin Kantong Jebol

"Baju baru, Alhamdulillah. Buat dipakai di hari raya,"-

Zetizen.com – Persis deh sama lagu itu, di suasana libur lebaran gini, rasanya nggak komplit kalau nggak belanja baju-baju baru. Apalagi, diskon lebaran lagi digelar gila-gilaan dimana-mana. Uuh! susah banget buat nahan diri biar thr nggak langsung hangus gitu aja.

Eh tapi tenang dulu, meski sama-sama belanja, kamu ternyata bisa kok menghemat pengeluaranmu dengan cara-cara berikut ini. 

Hindari Bawa Uang Cash Terlalu Banyak

Hindari Bawa Uang Cash Terlalu Banyak

Jangan pernah deh bawa uang cash banyak-banyak di dompet (Dumpaday)

Iya, tahu kok kamu abis keliling ke rumah-rumah saudara dan dapat amplop isi THR yang banyak banget. Tapi mending, tinggalin dulu deh sebagian uang cash-mu itu waktu mau belanja. Malah, kalau bisa bawa aja uang yang jumlahnya nge-pas sama harga-harga diskonan. 

Cara ini bakal bikin kamu mau nggak mau cuma membelanjakan uangmu seadanya. Karena nggak mungkin kan kamu ngutang dulu sama mbak-mbak kasirnya gara-gara kurang uang?

Singkirkan kartu-kartu ATM dari dompetmu

Singkirkan kartu-kartu ATM dari dompetmu

Kalau cerdas mix and match, satu baju pun bisa disulap jadi banyak gaya (Youtube)

Buat yang punya ATM, poin pertama aja mungkin nggak cukup. Jadi, selain bawa uang secukupnya, tinggalin juga deh kartu-kartu ATM yang kamu punya. Tujuannya? yaa percuma kan kalau kamu nggak bawa uang cash tapi malah gesek-gesek kartu dimana-mana...

Say No To One-Time Dress

Say No To One-Time Dress

Back to basic sometimes is the best choice! (Aarvee)

Beberapa fashion trend, nyatanya justru nggak bertahan lama. Ini yang bikin pengeluaranmu jadi kurang penting dan cenderung cuma ngabisin duit. Begitu trennya habis, udah deh, bajunya cuma numpuk aja di lemari.

Makanya, buat menghindari pengeluaran mubadzir kayak gini, mending belanjakan uangmu buat pakaian yang sifatnya long lasting. Misalnya overall, ripped-jeans, T-shirt, kemeja, dsb. Nggak cuma kece, outfit-outfit ini juga nggak bakal pernah basi meski kamu pakai bertahun-tahun. 

 

Belanja di Flea Market, Siapa Takut

Belanja di Flea Market, Siapa Takut

Kalau pintar memilih, kamu bakal menemukan hidden gems disini! (Twitter)

Nggak usah ribet ngejar-ngejar baju di mall kalau ternyata baju yang kamu pengin juga banyak tersedia di flea market. Nggak kalah sama mall, pasar pakaian kayak gini juga udah banyak banget jadi rujukan belanja baju-baju berkualitas. Sebut aja Malioboro di Jogjakarta, Pasar Atom di Surabaya, Pasar Tanah Abang di Jakarta, dan masih banyak lagi.

Meski nggak punya embel-embel brand ternama, bukan berarti kualitasnya pasti jelek. Asal pintar-pintar memilih, kamu pasti bisa kok dapat baju keren dengan kualitas oke. Tentunya, juga dengan harga yang nggak bikin kantong kering.

Bikin Aja Baju Sendiri

Bikin Aja Baju Sendiri

Sulit nemu baju yang cocok? Jahit aja sendiri! (Fashionbeans)

Harus diakui, belanja baju kadang emang suka bikin pusing. Selain butuh budget lebih, kita juga sering kesulitan menemukan style yang cocok sama keinginan. Kalau udah gini, maka menjahit baju sendiri bisa jadi pilihan. Nggak cuma bisa menentukan model yang diinginkan, beli bahan kain juga jauh lebih murah dari beli baju jadi. Buat yang suka dunia fashion design, lumayan juga kan buat menyalurkan hobi?

Jangan Gampang Termakan Iming-Iming Diskon!

Jangan Gampang Termakan Iming-Iming Diskon!

Meski menggiurkan, diskon juga harus dicermati (Seniorspokane)

Meski sekilas tampak menggiurkan, diskon yang diberikan pusat perbelanjaan ini kadang suka punya ‘makna terselubung’. Ada yang udah sengaja ditinggikan harganya baru didiskon, atau ada juga yang kalau dihitung-hitung sebenarnya bakal sama aja. Misalnya ya diskon 50% + 20% yang sebenarnya beda banget sama diskon 70% langsung.

Yaudah gitu deh kira-kira tips yang bisa kamu ikutin. Semoga THR mu awet dan nggak nyesel gara-gara salah beli baju ya!

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article