Are You a Zetizen?
Show Menu

4 Fakta Binge Eating Ini Wajib Kamu Tahu!

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 27 Jun 2017
4 Fakta Binge Eating Ini Wajib Kamu Tahu!

Zetizen.com - Binge eating adalah gangguan psikologis dimana seseorang makan dalam porsi banyak dengan waktu yang sangat mepet. Bahkan setiap 5 menit bisa makan dalam porsi yang banyak. Nah, dibalik binge eating disorder, ada beberapa mitos dan fakta yang wajib kamu ketahui, loh. Simak yuk!

 

foto: drfoodle

Mitos :

"Para penderita binge eating disorder adalah orang yang obesitas"

Faktanya:

Meski banyak makan, binge eating justru bukan kelainan orang yang obesitas maupun orang yang memiliki berat badan berlebih. Faktanya, banyak banget orang yang menderita binge eating tubuhnya proporsional.

Penyebab mereka mengalami binge eating adalah pembakaran kalori dengan cepat. Sehingga tubuh cepat lapar dan rasanya ingin makan terus. Belum lagi faktor psikologis seperti emosi dan stres.

Mitos:

"Binge eating tidak bisa disembuhkan"

Faktanya

Binge eating bisa disembuhkan, namun hal ini harus diniati dengan tekad yang matang. Sebab, untuk menghancurkan siklus binge eating sangatlah berat. Tubuh akan terus menerus mengajak kamu untuk makan di saat kamu menahan diri untuk makan.

Bahkan, saking beratnya kamu bisa sedikit stres. Namun, hal ini cuman berlaku diawal aja kok. setelah jalan 3-4 minggu, binge eating akan berkurang secara perlahan.

Mitos:

"Cewek paling gampang terkena binge eating"

Faktanya:

Karena cewek adalah makhluk yang paling peka dan gampang stres, alhasil seringkali mereka melampiaskannya ke makanan dan memicu binge eating. Padahal nih, baik cewek maupun cowok rentang 20-30 tahun,  sama-sama rentan terkena binge eating. 

 

bipolar menjadi salah satu hal yang berhubungan dengan Binge eating (cadabams)

Mitos:

"Binge Eating itu kelainan yang nggak berbahaya"

Faktanya:

Binge eating termasuk salah satu kelainan yang cukup berbahaya, loh. Sebab, binge eating juga berhubungan dengan beberapa kelainan lain seperti depresi, anxiety, hingga bipolar disorder.

Selain itu, untuk orang yang obesitas dan kena binge eating, resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes semakin tinggi

 

 source: WEBmd, cabbams, drfoodle

Editor: Fanny Kurniasari

RELATED ARTICLES

Please read the following article