Are You a Zetizen?
Show Menu

Ikut Arus Balik Mudik Lebaran? 4 Aplikasi Ini Bikin Perjalananmu Lebih Mudah

Nourma Vidya Nourma Vidya 02 Jul 2017
Ikut Arus Balik Mudik Lebaran? 4 Aplikasi Ini Bikin Perjalananmu Lebih Mudah

Zetizen.com – Goodbye lebaran, goodbye kampung halaman! Nggak terasa, libur lebaran seminggu lebih akhirnya selesai juga nih. Itu artinya kamu yang masih di kampung halaman udah harus banget pulang ke rumah kamu buat menyambut rutinitas. Huft!

Masalahnya, bukan cuma kamu, atau satu dua temanmu aja yang bakal siap-siap balik weekend ini. Di jalan nanti, kamu bakal berebut jalan sama ribuan bahkan mungkin puluhan ribu pengendara lain yang juga sama-sama mau pulang ke rumah. Nah, biar nggak bete sendiri waktu kejebak macet di jalan nanti, siapin dulu deh aplikasi-aplikasi berkut di smartphone kamu!

 

Ayo Mudik

Aplikasi ini langsung digagas oleh pemerintah 

 

Baru diluncurkan awal Juni kemarin, Aplikasi buatan pemerintah dan perusahaan startup Kudo ini diciptakan khusus buat memudahkan perjalanan para pemudik. And of course, fitur-fitur yang ada juga masih bakal membantumu di momen arus balik. Sebagai Aplikasi Mudik terpadu pertama yang langsung digagas oleh pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ayo Mudik punya segudang fitur keren yang bisa bikin perjalanan Mudik kamu lebih mudah.

 

Mulai info lokasi sampai cuaca, lengkap ada disini!

 

Semua konten dan informasi yang ada di Aplikasi ini langsung disediakan oleh berbagai kementerian dan lembaga-lembaga terkait. Misalnya Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, BMKG, Polri, dsb. Iya, semua informasi yang kamu butuhkan selama perjalanan ada semua disini. Mulai dari info cuaca, posko kesehatan, kondisi lalu lintas, SPBU, bengkel, ATM, sampai informasi bencana pun ada. perjalanan arus balik mu dijamin lancar deh! Mau coba aplikasinya? langsung download aja!

Download 

 

Tolkita

Segala info tentang jalan tol ada disini

Jalan tol udah hampir pasti jadi rute favorit pemudik. Sayangnya, meski punya embel-embel bebas hambatan, saat arus balik Mudik kayak gini, jalan tol jadi sama aja sumpeknya kayak jalanan biasa. Niat hati lewat jalan tol biar cepat sampai, eh malah bisa jadi molor berjam-jam deh kalau udah kejebak macet. Nggak ada istilah putar balik, sih.

 

Nggak usah takut lagi kebingungan di jalan tol

 

Makanya, biar kamu nggak salah memutuskan buat masuk jalur tol yang ternyata macet parah, coba deh kamu download dulu Aplikasi Tolkita. Aplikasi yang digagas langsung oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) ini, dijamin bisa ‘menjawab’ semua pertanyaanmu tentang kondisi jalan tol. Mulai dari informasi kecil kayak lokasi gerbang tol dan rest area, sampai berbagai kejadian seperti titik kemacetan dan kecelakaan. Oh ya, Tolkita juga punya fitur andala berupa pantauan CCTV di beberapa titik jalan tol nasional loh!

Download

NTMC TV Polri

Lihat kondisi jalan langsung dari CCTV Polri? Arus balik dijamin lancar!

Kalau Aplikasi yang satu ini, juga nggak kalah esensial dimiliki para ‘pejuang’ arus balik. Gimana enggak, Aplikasi yang langsung dinaungi Polisi Republik Indonesia (Polri) ini punya fitur super bermanfaat. Selain dilengkapi peta, Aplikasi ini juga menyediakan akses CCTV langsung dari kamera Metro Area dan Polda. Iya, jadi kamu bisa melihat kondisi lalu lintas secara realtime cukup lewat smartphone mu aja!

Nggak cuma lihat pantauan CCTV, kamu juga bisa nonton channel TV nasional

Kalau udah gini, maka perjalanan arus balik dijamin lancar. Tinggal pantau dari handphone, kamu bisa tahu deh jalur mana yang macet dan mana yang enggak. Alhasil, kamu nggak bakal ngomel-ngomel lagi karena terlanjur salah ambil jalur macet. Asyiknya lagi, kita juga bisa mengakses siaran beberapa TV nasional dari Aplikasi ini. Udah perjalanan lancar, anti bosan pula. Asyik, kan?          

Download 

GoMudik

Aplikasi ini bikin kamu update terus berita seputar arus Mudik dan arus balik

Kalau kamu termasuk yang suka mengikuti update seputar Mudik lewat berita, maka Aplikasi GoMudik bisa jadi pilihan. Aplikasi buatan CNN Indonesia ini menyajikan segala informasi terkini seputar kondisi arus Mudik dan arus balik jelas bisa didapat. Salah satunya, lewat reportase Mudik yang bisa terus kamu tonton langsung di smartphone. GoMudik juga punya fitur sosial media, yang menampung berbagai info perjalanan yang diunggah masyarakat di sosmed.

 

Aplikasi ini juga punya segudang info penting buat menemani perjalanan arus balik

Menariknya lagi, GoMudik punya berbagai fitur interaktif yang bisa digunakan buat berkomunikasi sama pemudik lainnya. Kamu bisa melaporkan kondisi jalan yang kamu temui buat dibaca pemudik lain, begitu pun sebaliknya. Atau, kamu juga bisa langsung sharing foto dan video seputar kondisi jalan yang kamu lewati, biar bisa dilihat para pemudik lain. Berbagi info sama pejuang arus balik lain dijamin bikin perjalananmu terasa lebih menyenangkan deh!

Download

 

Naih, itu dia 4 Aplikasi Mudik yang bisa membantu kamu menghadapai kondisi jalan yang super crowded. Semoga perjalanan Mudik kalian lancar dan selamat samai tujuan ya, Guys!

 

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article