Are You a Zetizen?
Show Menu

5 Perbedaan Sedan Listrik Tesla Model S dengan Mobil Berbahan Bakar Minyak

Bogiva Mirdyanto Bogiva Mirdyanto 15 Jul 2017
5 Perbedaan Sedan Listrik Tesla Model S dengan Mobil Berbahan Bakar Minyak

 

Zetizen.com -Buat sebagian besar orang indonesia, Nama Tesla Motors mungkin masih sangat asing. Wajar, sebab produsen mobil asal Amerika Serikat ini memang tergolong baru. Terlebih, mobil produksi pabrikan ini punya mesin yang benar-benar revolusioner.

Iya, Tesla Motor merupakan perusahaan otomotif pertama yang seratus persen mendesain dan membuat mobil listrik komersial. Salah satu mobil produksinya, tesla model s menjadi sedan full electric pertama yang sukses besar di pasaran.

Di Indonesia sendiri, baru ada dua tesla model s yang resmi masuk. Dari pengalaman mengemudikan sedan listrik satu ini, ada lima perbedaan utama yang begitu terasa jika dibandingkan mobil bermesin konvensional.

 

Nggak Perlu Memikirkan Bensin

Berjalan sepenuhnya menggunakan mesin listrik, mobil ini samasekali nggak memerlukan bensin satu liter pun. Sebagai gantinya, baterai pada mobil ini harus di charge sebelum bisa digunakan. Rasanya mirip seperti smartphone. Di-charge, dan dipakai.

 

Minim Servis

Dengan tidak adanya mesin bensin yang panas dan penuh komponen bergerak, mobil ini nggak perlu diberi pelumas atau cairan apapun seperti mobil konvensional biasa. Pemilik Tesla hanya perlu mengganti kampas rem, ban dan wiper. Selebihnya, peningkatan performa bisa delakukan dengan mengupdate software.

 

Nyaman tapi Memiliki Performa Seperti mobil Balap

Kebanyakan desain mobil mengorbankan performa untuk kemewahan. Tapi di mobil ini kita justru dapat menikmati keduanya. Dengan mesin listrik yang settingnya mudah diganti, performa mobil ini sangat mudah disesuaikan. Pada mode performance, mobil ini mampu berakselerasi dari nol hingga 100 kmh dalam 2.5 detik. Yang mengejutkan, dengan akselerasi sedahsyat itu, handling mobil ini tetap responsif dan stabil.

 

Segala kecanggihan dapat didapat melalui head unit

Kalau kebanyakan head unit pada mobil lain hanya berfungsi untuk mengatur entertainment, nggak begitu halnya dengan Tesla. Head unit dan layar berukuran besar di dashboard mobil ini jadi pusat kontrol untuk berbagai hal.

Mulai dari mengunci pintu, mengatur lampu, sunroof dan tentunya segala jenis entertaiment dapat diatur melalui head unit tersebut.Untuk urusan entertainment dan navigasi, mobil ini sudah dilengkapi Spotify dan Google Maps.

 

Adanya Smart Access Melalui Mobile App di Android dan iOS

Memiliki sistem kontrol supercanggih, pemilik Tesla bisa mendownload aplikasi di smartphone yang dapat digunakan sebagai remote kontrol untuk mobil ini. Mulai dari mengunci pintu, menyala-matikan mesin dan berbagai tugas lainnya, bisa dilakukan dengan gadget yang telah terkoneksi melalui aplikasi tersebut.

 

Dengan semua kecanggihan itu, Tesla pastinya bakal membuat banyak orang terpikat. Sayang, karena belum ada ATPM resmi yang memegang merk ini, harga sebuah tesla model s sendiri masih sangat mahal, sekitar 4 milyar rupiah.

Meski demikian, untuk kamu yang benar-benar mampu membelinya, tesla model s ini jelas merupakan mobil masa depan yang nggak bakal mengecewakan buat dimiliki.

 

Penulis: Tondy Nugraha

Editor: Bogiva

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article