Are You a Zetizen?
Show Menu

3 Spot Ini Wajib Kamu Kunjungi Saat ke Wisata Religi Ampel

3 Spot Ini Wajib Kamu Kunjungi Saat ke Wisata Religi Ampel

(Ilustrasi: Ramadhan Arya H.)

 

Zetizen.com – Kawasan Ampel di Surabaya Utara menjadi salah satu destinasi wisata yang nggak pernah sepi pengunjung. Budaya Timur Tengah yang kental serta wisata religi yang menyejukkan hati membuat banyak pengunjung nggak pernah kapok datang kesini. Buat kamu yang akan berkunjung kesana, 3 spot ini wajib masuk ke daftar kunjunganmu. Ada apa aja sih emang?

Depot Yaman Kuliner

Tampak depan Depot Yaman Kuliner (foto: Aprilia N.)

Berdiri sejak tahun 2002 tidak membuat Depot Yaman Kuliner kalah dengan tempat makan yang lebih senior. Berbagai menu makanan Timur Tengah seperti Kambing Oven/Bakar, Tongseng/Gule Sapi, Ayam Goreng Kecap Arab yang dipadu dengan Nasi Kebuli, Nasi Tomat, atau Nasi Kabsah, tentu akan membuat lidahmu dimanjakan tanpa henti.  

Psst... ternyata, ada resep khusus yang bikin menu mereka sangat spesial. Jika umumnya kambing muda hanya di kukus dan di oven agar empuk, di Depot Yaman Kuliner kambing muda akan di presto selama 2 jam sebelum di oven. “Dengan di presto, kambing akan jadi empuk dan bumbunya bisa meresap hingga ke tulang,” ujar Ema, salah satu pegawai sekaligus keluarga dari pemilik Depot ini. 

Untuk minumannya,  teh arab jadi minuman yang recommended banget!. Selain menggunakan bahan yang segar, paduan kayu manis di dalam minuman tersebut menghasilkan aroma dan rasa yang nggak bakal terlupakan. Buat makan di sini, budget yang wajib kamu siapkan adalah Rp 100 ribu - Rp 150 ribu per orang 

Nih, beberapa foto makanan yang dijamin bakal bikin kamu ngiler!

Kambing Oven (foto: Aprilia N.)
Nasi Kebuli dengan daging kambing (foto: Aprilia N.)

 

Nama Tempat: Depot Yaman Kuliner
Alamat: Jl. KH Mas Mansyur No. 92, Ampel, Surabaya (Di bagian bawah Hotel Kemajuan)
Jam Buka: Setiap Hari, 09:00-22:00
No. Telp: (031) 3521775

 

Warung Kopi Arab Ibu Very

Rempah menjadi paduan utama di dalam kopi ini (foto: Felina A.)

 

Kopi dicampur dengan susu atau gula? Itu sudah biasa banget. Kamu harus coba nih kopi arab yang ada di Warung Kopi Arab Bu Very. Kopi arab memiliki paduan kopi,  jahe, kayu manis, serta kapulaga. Sehingga sensasi gurih kopi arabica serta sensasi pedas di mulut bikin kamu makin ketagihan.  

By the way, warung kopi ini merupakan salah satu yang tertua di sini. Pada awalnya, warung ini menjual dua menu andalan yaitu gulai kacang hijau dan kopi arab. Namun, setelah suami dari pemilik warung ini meninggal, hanya kopi arab yang menjadi menu andalan di warung ini. "Saya sendiri lupa kapan warung ini buka. Tapi, saya sendiri sudah generasi ketiga dan memegang warung ini sejak 15 tahun lalu," ujar ibu Very, pemilik warung ini. 

Buat bisa ngopi santai disini, kamu hanya perlu menyiapkan budget sebesar Rp 3500 untuk satu gelas kopinya. Dan untuk gorengan yang di jual di sini harganya hanya Rp 1000. Murah meriah banget kan buat pelajar? 

 

Nama Tempat: Warung Kopi Arab Ibu Very
Alamat: Jl. Panggung, Gang Pabean Kulon V, Ampel, Surabaya (Sebelah kiri Masjid Serang)
Jam Buka: Senin-Sabtu, 07:00-16:00
 

 

Ampel Suci dan Ampel Masjid

Aneka kurma dan kacang arab di Ampel Suci (foto: Aprilia N.)
 Ada juga jajanan jawa di sekitar Masjid Ampel (foto: Aprilia N.)

 

Puas jalan dan makan, saatnya berburu oleh-oleh. Zetizen rekomendasiin kamu buat datang ke Ampel Suci dan Ampel Masjid. Ampel Suci sendiri merupakan nama gang yang menghubungkan Jl. Sasak dengan Masjid Ampel. Sedangkan Ampel Masjid menghubungkan Jl. Nyamplungan dengan Masjid Ampel. Di sana, kalian akan menemukan toko-toko yang menjual berbagai macam oleh-oleh. 

Buat kamu yang ingin oleh-oleh berbau fashion, busana muslim, henna (nail polish), dan parfum arab yang memiliki aroma rempah-rempah bisa jadi opsi pilihan. Buat camilan ada berbagai makanan timur tengah seperti kacang-kacangan, frozen food seperti kebab, roti maryam, samosa dan roti kamer serta berbagai macam jenis kurma. Harga yang ditawarkan juga nggak bikin kantung kering kok. Apalagi kamu punya skill menawar yang handal. 

Ada hal yang sangat menarik di sini. Selain warga kampung arab, ada juga berbagai warga lain yang berasal dari suku jawa dan suku madura. Mereka semua saling menjunjung tinggi toleransi adat dan kebersamaan. Ini nih yang jadi hal menarik selama kamu berada di sini. 

 

Nama Tempat: Pasar Ampel Suci dan Pasar Ampel Masjid
Alamat: Jl. Sasak, Gang Ampel Suci dan Jl. Nyamplungan, Gang Ampel Masjid, Ampel, Surabaya
Jam Buka: Setiap Hari, Pagi – Malam
Rekomendasi Budget: Rp 50.000 – Rp 100.000 per orang

 

So, what are you waiting for? Let’s go eat and challenge yourself to try something new!

 

 

Zetizen Summer Class Batch 2 Vol. Surabaya
Team 6
 
Rayhan Marfiano R. / SMA Negeri 2 Surabaya / Writer
Octavia Ismianti Putri N. / SMA Negeri 4 Surabaya / Writer
Aprilia Nabiilatunnisa / SMK Al-Islah Surabaya / Photographer
Felina Anindita / SMA Negeri 1 Kebomas Gresik / Photographer
Fanani Adis Safitri / SMA Negeri 1 Surabaya / Social Media Strategist
Ramadhan Arya H. / SMA Negeri 15 Surabaya / Graphic Design
 
Editor: Afrieza Zaqi

Save

Save

Save

Save

RELATED ARTICLES

Please read the following article