Are You a Zetizen?
Show Menu

Seandainya Kecoa Musnah dari Muka Bumi

Zetizen Zetizen 03 Jun 2016
Seandainya Kecoa Musnah dari Muka Bumi

Zetizen.com – Cowok manly seperti Chris Evans sekalipun belum tentu garang kalau menghadapi kecoa. Apalagi kalau serangga satu itu udah terbang. Ngeri! Tapi apa jadinya kalau Kecoa yang bikin banyak orang jijik itu punah? Yuk dibayangin (livescience/scienceabc/junesjournal/fhr/sam)

 

Hewan Lain juga Bakal Punah

Masih inget kan pelajaran biologi tentang rantai makanan? Meski kamu benci kecoa, hewan itu punya peran penting dalam food chain. Kecoa berada di posisi bawah rantai makanan. Kalau ia punah, burung, tikus, dan mamalia pemakan serangga lainnya bakal kehilangan makanan. Kalau mereka nggak bisa adaptasi cari makanan lain, hewan-hewan itu bisa ikutan punah kayak kecoa.

 

Hutan Bakal Kekurangan Nitrogen

Hutan nggak hanya berguna sebagai paru-paru bumi namun juga sebagai habitat berbagai spesies. Nah pohon-pohon di hutan butuh nitrogen untuk dikonversikan ke dalam protein yang mereka butuhkan. Thanks to cockroach! Ternyata Kecoa punya peran besar dalam siklus nitrogen.

Berkat “hobinya” memakan organisme busuk, Kecoa membantu mengonversinya jadi ammonia saat mereka BAB. Nah di dalam tanah, kotoran itu diubah bakteri jadi nitrogen lagi. Kebayang kan kalau Kecoa punah, pertumbuhan pohon-pohon di hutan bakal terganggu?

 

Manusia jadi Malas Bersih-Bersih

Ini nih yang gawat. Karena nggak ada ancaman dari Kecoa terbang, manusia lebih nyantai buat numpuk barang dengan nggak rapi, malas cuci piring sehabis makan, dll. Wah rumah jadi kotor dong!

RELATED ARTICLES

Please read the following article