Are You a Zetizen?
Show Menu

Perusahaan Real Estate Jepang kembangkan Rumah Gratis untuk Keong Hermit

Zetizen Zetizen 10 Jun 2016
Perusahaan Real Estate Jepang kembangkan Rumah Gratis untuk Keong Hermit

Zetizen.com – Industri real estate seringkali identik dengan perusakan lingkungan. Namun, ide perusahaan real estate asal Jepang yang satu ini justru menunjukan sebaliknya. Perusahaan bernama suumo ini baru saja melakukan terobosan unik dengan mengembangkan ‘rumah’ bagi keong Hermit liar berbentuk cangkang sintetis. Wow!

Ide kampanye berjudul 'Shell we move?' ini lahir dari penelitian atas keong Hermit yang rutin berganti cangkang seiring pertumbuhan mereka, namun kesulitan untuk menemukan cangkang baru. Bahkan begitu krisisnya, kadang ditemukan keong yang menjadikan sampah plastik kayak tutup botol sebagai rumah.

 “Mereka selalu kekurangan cangkang.” - Profesor Hamasaki dari Tokyo University of Marine Science and Technology

berbagai ukuran cangkang keong (youtube)

Demi mengembangkan rumah keong terbaik, suumo dan para oseanografer dari Tokyo University of Marine Science and Technology mendesain cangkang tersebut dengan sangat teliti. Intrior dan lekukannya di desain untuk mengakomodasi berbagai bentuk tubuh keong hermit. Bahan yang digunakan untuk membangun cangkang buatan itu juga terbuat dari bahan yang ramah lingkungan, yaitu campuran pati.

Interior dan lekuk cangkang dirancangs secara detil (spoon-tamgo)

Praktis satu-satunya kendala yang ada hanya lah bagaiaman agar membuat Hermit keong pindah dari rumah yang lama ke rumah yang baru. Ternyata, tidak sulit untuk mengakali itu. Karena begitu cangkang buatan diletakkan di pantai, ternyata keong dengan sukarela pindah!

 

Selain sebagai aksi lingkungan, proyek cangkang keong ini juga menjadi kampanye kreatif prerusahaan. Cangkang yang dibuat sekaligus menjadi media promosi dengan menyematkan nama dan logo perusahaan. Nggak salah kalau kampanye kreatif ini mendapat pujian dari berbagai ahli di bidang lingkungan maupun marketing. (Yattar Japan/Spoon-Tamago/ads of the world/fhr/giv)

RELATED ARTICLES

Please read the following article