Are You a Zetizen?
Show Menu

Ilmuwan Jepang Temukan Bakteri Pemakan Plastik.

Zetizen Zetizen 14 Mar 2016
Ilmuwan Jepang Temukan Bakteri Pemakan Plastik.

foto ilustrasi plastik PET : gizmag/Steven DepoloCC2.0

Zetizen.com – Selama bertahun tahun, limbah plastik yang susah terurai selalu jadi masalah lingkungan. Untungnya, sekelompok peneliti asal jepang baru saja menemukan jenis bakteri baru yang mengkonsumsi limbah plastik sebagai sumber energinya. Lebih tepatnya, bakteri yang diberi nama Ideonella sakaiensis ini mengkonsumsi plastik jenis PET (polyethylene terephthalate) yang merupakan jenis plastik paling banyak digunakan dalam pembuatan berbagai kemasan produk.

Penemuan bakteri pemakan plastik ini sendiri tidak lepas dari penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti asal Kyoto Institute of Technology. Tim yang diketuai oleh Dr. Shosuke Yoshida tersebut mengambil 250 lebih sample dari pusat daur ulang plastik PET setempat. Nah, diantara tumpukan sampah, endapan dan timbunan limbah itu, para peneliti menemukan bakteri tersebut hidup dan berkembang biak.

Untuk memastikan penemuannya, tim peneliti tersebut kemudian juga menguji kemampuan bakteri tersebut dengan menempatkannya dalam sebuah wadah tertutup berisi plastik PET. And you know what? Hanya dalam waktu beberapa minggu, plastik PET tersebut telah terurai kembali ke komponen dasarnya yakni asam terephthalic dan senyawa ethylene glycol yang aman bagi lingkungan. Tentunya hal ini berbeda jauh dengan waktu puluhan tahun yang biasanya diperlukan untuk mengurai bahan plastik di alam.

Nantinya, penemuan ini akan dilanjutkan dengan penelitian mengenai sifat dan karakter bakteri pemakan plastik tersebut. Sehingga, para ilmuwan dapat mengembangbiakkan bakteri pemakan plastik tersebut dalam jumlah yang dibutuhkan. Well, semoga penelitian ini sukses dan bisa mengurangi sampah plastik yang udah banyak banget itu ya, Guys! (gizmag/sciencealert/giv)