Are You a Zetizen?
Show Menu

Cara Mudah Latih Otak, Bikin Kamu Lebih Cepat Pintar

Nourma Vidya Nourma Vidya 15 Apr 2017
Cara Mudah Latih Otak, Bikin Kamu Lebih Cepat Pintar

Zetizen.com – Pernah nonton sinetron di TV yang jumlah episodenya ngalah-ngalahin jumlah hari dalam setahun itu? Kalau iya, pastinya kamu nggak asing dong dengan adegan gegar otak dan hilang ingatan. Kerennya, meskipun mereka nggak bisa mengingat masa lalunya, mereka tetap menguasai skill-skill dasar kayak membaca, berhitung, bicara dan pengetahuan umum lainnya. Kok bisa?

Well, ternyata itu karena gegar otak nggak mempengaruhi memori intelijen seseorang. Beda dengan memori yang bertugas mendokumentasikan kejadian dalam bentuk ingatan, memori intelijen ini lebih mempengaruhi kecerdasanmu mengingat hal-hal di alam bawah sadar. istilah kerennya, "udah hafal diluar kepala". Orang yang gegar otak sekalipun bakal tetap tahu kalau 2+2 = 4, dan bagaimana cara menggunakan sendok, garpu dan pisau saat makan.

Asiknya, dengan melatih kemampuan memori intelijen ini, kamu bisa lebih mudah memahami sesuatu dengan menjadikannya sebuah konsep dan bukan ingatan. Dengan kata lain, kamu bisa lebih cepat belajar dan jadi pintar, dengan melatih memori intelijenmu lewat kebiasaan-kebiasaan berikut.

 

mengasah <a href= memori inteligen dengan mengamati" width="1200" />
Foto : artofobservation

Meningkatkan Perhatian Terhadap Keadaan Sekitar

Salah satu sifat memori inteligen yang dimiliki manusia, adalah bekerja berdasarkan pengetahuan yang dimiliki. Maka, memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan jelas penting dilakukan. Misalnya dengan sering-sering meningkatkan perhatian dan pengamatan pada hal-hal yang ada di sekitar kita. Baik itu pemandangan, aktivitas orang, atau semacamnya.  Dengan banyak-banyak memperhatikan dan mengamati, makin banyak pula kamu bisa menyerap informasi dan membangun memori. Sehingga, saat kamu membutuhkan sebuah informasi spontan, memori inteligenmu akan dengan ‘reflek’ membantumu buat mengingatnya. Asyik, kan?

 

mengasah <a href= memori inteligen dengan menghubungkan fakta " width="1200" />
Foto : linkedin

Mengingat dengan Saling Menghubungkan Fakta

Pernah dengar istilah ‘jembatan keledai’? Yap, jembatan keledai adalah salah satu metode menghafal dengan mengaitkan satu fakta dengan fakta lain hingga membentuk suatu kalimat atau cerita runtut. Ternyata, hal ini emang ampuh loh buat membantu kita mengingat. Karena faktanya, otak manusia emang lebih mudah mengingat fakta-fakta yang saling terpaut dan bisa menimbulkan makna. Sehingga, saat kita lupa pada satu fakta, memori inteligen kita akan membantu kita mengingatnya dengan menghubungkan pada fakta-fakta terkait lain yang udah kita simpan sebelumnya. Keren!

 

mengasah <a href= memori inteligen dengan memecahkan masalah" width="1200" />
Foto : hkust

Sering Berlatih Memecahkan Masalah

Waktu kamu terjebak  masalah yang memerlukan inisiatif dan keputusan alternatif cepat, memori intelijen lah yang kamu andalkan. Maka, melatih diri buat memecahkan masalah bakal mengasah dan mengoptimalkan memori inteligenmu secara otomatis. Psst, konteks masalah yang dimaksud disini beragam loh. Mulai dari memperbaiki barang rusak, menjawab teka-teki, sampai menghadapi salah paham dengan teman atau pacar juga bisa dikategorikan sebagai sebuah masalah. So, kalau kamu dihadapkan  sama sebuah permasalahan jangan nyerah gitu aja ya. Kamu justru harus berusaha menyelesaikannya biar memori inteligenmu juga makin terasah!

 

mengasah <a href= memori inteligen dengan berfikir kreatif" width="1200" />
Foto : daysoftheyear

Bekerja Secara Kreatif

Karena berlatih memecahkan masalah itu penting, maka membiasakan diri bekerja dan berfikir secara kreatif juga sangat penting buat mengasah memori intelijenmu. Misalnya nih, kamu diharuskan memakai baju rapi untuk interview seleksi lomba. Di tengah jalan, bajumu terciprat air becekan. Saat menghadapi hal kayak gini, kreatifitasmu dalam berpikir dan bekerja lah yang diandalkan. Misalnya menutupi noda dengan scarf, atau melakukan cara lain. Makin cepat kamu bekerja dan menciptakan pikiran kreatif, maka makin baik dan optimal pula memori intelijenmu telah terasah.

 

 

mengasah <a href= memori inteligen dengan bermain games" width="1200" />
Foto : parade

Memainkan Board Game dan Puzzle

Memori intelijen adalah sebuah memori yang bekerja berdasarkan pengalaman dan pola tertentu. Maka, makin sering kita melakukan sesuatu dan makin memahami pola yang ada, makin mudah pula memori intelijen bekerja saat menghadapi situasi yang sama. Mengasah pengalaman dan pola ini bisa dilakukan secara asyik dengan main games-games tertentu loh. Penasaran games nya seperti apa? Lihat dan coba mainkan di halaman Zetizen (16/4) ya!

 

Editor: Bogiva

RELATED ARTICLES

Please read the following article