Are You a Zetizen?
Show Menu

Ilmuwan Inggris Temukan Material Jubah Tembus Pandang

Zetizen Zetizen 17 Jul 2016
Ilmuwan Inggris Temukan Material Jubah Tembus Pandang

 

Zetizen.com - Siapa sih yang nggak kagum ngelihat jubah sihir alias invisibility cloak yang sering digunakan Harry Potter di filmnya? Meski emang dalam filmnya jubah itu berkekuatan sihir, ternyata, sekelompok ilmuwan dari Queen Mary University of London baru baru ini berhasil menemukan teknologi mirip Invisibility cloak itu loh!

Emang sih, teknologinya belum sampai bisa menyembunyikan objek sebesar manusia. Tapi kalau untuk benda kecil seukuran ponsel, teknologi temuan tim yang diketuai Professor Yang Hao ini udah bekerja cukup baik. “Desainnya menggunakan konsep perubahan optik konsep yang sama dengan invisibility cloak” ujar Professor Yang Hao.

 

 

FYI, tim dari Queen Mary University bukanlah yang pertama menggagas. Karlsruhe Institute of Technology dari Jerman juga pernah merilis penelitian bertema serupa. Bedanya, tim dari Jerman ini menggunakan media kotak yang bisa membengkokan cahaya yang masuk sehingga tiap objek yang dimasukkan ke dalam kotak tersebut bisa jadi tidak terlihat.

Beda lagi dengan University of Rochester yang bisa membuat alat semacam kaca pembesar yang mampu memaksa cahaya untuk menembus objek didepannya, menjadikan objek tersebut tembus pandang.

Well, gimanapun bentuknya, kayaknya seru ya kalau suatu saat teknologi tembus pandang gini benar benar terwujud. Main petak umpet jadi lebih gampang, yang mau melarikan diri dari kenyataan juga jadi makin gampang. #eh (scienceexplorer/independent/aw/giv)

RELATED ARTICLES

Please read the following article