Are You a Zetizen?
Show Menu

Ini Dia 4 Aksi Lingkungan dari Para Alpha Zetizen 2016

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 04 May 2017
Ini Dia 4 Aksi Lingkungan dari Para Alpha Zetizen 2016

Zetizen- Dari tahun ke tahun, Bumi terus menunjukkan kondisi yang memprihatinkan. Bahkan es di Kutub pun terus meleleh dan menyebabkan air laut yang terus naik. dan kalau diteruskan, bisa bisa pulau yang kita gunakan sebagai tempat hidup akan tenggelam loh! Nah, untuk menjelaskan betapa bahayanya lingkungan jika dibiarkan seperti ini terus, para Zetizen pun tergerak dan mengadakan sosialisasi tentang bagaimana cara kita untuk menjaga lingkungan. penasaran seperti apa? yuk intip aksinya disini!

Ajak Teman ikut Bank sampah dengan hadiah spesial buat pesertanya

dengan bantuan sekolah, Abdul Jaman bisa menggerakkan teman-teman dan lingkungan sekitarnya untuk ikut bank sampah (foto: pribadi)

Aksi dari Abdul Jaman dari SMK Negeri 1 Kedawung, Jawa Barat ini sangat keren loh. dia berhasil menggerakkan teman-teman sekelasnya untuk mengikuti Bank Sampah. Bank Sampah tersebut ia ajak bekerja sama dengan sekolahnya. Dengan sedikit sosialisasi yang dibantu sekolah, akhirnya ia pun mendoktrin temannya agar mulai memilih dan memasukkannya ke bank sampah di kotanya. Darisana, nanti sampah akan di kumpulkan jadi satu, dipilih, dan diolah kembali. Lalu nih, dia juga memberi gift spesial buat temannya yang ikut menyumbang di bank sampah loh!

 

Bina Para Anak Buruh Pasar Untuk Lebih Sayang Lingkungan

Menurut Patricia, anak buruh pasar lebih kuat pengaruhnya untuk mengajak orang tuanya sadar kesehatan lingkungan. (foto: dok.pribadi)

Menurut Patricia Cornelia dari SMA Taman Rama Bali, Lingkungan merupakan sebuah hal yang sangat mendukung kehidupan kita. Tak ayal, dia dan adiknya pun mendirikan Green Team Indonesia dimana komunitas ini berfokus kepada  memberi dampak yang positif ke lingkungannya. Untuk itu, dia pun mengedukasi para anak dari buruh angkut pasar tradisional yang notabenenya merupakan orang yang kurang peduli pendidikan. Selain memfokuskan ke pengelolaan lingkungan, dia juga memberikan kursus tambahan seperti Crafts and cooking, serta cara membaca.

 

Ajak anak remaja untuk Reduce, Reuse,dan Recycle.

 

Reduce, Reuse, Recycle jadi pegangan Grace Dwi untuk beraksi positif (foto: grace Dwi)

Reduce, Reuse, dan Recycle merupakan satu pegangan kuat Grace Dwi dari SMKN 4 Gorontalo untuk mengubah lingkungannya menjadi lebih sehat. Alhasil, dia pun men-influence temannya agar mencoba dan bergelut langsung ke prinsip 3R tersebut. tak puas disitu aja, dia juga mengajak lingkungan sekitarnya dengan ikut programnya ini. dengan memanfaatkan barang bekas, ia juga mensosialisasikan cara how to 3R agar teman-temannya mampu melakukan dan memberi dampak positif ke lingkungannya. hal yang bikin menarik lagi nih, Grace juga membuka tempat praktik mengolah barang bekas dirumahnya. Ia ingin menunjukkan bahwa sampah juga bisa dijual dengan sentuhan kreatifitas.

 

Membibit Sadar Kesehatan Lingkungan dari Usia Dini

 

Nabilla Cifa sengaja mengedukasi anak kecil agar kedepannya mereka bisa menjadi bibit penjaga lingkungan disekitarnya (dok.pribadi)

Dengan konsep sebagai tutor sebaya, Nabila Cifa Permata dari SMAN 3 Sorong menunjukkan bahwa menyadarkan rekan untuk menjaga lingkungan itu sangatlah diperlukan. Namun, karena kesadaran yang sudah minim membuat Nabila berpikir ulang bagaimana caranya agar sanitasi lingkungan bisa menjadi lebih baik. Alhasil, ia pun memulainya dari siswa SD dengan harapan jika dari kecil di didik dengan baik maka dewasanya pun akan sadar dan dapat menularkannya ke lingkungan sekitar.

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article