Are You a Zetizen?
Show Menu

Flotus Fest 2021, Spread Happines To Others

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 03 Feb 2023
Flotus Fest 2021, Spread Happines To Others

Zetizen - Ide dan kreativitas harus tetap jalan sekalipun di kondisi pandemi. Tentu, dengan mengarahkannya pada kegiatan positif agar timbul jiwa artistik, kritis, dan aspiratif. Well, dalam rangka memperingati hari jadi UKM Seni Fakultas Teknologi Pangan Universitas Brawijaya, diadakanlah sebuah event untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa di bidang seni. Acara tahunan itu adalah Flotus Fest!

Sempat absen pada 2020, Flotus fest kembali hadir dengan konsep virtual bertema Indonesian Pop Culture. Tema tersebut dipilih mengingat pop culture bersifat dinamis dan fleksibel layaknya generasi muda saat ini. Flotus Fest 2021 bisa dinikmati berbagai kalangan karena rangkaian acaranya nggak cuma konser musik. Ada Virtual Art Exhibition dan online charity yang akan diserahkan kepada Yayasan Panti Anak Cacat di Malang, lho!

’’Virtual art Exhibition diadakan sebagai wadah seniman lokal untuk menunjukkan karya mereka. Bentuk karya yang dipamerkan ada typography, lukisan, dan fotografi. Karya seni dapat disaksikan secara virtual di website. Namun, tetap memberi real-life experience kepada penonton. Total partisipannya berjumlah 16 seniman dengan 24 karya,’’ jelas Geraldo Darrel, ketua pelaksana Flotus fest 2021.

Menariknya, konser musik virtual Flotus Fest 2021 mengusung tiga nama jalan di Jakarta. Setiap jalan merepresentasikan lagu serta suasana para performer. Di antaranya, ada Jl Melawai yang merepresentasikan kawula muda bergaya edgy, vintage, dan indie, dengan Farrel Hilal dan Skyline sebagai guest star. Lalu ada Jl Brawijaya dengan gaya kasual, fun, dan funk sebagaimana Juicy Luicy. Terakhir Jl Senopati yang high-end, sophisticated, dan bebas layaknya Basboi.

Acara yang sukses dilaksanakan pada Sabtu (27/11) malam itu dibuka dengan penampilan Flopi dari UKM seni. Yang disusul penampilan musik dari grup band Anville dan Greyfia. Acara semakin seru dengan penampilan guest star keren. Farrel Hilal, Skyline, Juicy Luicy, dan Basboi masing[1]masing membawakan enam lagu andalan mereka. Penonton pun dapat mengungkapkan antusiasme mereka lewat live streaming comment box.

Keberhasilan Flotus Fest 2021 terselenggara meriah menunjukkan totalitas semua yang terlibat. ’’Kami menggerakkan panitia secara maksimal untuk bisa mengembang[1]kan konsep acara, menentukan tema, bahkan melakukan riset kecil mengenai online music concert dan platform yang akan digunakan. Kami juga mengupayakan dana agar acara bisa berjalan dengan baik,’’ ungkap Geraldo.

Adanya Flotus Fest 2021 diharapkan bisa menularkan efek kegembiraan dan kebahagiaan sekaligus menjadi media transfer ilmu bagi anggota UKM Seni. ’’Sebagaimana tagline kami, ’Fasten Your Seatbelt, Relish The Effect. Flotus Fest 2021 juga ingin ’ memberikan apresiasi terhadap musisi lokal dan seniman di sekitar,’’ tandas Geraldo. Well done Flotus Fest! (arm/c12/lai)

Acara Flotus Fest 2021 bagus banget dari segi konsep dan pelaksanaannya. Apalagi saat Juicy Luicy tampil! Website untuk live streaming lancar, bintang tamu sama MC keren dan seru, serta konsep virtual art exhibition-nya pun nggak kalah kerennya. Ada kayak sejarah musik dari zaman ke zaman dengan gambar-gambar yang mendukung. Suasana nostalgianya dapet banget. Semoga next kegiatan bisa dilakukan secara langsung biar feel-nya lebih kerasa.’’

Ratna Safitri, Universitas Negeri Surabaya

RELATED ARTICLES

Please read the following article