Are You a Zetizen?
Show Menu

Let's Create The Reels

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 31 Jan 2023
Let's Create The Reels

Zetizen-Inovasi dan pengembangan terus dilakukan aplikasi media sosial Instagram. Terbaru, fitur Instagram reels sudah bisa dinikmati di Indonesia sejak rilis pada 23 Juni 2021. Fitur tersebut memungkinkan pengguna Instagram untuk membuat video pendek berdurasi hingga 15 detik dengan latar musik populer. Nanti video itu dapat dibagikan ke teman, pengikut, bahkan nonfollowers juga bisa menemukan kreasi video yang kamu buat.

Disebut hampir mirip dengan aplikasi TikTok, reels juga memungkinkan pengguna untuk menuangkan kreativitas melalui serangkaian fitur yang tersedia. Ada fitur pengeditan, pengaturan timer, pengaturan kecepatan, efek AR, hitung mundur, hingga berkolaborasi melalui fitur remix. Konten reels juga bisa menggunakan potongan klip video dengan menambahkan audio asli maupun lagu yang tersedia di galeri musik, lho. Kamu sudah mencobanya? Yuk, kita dengar dulu pendapat Zetizen terkait fitur baru ini! (arm/c12/lai)

Bisa Lebih Berkreasi

Aku termasuk orang yang menantikan fitur itu! Sekilas memang mirip dengan TikTok, tetapi menurutku yang ditawarkan reels lebih beragam dan aku lebih bisa berkreasi dalam konten yang mau aku posting. Yang paling aku suka itu karena penggunaannya simpel, friendly user, dan kita nggak perlu ribet lagi buat edit pakai aplikasi lain untuk nambahin lagu. Namun, karena fiturnya banyak seperti feed, Insta story, live Instagram, dan reels, aku jadi agak bingung sih mau post di mana, haha. It's okay, mungkin karena belum terbiasa juga kali ya.

Nggak Ada Sensasi Barunya

Aslinya aku tertarik sama fitur terbaru Instagram itu, cuman karena dari awal rilis banyak banget yang pakai, akhirnya aku bosan melihatnya. So, aku jadi biasa aja dan nggak terlalu tertarik buat mencoba. Apalagi, fitur reels itu udah sering aku lihat di TikTok, jadi nggak ada sensasi barunya sama sekali. Walaupun itu sebuah bentuk inovasi, aku pribadi kurang suka aja karena kemiripannya tadi. Padahal kan bisa memunculkan fitur yang baru atau memperbaiki fitur yang lama.

Manfaatkan untuk Bikin Konten

Bisa dibilang sama kayak Tik Tok ya. Dilihat dari banyaknya repost-an tiktok di Instagram, nggak heran kalau ada inovasi baru berupa reels ini. Pasti kan tujuannya biar pengguna nggak bosan dan ninggalin Instagram. Lagian, fitur reels ini bisa membantuku lebih kreatif dan atraktif sama konten yang aku buat. Seru sih dan aku pribadi enjoy sama fiturnya.

Masih Sebatas Penikmat Aja

Menurutku, Instagram ini termasuk media sosial yang mungkin nggak mau kalah ya. Karena kebanyakan fiturnya diadaptasi dari media sosial lain dan terkesan pengin all-in-one gitu. Namun, lebih efisien dan memudahkan juga sih buat pengguna karena bisa lihat fitur yang sama dalam satu aplikasi. Sejak ada fitur reels, aku sendiri jadi jarang buka tiktok karena kualitas videonya lebih bagus meski dengan ratio 9:16. Tren reels yang muncul juga akan menyesuaikan dengan explore kita. Well, saat ini aku antusias sebagai penikmat aja sih, belum sebagai pengguna.

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article